Penyebaran Virus Corona novel 2019 (COVID-19) di luar daratan China telah memicu kekhawatiran dan keresahan dari seluruh penjuru dunia. Namun sebenarnya apa perbedaan antara COVID-19 dengan Influenza biasa? Berikut jawabannya :

Apa itu Virus Corona?

Image result for virus corona

Virus Corona adalah sekelompok virus yang umum pada manusia dan hewan yang biasanya menyebabkan penyakit pernapasan ringan hingga sedang. Sumber COVID-19 diduga adalah hewan di pasar terbuka. Tampaknya virus ini menyebabkan penyakit yang lebih parah hingga berkembang menjadi pneumonia.

Bagaimana dengan Flu?

Flu adalah penyakit pernapasan menular yang disebabkan oleh virus influenza yang menginfeksi hidung, tenggorokan dan kadang-kadang paru-paru. Orang yang lebih tua, anak-anak kecil dan orang-orang dengan kondisi kronis tertentu (asma, penyakit jantung, diabetes, antara lain) berada pada risiko yang meningkat untuk komplikasi serius, termasuk pneumonia.

Apa saja gejala infeksi Virus Corona?

Virus corona jenis baru.(Republika)

Pasien dengan COVID-19 yang dikonfirmasi memiliki penyakit pernapasan ringan hingga berat. Gejala termasuk demam, batuk dan sesak napas yang dapat muncul 2-14 hari setelah paparan. Karena virus ini masih baru dan penelitian masih terus dilakukan sampai sekarang, maka informasi dapat berubah dan berkembang sewaktu-waktu.

Lalu, bagaimana gejala Flu biasa?

Gejala flu lebih intens daripada yang berhubungan dengan pilek dan biasanya datang secara tiba-tiba, termasuk demam tinggi, kelelahan, sakit otot atau nyeri yang parah, batuk kering dan kedinginan. Flu dapat menyebar dari orang ke orang, bahkan sebelum gejalanya tampak jelas. Tentu saja flu juga menyebar dengan cepat saat kamu sakit. Orang dewasa yang sehat mungkin dapat menginfeksi orang lain dalam 1 hari sebelum gejala berkembang dan hingga 5 – 7 hari setelah sakit. Anak kecil dan orang dengan sistem kekebalan yang lemah mungkin dapat menginfeksi orang lain untuk waktu yang lebih lama.

Virus Corona vs Flu: Manakah ancaman yang lebih besar?

Baik COVID-19 maupun Flu adalah virus menular yang menyebabkan penyakit pernapasan. Sementara pejabat kesehatan masyarakat masih melakukan penelitian tentang gejala dan tingkat keparahan COVID-19 vs flu, cara terbaik untuk mencegah penyakit ini adalah dengan mengambil tindakan pencegahan sehari-hari termasuk sering mencuci tangan; tidak menyentuh mata, hidung dan mulut; serta tinggal di rumah jika kamu sakit.

Kapan saya harus ke dokter jika saya merasa mendapat gejala flu?

Jika kamu mengira kamu sedang menderita flu, periksa ke dokter dapat membantu kamu untuk sembuh dan pulih lebih cepat dan mencegah komplikasi yang besar. Mereka yang dianggap “berisiko tinggi” untuk penyakit ini adalah orang berusia 65 tahun ke atas, memiliki kondisi medis kronis, memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah atau sedang hamil.  

Di mana saya dapat memperoleh informasi lebih lanjut tentang Virus Corona?

Jika kamu memiliki pertanyaan tentang Virus Corona, bicarakan dengan dokter kamu. Informasi lebih lanjut tentang Virus Corona tersedia juga di official website CDC: www.cdc.gov

Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter jika kamu merasakan sakit. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan gunakan masker saat kamu keluar rumah untuk mencegah penularan virus.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/tidak-ingin-terkena-flu-6-tips-ini-akan-membantu-kamu-menghindari-flu/

http://www.tampilcantik.com/inilah-7-hal-yang-dapat-kamu-lakukan-untuk-mencegah-flu/

http://www.tampilcantik.com/amankan-dirimu-musim-hujan-ini-dengan-mengikuti-tips-mencegah-flu-berdasarkan-ayurveda-ini/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Inilah yang Akan Terjadi pada Tubuh kamu Jika Kamu Berenang 3 Kali Seminggu

Olahraga seharusnya menjadi sebuah kebutuhan yang menyenangkan untuk