Air merupakan zat yang sangat penting bagi tubuh manusia¸ karena air memilik banyak fungsi dalam berbagai proses tubuh manusia. Sebagai contoh air berfungsi untuk pembentuk sel cairan tubuh, sebagai pelarut, dapat memperlancar pencernaan, membantu sistem metabolisme tubuh, memelihara kulit dan tentunya masih banyak lagi fungsi air bagi tubuh.

Untuk itu biasakan meminum air sesuai dengan kebutuhan tubuh. Sesuai rujukan yang dianjurkan oleh Badan Makanan dan Gizi dari Dewan Riset Nasional Amerika Serikat di tahun 1945 memaparkan bahwa setidaknya orang dewasa perlu mengkonsumsi 2,5 liter air atau kurang lebih 8 gelas setiap harinya.

Banyaknya jumlah air yang dibutuhkan oleh tubuh tentu memaksa kita untuk lebih sering mengkonsumsi air. Jadi jangan tunggu haus dulu baru minum ya!

Terdapat waktu-waktu terbaik bagi kamu untuk meminum air putih, salah satunya adalah ketika sebelum tidur.

Jika kamu tidak mengidap penyakit jantung atau pun gangguan fungsi ginjal yang mengharuskan kamu menghindari mengkonsumsi air sebelum tidur, serta sedang tidak dalam kondisi yang mengharuskanmu untuk mengurangi gerak tubuh maka sebaiknya mulai sekarang biasakan meminum air putih sebelum tidur karena kamu akan mendapatkan berbagai manfaat berikut:

Melindung Tubuh Kamu dari Dehidrasi

Meminum air putih sebelum tidur sangat baik untuk menjaga hidrasi tubuhmu selama terlelap. Apalagi selama kurang lebih 7 jam kamu tertidur di malam hari tubuh tidak mendapatkan cairan apapun. Dehidrasi yang terjadi selama tidur dapat memicu penyakit kardiovaskular loh, yaitu penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah.

Memperlancar Proses Detoksifikasi

Manfaat lain yang dapat kamu peroleh adalah dengan meminum air sebelum tidur maka dapat membantu membersihkan sistem pencernaan dan kantung kemih sehingga membilas racun-racun dan membersihkan urin. Terlebih lagi jika kamu minum air hangat, karena air hangat dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi darah, membantu memecah limbah serta dan meningkatkan keringat yang keluar.

Memperlancar Proses Pencernaan

Sistem pencernaan tubuh mengalami penurunan kinerja pada saat malam hari, air putih yang diminum sebelum tidur dapat membantu melarutkan makanan yang tidak dibutuhkan oleh tubuh dalam saluran pencernaan. Sehingga proses sistem pencernaan menjadi lebih cepat dan lancar.

Mengisi Ulang Cairan yang Hilang

Jika kamu tipikal orang yang kurang minum pada saat siang hari, maka dengan membiasakan diri untuk meminum air sebelum tidur dapat membantu tubuhmu untuk menjaga status cairannya. Terlebih lagi seharian kita mengeluarkan cairan baik melalui keringat, buang air kecil dan besar. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa kurang terpenuhinya kebutuhan air dalam tubuh dapat berdampak buruk terhadap kesehatan atau meningkatkan resiko kejadian berbagai penyakit seperti sembelit, kram, batu ginjal, infeksi saluran kemih dan lain-lain.

Membantu Membakar Kalori

Jika saat ini kamu sedang ada dalam fase berusaha menurunkan berat badan atau diet, maka meminum air sebelum tidur dapat memebantu hal tersebut. Karena meminum satu gelas air sebelum tidur memungkinkan untuk membantu tubuh dalam membakar kalori, sehingga dianggap efektif bagi kamu yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/suka-lupa-minum-air-putih-seharian-ingatkan-diri-kamu-untuk-selalu-meminum-air-putih-dengan-cara-berikut/

http://www.tampilcantik.com/yuk-biasakan-minum-air-putih-sebelum-tidur-supaya-kamu-mendapatkan-manfaat-yang-luar-biasa/

http://www.tampilcantik.com/tak-selamanya-minum-air-putih-baik-inilah-lima-saat-kamu-tidak-boleh-minum-air/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tips Diet yang Akan Mengubah Hidupmu

Menurunkan berat badan, terutama menurunkan berat badam dalam