Hasil gambar untuk jus cranberry

Cranberries adalah buah serbaguna dan manfaatnya membuat mereka berguna dalam makanan dan juga produk obat. Nama latin untuk tanaman cranberry adalah Vaccinium macrocarpon dan merupakan salah satu buah asli Amerika Utara. Cranberry memiliki kapasitas antioksidan yang luar biasa dibandingkan dengan sayuran dan buah-buahan lainnya seperti brokoli, bayam, dan apel. Satu cangkir cranberry menggunakan total kapasitas antioksidan 8983.

Jus cranberry kaya akan antioksidan, vitamin C, dan asam salisilat. Dengan hanya mengandung 45 kalori per cangkir, jus cranberry sangat sesuai dengan pedoman diet. Jus cranberry juga mengandung 87,13 g air per 100 g. Ini menyediakan energi, protein, dan karbohidrat. Dalam hal mineral, mengandung kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, sodium, potassium dan seng. Ini juga mengandung vitamin seperti thiamin, riboflavin, niasin, vitamin B-6, E (alfa-tocopherol) dan vitamin K (phylloquinone). Cranberries adalah anggota keluarga Ericaceae dan berasal dari Amerika Utara.

Jus cranberry telah lama digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Manfaat kesehatan cranberry adalah sebagai berikut.

  1. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Jus cranberry dapat membantu menurunkan risiko penyakit terkait jantung dan membantu mempertahankan kesehatan kardiovaskular. Flavonoid yang ada di cranberry memiliki sifat antioksidan dan dapat menurunkan ancaman aterosklerosis. Atherosclerosis adalah penyakit di mana arteri menyempit akibat penumpukan lemak, kalsium, dan kolesterol yang ditemukan dalam darah. Hal ini menghalangi aliran darah kaya oksigen ke berbagai bagian tubuh dan dapat menyebabkan hasil fatal seperti serangan jantung dan stroke. Senyawa ini telah terbukti menunda dan menekan oksidasi low-density lipoprotein (LDL) dan secara menguntungkan merangsang trombosit darah.

  1. Mencegah kerusakan gigi

Menurut penelitian baru, jus cranberry mencegah gigi berlubang. Proanthocyanidins, senyawa kimia yang ada di cranberry, menghambat bakteri berbahaya dari menempel pada gigi. Komponen ini menghambat produksi asam dan melindungi gigi dari penyakit periodontal dengan mencegah pertumbuhan plak. Kebersihan mulut yang baik, bersamaan dengan konsumsi cranberry, mengganggu mekanisme patogen karies gigi dan umumnya membuat kesehatan gigi menjadi baik. Pada saat yang sama, seseorang harus waspada terhadap kandungan gula yang melonjak dan keasaman beberapa jus cranberry yang tersedia secara komersial – jus alami selalu lebih baik!

  1. Mencegah Kanker

Cranberry mengandung proanthocyanidins, yang menghambat pertumbuhan berbagai sel kanker. Studi telah menyarankan bahwa diet kaya flavonoid memainkan peran mendasar dalam mengurangi risiko kanker dan kematian akibat kanker. Jus cranberry mengandung komponen anti karsinogenik yang mengganggu pertumbuhan sel kanker, terutama yang berkaitan dengan kanker usus dan prostat. Menurut penelitian, proanthocyanidins dapat menghentikan pertumbuhan tumor mikro dalam pembuluh darah. Konsumsi jus cranberry secara teratur mencegah pertumbuhan tumor yang cepat. Bahan kimia di cranberry juga mencegah perbanyakan sel kanker payudara.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Walaupun Sering Membuat Menangis, tetapi Daun Bawang Memiliki Banyak Manfaat Lho

Daun bawang berkaitan erat dengan bawang merah dan