Keriput adalah efek dari sel-sel kulit yang terbelah secara lambat. Hal ini terjadi karena faktor alami yaitu proses penuaan manusia. Biasanya kerutan ini terjadi ketika seseorang sudah menyentuh kepala tiga. Namun, tidak jarang ditemukan kasus kulit yang mengalami penuaan dini di usia dua puluhan. 

Kerutan di kulit dapat disamarkan dengan perawatan yang tepat. Mau tahu bagaimana mengatasi kulit waja keriput? Tanpa perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk melakukan tindakan operasi, faktanya terdapat berbagai cara untuk mengatasi kerutan yang muncul di wajah Anda. Simak penjelasan lengkapnya, berikut ini

1. Relaksasi wajah dengan pijatan lembut

Anda bisa melakukan pijatan lembut di wajah menggunakan minyak kelapa dan zaitun. Kandungan antioksidan yang dimiliki kedua minyak tersebut dapat membantu kulit Anda untuk mencegah terjadinya radikal bebas. 

Anda juga tidak perlu memusingkan kulit yang kering karena keduanya merupakan pelembab alami. Oleskan minyak tersebut di wajah dan pijat secara lembut. Setelah selesai treatment tersebut, Anda tidak perlu mencuci wajah. Biarkan minyak tersebut bekerja dan memperbaiki kulit di malam hari ketika Anda sedang tidur.

2. Pakai masker alami

Untuk atasi keriput, bahan alami yang bisa digunakan sebagai masker. Terdapat tiga jenis masker. Pertama, buah pisang yang dicampur jus jeruk dan yogurt. Kedua, putih telur yang dicampur dengan air perasan lemon dan madu. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan daging lidah buaya untuk masker karena khasiatnya mampu redakan peradangan pada kulit. Jangan lupa bilas dengan air dan keringkan dengan wajah dengan handuk bersih setelah selesai menggunakan masker.

3. Perhatikan asupan makanan

Cara mengatasi kulit keriput dapat dilakukan dari dalam yaitu dengan memperhatikan asupan makan yang sehat. Pastikan makanan yang Anda konsumsi mengandung vitamin E, C dan antioksidan. 

Vitamin E dapat Anda temukan di jenis makanan kacang-kacangan. Sedangkan vitamin C dapat ditemukan di buah-buahan seperti blueberry, strawberry, jeruk dan sebagainya. Selain itu, kurangi konsumsi gula berlebih baik dari makanan instan maupun karbohidrat.

4. Jalani pola hidup sehat

Menjalankan pola hidup sehat akan memunculkan kemungkinan yang lebih besar untuk memiliki clear skin yang glowing jika dibandingkan orang-orang yang cuek dengan pola hidup sehat. Perhatikan mulai dari pola makan yang tepat, memiliki waktu tidur yang cukup, banyak minum air putih dan melakukan olahraga.

5. Hindari stress

Salah satu kondisi yang dapat membuat kulit mengalami penuaan dini adalah keadaan mental yang sedang tidak baik-baik saja. Stress menghasilkan suatu hormon yang disebut dengan kortisol yang dapat berakibat buruk pada struktur dan keadaan kulit wajah.

6. Posisi tidur yang tepat

Sebuah akademi dermatologi di Amerika bahkan telah menyarankan untuk melakukan posisi tidur yang tepat supaya tidak berakibat buruk pada kulit. Tidurlah dengan posisi terlentang sehingga wajah bisa menghadap ke atas. Diketahui jika posisi tidur menyamping dan tengkurap akan menyebabkan keriput dini pada bagian wajah. Yang tidurnya masih menyamping dan meluk guling, bisa diperbaiki ya posisi tidurnya mulai sekarang.

Baaca Juga :

Cari Tahu 6 Penyebab Kulit Keriput yang Jarang Diketahui

7 Kebiasaan Harian Ini Bisa Membuat Kulit Cepat Keriput

Cara Make Up Ini Bisa Bantu Samarkan Keriput, Lho!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

4 Produk Kecantikan Yang Bekerja Lebih Efektif Saat Dingin

Menyimpan produk skincare di dalam lemari es sebenarnya