Memiliki kulit sensitif dan mudah kemerahan itu memang tidak mudah. Dalam hal pemilihan produk perawatan wajah pun harus sering melakukan percobaan dimana kadang menjadikan efek yang kurang baik untuk kulit. Hal ini lantaran tidak semua bahan kimia yang ada di produk perawatan wajah cocok digunakan. Jika salah memilih produk perawatan wajah, maka akan bisa menjadikan kulit bereaksi pada alergi.

Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, maka ada baiknya jika kamu menghindari beberapa kandungan berikut ini pada produk kecantikan yang kamu pilih.

1. Bahan pengawet

Adanya bahan pengawet seperti methylisothiazolinone menjadikan reaksi alergi hingga 10 persen. Itulah mengapa meskipun sulit untuk hindari bahan pengawet di produk perawatan wajah, usahakan tetap membaca komposisinya. Jika ada bahan yang satu ini, maka usahakan memilih dengan kadar yang terendah yakni 1 hingga 2 persen saja.

2. Bahan pewarna

Mayoritas jenis kosmetik misalnya eyeshadow, maskara, eyeliner, lipstik dan lainnya pastilah mengandung pewarna. Meski demikian, ternyata ada pewarna yang bisa sebabkan alergi. Umumnya ada beberapa jenis pewarna yang mampu sebabkan alergi. Biasanya bahan pewarna ini ada pada kosmetik yang masih belum teruji klinik dari BPOM atau dengan harga yang super murah dan ilegal. Untuk itu, ada baiknya jika kamu lebih teliti dalam memilih kosmetik.

3. Phtalates

Dari sebuah penelitian yang sudah dilakukan di Amerika, menunjukkan jika kosmetik dan produk perawatan wajah dengan kandungan Phtalates bisa jadi sebab bruntusan, demam hingga alergi dan iritasi. Tentunya ini sangat menyeramkan sekali jika kamu termasuk pemilik kulit sensitif. Untuk itu pastikan hindari kandungan Phtalates pada setiap produk perawatan wajahmu.

4. Bahan comedogenic

Bahan yang satu ini memang bisa mengatasi berbagai masalah yang ada di kulit. Meski demikian, efek samping lain yang bisa ditimbulkan yakni bisa menjadi penyebab masalah pada kulit dan tidak ringan. Bahan yang termasuk comedogenic yakni lanolin alkohol, Ethylhexyl palmitate, Kalium Klorida, hingga Sodium Laureth Sulfate. Bahan tersebut kebanyakan bisa ditemukan di produk make up, perawatan wajah sampai tabir surya. Jika kulitmu termasuk super sensitif, maka bahan ini sangat wajib untuk diwaspadai.

5. Paraben

Untuk bisa menjadikan bahan kimia di kosmetik bertahan lebih tahan lama dan aman, maka paraben pun digunakan. Apabila masih dipakai dalam jumlah sedikit, sebetulnya tidak begitu menjadi masalah. Meski demikian jika paraben digunakan dengan jumlah yang cukup besar maka efeknya bisa cukup serius. Untuk kulit normal mungkin tidak masalah, tapi bagi pemilik kulit sensitif maka paraben lebih baik untuk dihindarkan.

6. Bahan kimia pengemulsi

Bahan kimia dengan fungsi pengemulsi juga wajib diwaspadai misalnya Sodium Lauryl Sulfate. Umumnya bahan ini banyak sekali ditemukan pada sabun wajah dimana berfungsi untuk bisa bersihkan kelebihan minyak dan juga kotoran di wajah. Caranya adalah dengan merusak lipid yang ikat sesama sel kulit yang menjadikannya kering serta rentan dengan masalah kulit. Bahan anti bakteri berupa tetrasodium EDTA dan triclosan juga ada baiknya untuk dihindari.

Baca Juga Kandungan Paraben yang Ternyata Membahayakan Kesehatan Kamu, Jadi hati-hati Yaa

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Fakta-Fakta Seputar Miss V yang Wajib Diketahui Para Wanita

Mengulas masalah organ intim wanita memang seolah tak