Tahukah kamu, perlindungan terhadap sinar matahari diperlukan setiap hari, tidak peduli bagaimanapun warna kulit kamu. “Kulit yang lebih gelap tidak akan terbakar dengan mudah, tetapi itu tidak berarti bahwa efek dari sinar UV dalam bentuk hiperpigmentasi, kerutan, dan kanker tidak terjadi,” kata ahli bedah plastik okuliofasial dan pendiri Brooklyn Face and Eye, Dr Chaneve Jeanniton.

Namun ternyata, ada banyak alasan mengapa perempuan kulit gelap memilih untuk tidak menggunakan sunscreen dalam rutinitas harian mereka.

Mengapa Wanita Kulit Gelap Jarang Menggunakan Sunscreen?

Ketika Fitzpatrick Skin Type I – VI diteliti dan didefinisikan pada tahun 1975, tipe kulit IV hingga VI diyakini sebagian kulit ‘tan’ dan jarang terbakar dari sinar ultraviolet B yang dapat merusak kulit. Inilah yang ditafsirkan oleh sebagian besar orang hingga muncul anggapan bahwa jenis kulit yang lebih gelap biasanya tidak terbakar sinar matahari, dan oleh karena itu, orang-orang percaya bahwa mereka tidak memerlukan perlindungan dari sinar matahari.

Namun, seperti yang disebutkan oleh Dr. Jeanniton, meskipun kulit yang lebih gelap mungkin memiliki perlindungan yang lebih baik dari matahari, melanin yang dimiliki wanita kulit gelap secara alami tidak cukup untuk memberikan perlindungan penuh. Semakin tinggi melanin dalam kulit gelap menghalangi sinar UV hingga SPF 13. Tetapi, sebaiknya kamu memakai SPF 30 atau lebih untuk melindungi kulit kamu dari sinar UV.

Beberapa orang memiliki alasan berbeda untuk tidak menggunakan sunscreen. Mereka menyadari bahwa kulit pentingnya SPF untuk melindungi kulit, tapi mereka belum suncreen yang tepat dan cocok untuk kulit gelap.

Sunscreen Untuk Kulit Gelap

Tips memilih sunscreen

Wanita kulit gelap kerap mengalami kesulitan dalam pemilihan produk sunscreen. Terkadang, mereka menjumpai sunscreen yang ketika diaplikasikan justru membuat kulit menjadi abu-abu dan tidak tampak bagus. Bahkan, setelah mandi, kulit menjadi sangat kering.

Tapi, saat ini sunscreen telah berkembang menjadi produk yang lebih baik untuk semua orang dengan beragam jenis kulit. Mulai dari kulit gelap hingga kulit hitam sekalipun. Shontay Lundy menciptakan Black Girl Sunscreen, produk SPF yang terjangkau yang melindungi kulit gelap tanpa meninggalkan residu. Formula vegan alami yang juga mengandung bahan-bahan bergizi seperti alpukat, jojoba, dan minyak bunga matahari mampu menjaga kulit tetap lembap. Satu-satunya masalah adalah merek-merek ini tidak selalu dapat diakses seperti banyak produk populer lainnya.

Bahaya yang Timbul Jika Wanita Kulit Gelap Tidak Memakai Sunscreen

Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam Journal of American Academy of Dermatology menemukan bahwa orang kulit gelap lebih mungkin untuk terkena kanker kulit. Rata-rata mereka memiliki tingkat kematian tertinggi dari penyakit kanker kulit setelah diagnosis.

Hal ini diduga karena kurangnya kesadaran di kalangan perempuan kulit gelap tentang bahaya penyakit kulit dan efek dari paparan sinar matahari. Dr. Jeanniton menjelaskan,  “Kanker kulit tidak membeda-bedakan – ini adalah bentuk kanker yang paling umum di Amerika Serikat dan sebagian besar dapat dicegah. Penggunaan sunscreen yang rutin dan pemeriksaan kulit secara teratur menyelamatkan nyawa seseorang dari bahaya kanker kulit.”

Bagi kamu yang memiliki kulit berwarna gelap dan menganggap sunscreen tidak berguna untuk kulimu, semoga sekarang kamu sudah paham ya… bahwa sunscreen adalah produk wajib yang harus kamu punya untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/lawan-terik-matahari-dengan-rangkaian-sunscreen-untuk-kulit-berjerawat/

http://www.tampilcantik.com/sunscreen-aman-di-kulit-akan-bisa-kamu-dapatkan-dengan-tips-berikut-ini/

http://www.tampilcantik.com/sunscreen-duluan-atau-pelembab-duluan-simak-selengkapnya/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Sisir Rambut Terbaik untuk Berbagai Kebutuhan

Berapa jenis sisir rambut yang kamu punya di