Setelah sebelumnya dibahas mengenai 5 bahan aktif untuk atasi kulit keriput, maka kali ini kamu bisa melihat lebih rinci mengenai 5 bahan aktif lainnya untuk mengatasi kulit keriputmu. Penasaran apa saja kelima bahan aktif tersebut? Simak penjelasannya berikut inin.

6. Peptide

Bahan aktif ini dikenal memiliki banyak kemampuan yang bermanfaat bagi kulit.Peptide adalah salah satu zat penyusun protein yang memiliki fungsi untuk menstimulasi pertumbuhan sel baru. Ia mampu mempercepat regenerasi sel dan meningkatkan produksi kolagen pada kulit. 

7. Purslane ekstrak

Purslane ekstrak atau ekstrak tanaman krokot ini bermanfaat sebagai antioksidan untuk melawan garis-garis halus di wajah. Selain itu zat ini juga berfungsi sebagai anti inflamasi dan dapat menghidrasi kulit. 

Zat ini dapat menenangkan kulit, meningkatkan sifat penyembuhan, dan menetralkan kerusakan akibat radikal bebas dari stresor lingkungan. Purslane ekstrak kaya akan asam lemak omega-3 dan dapat membantu menghidrasi kulit, yang dapat membantu mereka yang mungkin mengalami kekeringan.

Purslane ekstrak banyak digunakan sebagai komposisi skincare karena bahan aktif ini bisa digunakan oleh semua orang bahkan yang memiliki kulit sensitif sekalipun. Selain itu, zat ini juga cocok digunakan bagi Anda yang memiliki kulit keriput karena anti penuaan karena didalamnya terdapat enzim telomerase.

8. Panthenol

Panthenol merupakan zat yang terbuat dari asam pantotenat didapatkan dari berbagai sumber hewani maupun nabati. Unsur ini diproduksi secara alami di dalam tubuh. Walaupun begitu, zat ini tidak serta merta langsung bermanfaat bagi kulit karena ia perlu diproses tubuh terlebih dahulu dan merubahnya menjadi vitamin B5.

Manfaat yang didapatkan dari penggunaan zat ini adalah meningkatnya tingkat kelembaban, elastisitas dan kelembutan kulit. Selain itu, zat ini juga dikenal sebagai penenang kulit yang sedang meradang karena iritasi dan eksim.

9. Retinol

Retinol merupakan zat turunan dari vitamin A. Telah dimanfaat sebagai salah satu perawatan kecantikan sejak puluhan tahun yang lalu. Awalnya, retinol hanya digunakan sebagai obat jerawat. Tetapi dengan berkembangnya zaman dan akhirnya ditemukanlah fungsi lain retinol untuk mencegah penuaan.

Retinol bermanfaat sebagai stimulan produksi kolagen di dalam tubuh kita dan terbukti efektif dalam menangani kerutan di kulit wajah. Jika dibandingkan dengan turunan retinoid lainnya, ternyata retinol memiliki sifat yang lebih lembut dan memiliki persentase iritasi yang rendah.

Erat dengan kolagen, jenis zat ini memiliki efek anti aging yang baik pada takaran 0,4%. Secara signifikan, retinol memiliki kemampuan untuk memperbaiki struktur kulit sehingga mampu menyamarkan kerutan di wajah.

Tetapi penggunaannya tidak boleh sembarangan karena retinol dapat menyebabkan kulit menjadi sensitif akibat sinar matahari. Jadi penggunaannya lebih disarankan pada saat malam hari saja.

10. Vitamin E

Vitamin E dapat ditemukan pada larutan lemak yang bersumber dari makanan nabati seperti sayur, buah dan kacang-kacangan. Ia memiliki sifat antioksidan sehingga cocok digunakan untuk merawat kulit yang memiliki garis-garis halus dan struktur kurang baik.

Zat ini dapat dimanfaatkan dengan penggunaan luar (tidak dikonsumsi) melalui pemakaian skincare. Vitamin ini bekerja di lapisan epidermis sehingga dapat mengurangi peradangan dan dapat meningkatkan kelembaban serta elastisitas kulit.

Baca Juga :

10 Bahan Aktif untuk Atasi Keriput – Bagian 1

Tidak Perlu Budget Mahal, Ini 6 Cara Mengatasi Kulit Wajah Keriput yang Alami dan Hemat

Cari Tahu 6 Penyebab Kulit Keriput yang Jarang Diketahui

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

4 Produk Kecantikan Yang Bekerja Lebih Efektif Saat Dingin

Menyimpan produk skincare di dalam lemari es sebenarnya