Terdapat banyak faktor yang bisa menyebabkan kulit kusam dan kehilangan cahayanya. Ada penyebab secara alami yang berasal dari dalam tubuh dan juga faktor eksternal seperti kegiatan dan aktivitas yang kita lakukan.

1. Faktor usia

Bertambahnya usia dapat menjadi salah satu faktor kulit wajah menjadi kusam. Hal ini dapat terjadi karena proses regenerasi yang terjadi pada kulit menjadi lambat dan mengakibatkan kualitas elastisitasnya juga menurun.

Jumlah produksi minyak di kulit wajah juga menurun akibat terjadinya penuaan. Akibatnya, kulit menjadi kering dan muncul garis-garis halus di beberapa bagian. Efek glowing atau bercahaya pada wajah juga turut berkurang.

2. Penumpukan sel kulit mati

Penyebab paling umum yang mengakibatkan wajah tampak kusam adalah penumpukan sel kulit mati. Padahal sel kulit mati dapat mengelupas dengan sendirinya secara alami sehingga sel-sel baru bisa beregenerasi. Siklus ini biasanya terjadi selama 28 hari sekali atau sebulan sekali.

Tetapi ada suatu kondisi ketika sel kulit mati tidak bisa terkelupas dan tetap menempel pada tempatnya berada. Ciri-ciri yang bisa terlihat secara langsung adalah kulit menjadi kering serta munculnya kulit yang terkelupas tidak secara utuh seperti sisik.

Penumpukan sel kulit mati ini bisa menyebabkan pori-pori tersumbat dan membuat kulit menjadi kusam. Terdapat kondisi medis yang mengakibatkan kulit menjadi kusam seperti kulit yang mengalami eksim dan psoriasis.

3. Kurang konsumsi air mineral

Kulit juga bisa tampak kusam karena tubuh kekurangan cairan. Secara umum tubuh akan dehidrasi dan menyebabkan kondisi kesehatan memburuk. Efeknya pada kulit, bisa membuat pasokan darah untuk kulit volumenya menjadi menurun.

Dehidrasi menyebabkan kulit menjadi kering, kusam, kendur dan muncul kerutan di beberapa bagian wajah. Saat kondisi ini terjadi biasanya lingkaran hitam di bawah mata juga akan terlihat sehingga semakin memperparah tampilan Anda.

4. Paparan sinar UV

Terpapar sinar matahari dengan frekuensi yang sering dapat mengakibatkan kulit menjadi kusam. Tidak hanya kusam, kulit juga bisa mengalami beberapa kerusakan lain jika terlalu lama terkena sinar matahari secara berkelanjutan.

Beberapa permasalahan kulit akibat sinar UV adalah munculnya noda hitam, kulit menjadi kusam dan teksturnya bisa menjadi kasar. Hal ini bisa terjadi jika Anda tidak menggunakan tabir surya secara bijak. Akan lebih berbahaya jika Anda tidak mengaplikasikan sunscreen sama sekali pada kulit ketika akan melakukan kegiatan di luar ruangan.

Jika Anda berdalih berjemur untuk mendapatkan vitamin D, pastikan untuk menggunakan tabir surya sebelum terpapar sinar matahari. Diketahui jika sinar UV dapat merusak protein penting karena ia bisa menembus hingga ke lapisan dermis. 

5. Tidak cocok dengan produk skincare 

Penyebab kulit wajah berubah menjadi kusam salah satunya adalah ketidakcocokan terhadap penggunaan rangkaian perawatan kulit. Warna kulit alami Anda bisa menjadi kusam karena bereaksi dengan suatu bahan di komposisi skincare yang dipakai.

Berbagai jenis skincare bisa menjadi biang keladi wajah kusam Anda. Mulai dari facial wash, toner, serum, moisturizer dan bahkan sunscreen sekalipun. Penggunaan rangkaian perawatan kulit memang sedikit tricky, kita harus tahu bahan apa yang cocok dengan kulit kita. 

Baca Juga :

Tips Mudah Atasi Kulit Kusam

Cerahkan Kulit Kusam Akibat Sinar Matahari dengan 3 Masker Alami Ini

Takut Kelihatan Kusam Buat Kamu Pemilik Kulit Sawo Matang Saat Pake Kebaya? Jangan Panik, Ini Dia Warna Kebaya Yang Cocok Buat Kamu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

4 Produk Kecantikan Yang Bekerja Lebih Efektif Saat Dingin

Menyimpan produk skincare di dalam lemari es sebenarnya