Ketika seorang ibu tengah mengandung, maka beberapa hal dalam hidupnya berubah. Contohnya, sorang ibu hamil tidak boleh tidur dengan posisi yang sembarangan, karena dapat membahayakan janin.

Selain anjuran dan larangan secara umum, ternyata ada juga anjuran dan larangan yang berlaku di budaya dan negara tertentu. Yuk, simak daftar anjuran dan larangan untuk ibu hamil dari seluruh dunia :

  1. ANJURAN di Filipina

Makan telur mentah sebelum melahirkan

Di Negara Filipina, ibu hamil dianjurkan untuk makan telur mentah sebelum ia melahirkan. Hal ini dipercaya dapat membantu melumasi jalan lahir calon bayinya. Dengan makan telur mentah, orang Filipina percaya, bayi akan lebih mudah keluar.

  1. LARANGAN di Meksiko

Hindari makan telur 

Ketika orang Filipina menganjurkan agar ibu hamil makan telur mentah, ibu hamil di Meksiko justru dilarang makan telur. Terdapat sebuah kepercayaan lama di Meksiko yang percaya bahwa makan telur saat hamil dapat membuat bayi berbau tidak sedap.

  1. LARANGAN di China

Tidak boleh menggosok perut

Menggosok perut ibu hamil menjadi hal yang wajar untuk dilakukan. Tetapi ternyata, menurut kisah seorang istri tua di China, seorang wanita hamil harus menahan diri untuk tidak menggosok perutnya secara berlebihan. Ia percaya bahwa menggosok perut secara berlebihan dapat membuat bayi yang lahir menjadi anak yang manja dan bayi akan menjadi rewel setelah lahir.

  1. ANJURAN di India

Memakai gelang

Di beberapa bagian India, terdapat sebuah upacara yang disebut “Valaikaapu”. Upacara ini diadakan untuk merayakan seorang wanita hamil di bulan ketujuh kehamilannya. Ibu hamil akan dihiasi dengan gelang di kedua tangannya dengan jumlah ganjil. Orang India percaya, suara gelang yang keras akan menggugah indra dan aktivitas otak anak.

  1. LARANGAN di Turki

Hindari makan ikan dan es krim

Beberapa wanita dalam kelompok budaya di Turki, dilarang makan ikan saat mereka sedang hamil. Kelompok budaya di Turki percaya bahwa dengan tidak memakan ikan,  ibu hamil akan mencegah bayi lahir dengan mulut ikan. Selain itu, mereka juga percaya bahwa makan es krim dapat menyebabkan kepala bayi berlubang.

  1. ANJURAN di Jepang

Makan ikan mentah 

Sementara dokter di Amerika Serikat menghimbau ibu hamil untuk menghindari ikan mentah, karena dipercaya dapat menampung bakteri, tapi orang Jepang justru menghimbau ibu hamil untuk makan ikan mentah.  Di Jepang, ikan mentah dianggap sebagai bagian dari makanan sehat yang baik bagi kehamilan.

  1. LARANGAN dalam Budaya Yahudi

Tidak boleh menerima hadiah sebelum bayi lahir

Meskipun tidak ada undang-undang yang melarang memberi hadiah bagi calon bayi, tapi dalam kebudayaan Yunani, ibu hamil disarankan untuk tidak mengadakan acara seperti baby shower yaitu menerima atau membuka hadiah sebelum bayinya lahir. Budaya di Yunani percaya bahwa merayakan seorang anak sebelum dia lahir akan menarik roh jahat dan mengakibatkan nasib buruk bagi si anak.

  1. LARANGAN di Thailand

Jangan menghadiri pemakaman 

Beberapa budaya di Thailand percaya bahwa wanita hamil tidak boleh menghadiri pemakaman. Terdapat sebuah kepercayaan di Thailand yang menyatakan bahwa jika seorang wanita hamil menghadiri pemakaman, bayinya akan dihantui oleh arwah orang mati, segera setelah dia lahir. 

  1. LARANGAN di Vietnam

Tidak boleh menginjak tempat tidur gantung

Di Negara Vietnam terdapat banyak pantangan kehamilan. Salah satu pantangannya adalah ibu hamil dilarang menginjak tempat tidur gantung. Jika ibu hamil melanggar larangan ini, orang Vietnam percaya bayinya nanti akan menjadi malas.

  1. ANJURAN di Korea

Makan bagian tengah kimbab

Kamu pasti tahu kan, makanan khas Korea bernama kimbab?

Umunya, bagian tengah kimbab memiliki bentuk yang lebih teratur dan lebih cantik dari pada bagian ujungnya. Rupanya, orang Korea menganjurkan ibu hamil untuk makan bagian tengah dari kimbab. Hal ini dilakukan dengan harapan anak yang lahir nanti akan menjadi cantik atau tampan. 

Baca Juga :

Siap-Siap, Inilah Ketidaknyamanan Di Kehamilan Trimester Ketiga Yang Harus Kamu Hadapi

Berat Badan Bisa Pengaruhi Kesuburan Dan Sulit Hamil, Benarkah Demikian?

Perhatikan Kenaikan Berat Badanmu, Inilah Kebutuhan Kalori Saat Hamil

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Kesalahan Pertolongan Pertama yang Perlu Kita Ketahui

Di dunia ini, ada momen-momen tak terdua yang