Beberapa kebiasaan sehari-hari yang tampaknya tidak berbahaya, ternyata bisa memiliki efek samping negatif jangka panjang bagi kulit kita. Misalnya, sering makan daging merah dapat mempercepat proses penuaan, lalu jika kita lupa memakai sunblock saat berkegiatan di luar ruangan, pigmentasi kulit bisa terlihat lebih tua.  

Berikut ini adalah daftar kebiasaan harian yang bisa membuat kulit kamu menjadi cepat keriput :

  1. Mengunyah permen karet

Banyak pencinta permen karet yang memiliki pola kerutan di sekitar mulut mereka, dan dokter percaya permen karetlah yang menyebabkan hal ini bisa terjadi. Pasalnya, saat kita mengunyah permen karet, kita mungkin menggunakan otot kita secara berlebihan, dan ini dapat menyebabkan munculnya garis-garis halus dan kerutan di sekitar mulut.

  1. Lari

Saat berolahraga, pelari membakar lemak di bawah lapisan kulit mereka. Hilangnya jaringan lemak di bawah lapisan kulit ini bisa membuat kerutan menjadi semakin dalam. Selain itu, banyak pelari yang menghabiskan waktu berjam-jam di luar ruangan tanpa perlindungan sinar matahari yang tepat. Absennya sunblock inilah yang membuat kulit mereka rusak akibat sinar matahari. 

Jika kamu hobi lari di luar ruangan, lebih baik gunakan sunblock yang tahan air (waterproof), karena keringat yang kamu keluarkan akan mengurangi tingkat perlindungan sunblock yang kamu pakai.

  1. Menatap smartphone

Menggunakan smartphone secara terus-menerus bisa membuat kamu terlihat lebih tua sebelum waktunya, loh. Pakar medis menduga bahwa pandangan mata yang mengarah ke bawah saat menatap smartphone dapat menyebabkan lebih banyak kerutan halus di leher.

  1. Tidak menggunakan kaca mata hitam saat sinar matahari mulai terik

Tahukah kamu, 80% dari tanda penuaan yang terlihat, termasuk kerutan, disebabkan oleh paparan sinar matahari? Jika kamu tidak menggunakan kaca mata hitam saat cuaca sedang terik, maka kamu akan cenderung menyipitkan mata ketika berada di luar ruangan. Nah, saat kamu menyipitkan mata, kerutan di sekitar mata kamu akan semakin dalam. Tidak hanya itu, kerutan di sekitar alis dan dahi juga menjadi semakin jelas.

  1. Minum dengan sedotan

Meminum minuman melalui sedotan memang dapat mencegah noda pada gigi kamu, tetapi ini dapat menyebabkan garis-garis halus terbentuk di sekitar bibir kamu. Meskipun tidak akan mengubah bibir kamu secara signifikan, orang yang rentan terhadap kerutan bibir harus menghindari penggunaan sedotan yang terlalu sering. Gerakan otot secara berulang dapat memecah kolagen di sekitar mulut kamu, dan menyebabkan bertambahnya kerutan di bibir.

  1. Tidur dengan posisi miring

Beberapa postur tidur dapat menyebabkan kulit kamu menjadi keriput. Jika kamu tidur miring atau tengkurap, wajah kamu akan ditekan ke bantal. Inilah yang menyebabkan kulit kamu terlipat, dan keriput akan mulai terlihat. Cara terbaik untuk menghindari hal ini adalah dengan tidur telentang.

  1. Mengenakan masker tidur untuk menutup mata

Kulit di sekitar mata kamu sangat halus dan mudah rusak. Beberapa masker tidur dapat membuat kulit di sekitar mata menjadi trauma dan menyebabkan peradangan. Akhirnya, kamu akan mendapatkan banyak keriput di kulit sekitar mata. Jika kamu mengenakan masker mata saat tidur, pastikan masker tersebut longgar, lembut dan nyaman, sehingga tidak menarik atau meregangkan kulit kamu.

Baca Juga :

Waspada! Selfie Ternyata Bisa Menyebabkan Kulit Keriput!

Inilah Berbagai Makanan Terbaik untuk Kulit Sehat Berkilau dan Bebas Keriput

3 Makanan yang Terbukti Menghindarkan Dari Keriput dan Penuaan Dini Pada Kulit

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Breaking Out di Masa Pandemi? 6 Alasan Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Apakah kamu mengalami jerawat berulang yang terus muncul