Tahukah kamu, penampilan dapat mempengaruhi bagaimana cara kita merasakan dan memandang diri kita sendiri, loh. Berdasarkan sebuah survei, sebanyak 50 persen orang meyakini bahwa penampilan mereka menentukan identitas. Karenanya, detail kecil dari penampilan perlu diperhatikan agar tidak mati gaya. Kamu harus menjadi dirimu sendiri seutuhnya, merasa nyaman, dan merasa percaya diri dengan apa yang kamu pakai.

Berikut adalah beberapa tips yang perlu dilakukan agar kamu tidak salah gaya :

  1. Perhatikan model dan panjang celana

Celana dengan desain berkobar atau berkaki lebar memang sangat populer beberapa waktu terakhir ini, tapi jika kamu merasa skinny jeans klasik adalah pilihan terbaik untukmu, maka kamu boleh tetap memakai skinny jeans

Selain itu, jika kamu memakai sepatu hak tinggi setiap harinya, maka perhatikan panjang celana agar tepat berada di atas permukaan tanah. Sementara itu, jika kamu selalu memakai sepatu kets, pastikan panjang celana kamu sejajar dengan garis sepatu. Hal ini dilakukan agar celana tidak kotor karena terseret di tanah. 

  1. Hindari motif besar

Pakaian dengan motif besar, ukuran kebesaran, dan tebal, bisa membuat kamu terlihat lebih besar juga. Tentu kamu tidak ingin pakaianmu membuatmu terlihat 5 atau 10 kilogram lebih gendut, bukan? 

Untuk itu, hindari motif besar, ukuran terlalu besar, dan pakaian tebal. Kamu bisa memakai pakaian tebal hanya jika cuaca memang sedang dingin, karena kamu harus menghangatkan tubuh.

Kemudian dalam pemilihan motif, usahakan untuk memilih pakaian klasik yang tidak mengandung banyak motif dan tulisan. Warna pakaian pun diusahakan tetap netral agar nyaman dipakai sehari-hari. 

  1. Berpakaian yang bukan gaya kamu 

Mencoba sesuatu yang baru dalam dunia fashion memang menantang dan menyenangkan. Tapi, jangan sampai kamu lepas dari gaya otentikmu. Ketika mencoba sesuatu yang beru, pastikan kamu tetap mempertahankan komponen pakaian yang memang “kamu banget”.

Dengan begitu, meskipun memakai sesuatu yang baur, kamu akan tetap nyaman dengan penampilanmu karena identitas kamu tetap ada di dalamnya. Ingat, pakaian bisa mempengaruhi caramu memandang dan merasakan dirimu sendiri. Jadi, hati-hati agar tidak kehilangan identitas, ya! Jika kamu tahu bahwa kamu tidak cocok dengan warna ungu, maka jangan pakai warna ungu meskipun warna itu sedang tren.

  1. Tidak mempertimbangkan bentuk tubuh

Salah satu aspek terpenting dalam memilih pakaian adalah mencari model yang sesuai dengan bentuk tubuh. Pakaian yang baik harus mampu menonjolkan fitur terbaik dari tubuh kamu. 

Bukan tren atau pakaian terbaru yang menentukan cocok atau tidaknya pakaian yang akan kamu kenakan, tapi bentuk tubuhlah yang menentukan hal itu. Jadi, sebelum membeli sesuatu, pastikan bentuk tubuh kamu mendukung model pakaian yang ingin kamu beli itu, ya! 

  1. Tidak berpakaian sesuai usia

Apa yang terlihat cantik saat kita pakai bisa berubah seiring berjalannya usia. Kamu mungkin suka warna neon yang menyala-nyala, tapi begitu usiamu menginjak 30 atau 40 tahun, warna itu tak lagi cantik dipakai. Mungkin kamu dulu suka mengikat rambut jadi dua dan mengepangnya, tapi saat berusia 50 tahun, bisa jadi gaya itu sudah tidak cocok untukmu. 

Nah, pertimbangan usia juga perlu dipikirkan saat mencari pakaian. Tidak mungkin kamu akan memakai crop top di usia 30 tahunan, bukan? Tentu kamu perlu mencari pakaian yang membuatmu terlihat dewasa dan profesional. 

  1. Salah warna

Salah warna adalah masalah umum yang selalu terjadi dalam dunia mode. Kamu mungkin melihat seorang model tampak memukau dengan jaket berwarna merah menyala atau kuning cerah. Tapi, saat kamu kenakan, kesannya jadi buruk.

Untuk itu, warna harus diperhatikan sebelum kamu memilih pakaian. Carilah warna netral atau kenali warna yang “kamu banget”. Setelah menemukan warna yang menunjukkan identitasmu, barulah kamu bisa membeli pakaian baru.

Baca Juga :

Jangan Ditiru, 8 Detail Fashion Ini Bisa Merusak Penampilan Kamu

6 Gaya Pakaian yang Dapat Merusak Penampilan

6 Detail Sederhana Ini Akan Mempercantik Penampilanmu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Seberapa Sering Bahan jeans Harus Dicuci? Ini Jawaban Para Ahli

Beberapa jenis pakaian mungkin harus dicuci sesegera mungkin