Kadang-kadang, stagnansi dalam program penurunan badan adalah sebuah tanda bahwa kamu harus mengganti pola-pola diet dan latihanmu. Tetapi, kadangkala, bisa jadi ini adalah cara dari tubuhmu untuk memberitahumu bahwa kamu sudah memiliki berat badan ideal dan tak perlu lagi kamu paksa-paksa untuk turun lagi.

Faktanya adalah, berat ideal tidak harus selalu terlihat sama dengan apa yang biasa bermunculan di televisi, majalah fitnes, atau bahkan di foto-foto dirimu sendiri 10 atau 15 tahun lalu. Jika gol berat ideal yang kamu miliki didasarkan pada petunjuk-petunjuk ini, maka bisa jadi dietmu selama ini berdasarkan citra diri yang salah.

Jadi bagaimana caranya untuk tahu apakah kamu sudah memiliki berat ideal? Berikut adalah tanda-tandanya:

Diet Seperti Apa Pun Susah Menurunkan Berat Badan

Bukan rahasia bahwa metabolisme mulai melambat seiring dengan usia yang menyebabkan mencapai berat ideal seperti yang kamu inginkan menjadi hal yang susah. Jadi, walau pun kamu memiliki berat tertentu ketika kamu masih lebih muda, bisa jadi saat ini ukuran tersebut tidak bisa lagi kamu raih. Masalahnya, banyak orang di usia 30 atau 40-an yang menyatakan bahwa berat ideal mereka adalah seperti ketika masih SMA atau awal kuliah. Mencapai berat badan seperti itu mungkin masih bisa, tetapi usaha dan waktu yang diperlukan sangatlah besar. Jika nampaknya kamu butuh pelatih dan ahli gizi pribadi buat mencapai berat badan idealmu, artinya mungkin berat badanmu sudah sesuai dengan umurmu.

Kamu Tidak Terserang Penyakit Terkait Berat Badan

Cobalah berfokus pada gambar besarnya alih-alih pada timbangan. Ada faktor-faktor lain selain berat badan yang terkait dengan kesehatan, yaitu lingkar pinggang. Idealnya, lingkar pinggangmu harus lebih kecil dari 35 inci. Ini biasanya adalah faktor pemrediksi yang lebih tepat terhadap penyakit-penyakit yang diakibatkan oleh kelebihan berat badan.

Perhatikan juga angka-angka seperti kolesterol, tekanan darah, dan gula darah. Apakah dokter kamu bilang bahwa angka-angka tersebut sudah pas? Jika iya, kamu bisa merasa tenang karena kamu tidak dalam resiko terserang penyakit terkait obesitas seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes. Artinya, kamu sudah memiliki berat ideal, meskipun tidak selangsing yang kamu inginkan.

Kamu Merasa Baik Secara Fisik

Ketika kamu tahu bahwa kamu telah memenuhi penanda-penanda kesehatan terkait dengan berat badan yang pas, kini rasakan. Bahkan jika kamu tidak bisa beli pakaian ukuran mini yang lucu-lucu, apakah kamu merasa memiliki cukup banyak energi untuk beraktivitas atau berolahraga? Apakah dulunya kamu merasa kelelahan dan capek terus tapi kini tidak lagi? Ini adalah milestone yang jauh lebih penting. Jika kamu merasa sehat dan kuat beraktivitas dan berolahraga, maka kamu sudah mencapai berat ideal.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Kiat Untuk Melindungi SI kecil Dari Ancaman Internet

Internet bukanlah tempat yang aman bagi anak, bahkan