Bagi  kamu yang ingin mengatasi keriput dengan menggunakan skincare, pilihlah komposisi yang tepat sesuai kebutuhan kulit. Pilihlah kandungan yang mampu menyamarkan kerutan dan menjaga elastisitas kulit. Berikut ini adalah beberapa bahan aktif untuk atasi keriput. 

1. Ceramide

Salah satu senyawa alami yang dimiliki tubuh manusia ialah ceramide. Senyawa ini letaknya ada di bagian lapisan luar kulit manusia. Tugasnya sebagai barier atau pelindung agar kulit tidak mengalami kekeringan dengan menjaga tingkat kelembabannya.

Selain itu, ceramide juga memiliki fungsi lain yaitu menangkal polusi dan melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat berakibat buruk bagi kesehatan kulit maupun bagian tubuh lainnya. Berdasarkan fungsi dan kinerjanya, senyawa ini cocok untuk mengatasi keluhan kulit wajah yang memiliki kerutan. 

2. Glutathione

Glutathione merupakan zat yang terdiri dari beberapa unsur protein penting yaitu cysteine, glutamine dan glycine. Ketiga merupakan bagian dari asam amino dan komponen tersebut sebenarnya sudah tersedia di dalam tubuh manusia secara alami sejak lahir. 

Glutathione juga memiliki kemampuan untuk menangkal radikal bebas seperti ceramide. Bedanya, gluta mampu meregenerasi diri sehingga dapat bekerja kembali untuk berperang melawan sel-sel rusak di dalam tubuh yang bisa mengakibatkan kondisi kesehatan tubuh menurun.

Lebih jauh, gluta dapat mengurangi aktivitas enzim tyrosinase yang memproduksi melanin di dalam tubuh. Nah, melanin biasanya dapat menyebabkan munculnya flek atau warna hitam kecoklatan pada kulit. Jika ada gluta, ia akan mengubahnya menjadi warna kuning-merah yang biasanya diasosiasikan dengan warna kulit yang lebih terang.

Manfaat zat ini sangat beragam. Gluta juga bisa menambah kelembaban kulit dan elastisitas kulit. Kandungan antioksidan yang terdapat pada gluta ini dapat membuat kulit lebih sehat sehingga kulit memiliki tampilan yang lebih baik dan glowing.

Produksi gluta di dalam tubuh akan menurun seiring dengan bertambahnya usia umumnya terjadi pada seseorang yang sudah menyentuh kepala tiga. Oleh karena itu, banyak orang yang mulai menggunakan perawatan yang mengandung gluta atau bahkan mengkonsumsinya secara langsung dengan bentuk tablet.

3. Glycerin 

Glycerin merupakan senyawa lemak yang bisa didapatkan dari sumber nabati maupun hewani. Zat ini tidak memiliki warna serta bau, bentuknya mirip seperti sirup yang tebal dan lengket. Glycerin sudah lebih dari 50 tahun dimanfaatkan di berbagai industri karena manfaatnya yang beragam.

Glycerin memiliki sifat bersifat humektan sehingga dapat mengikat air yang ada di udara di sekitar tubuh dan menguncinya di dalam kulit. Oleh karena itu, bahan aktif ini dapat melembabkan kulit, menjaga keseimbangan air dan minyak pada kulit. Ia juga bisa mengurangi peradangan kulit akibat infeksi bakteri.

4. Hyaluronic Acid

Hyaluronic acid atau yang sering disebut sebagai hyaluronan merupakan zat yang memiliki tekstur bening dan lengket. Elemen ini secara alami diproduksi tubuh. Pada umumnya zat ini banyak ditemukan di kulit, jaringan ikat dan mata.

Memiliki fungsi utama untuk menahan air agar jaringan di tubuh tetap terhidrasi dengan baik dan terjaga kelembabannya. Penggunaan bahan aktif ini ternyata aman dan tidak menimbulkan iritasi. Inilah alasan mengapa zat ini sering ditemukan pada komposisi suatu skincare karena manfaatnya.

Hyaluronic acid dikenal dapat menyamarkan garis-garis halus di kulit karena ia dapat mempertahankan air di dalam kulit sehingga wajah tetap terhidrasi. Karena kelembaban kulit terjaga, tekstur kulit pun menjadi lebih terjaga dan membuatnya lebih kenyal.

5. Niacinamide

Niacinamide merupakan sebuah senyawa yang didapatkan dari vitamin B3. Manfaatnya bagi kulit juga sudah teruji klinis dan terbukti mampu merawat dan mengatasi permasalahan kulit yang memiliki garis-garis halus dengan baik. 

Selain mengatasi kerutan wajah, senyawa turunan ini juga dapat mencerahkan kulit. Ia juga mampu mencerahkan kulit. Jenis ini juga sering ditemukan pada skincare untuk jenis kulit berjerawat karena ia mampu mengurangi peradangan dan mengontrol jumlah minyak di wajah.

Baca Juga :

Mengenal Bahan Aktif Di Dalam Skincare Korea

Bahan Aktif dalam Skincare untuk Kulit Lembab dan Cerah

Bahan Aktif Yang Umum Ditemukan Pada Toner

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

4 Produk Kecantikan Yang Bekerja Lebih Efektif Saat Dingin

Menyimpan produk skincare di dalam lemari es sebenarnya