Ilmu pengetahuan terus berkembang dari hari ke hari, hingga menawarkan kita lebih banyak metode baru untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Meski terkadang terdengar sedikit aneh, tapi menurut penelitian ilmiah, hal- hal berikut ini adalah cara efisien untuk mempertahankan kesehatan dan kebugaran kita :

  1. Tidur siang singkat setelah minum kopi 

Para ilmuwan menemukan bahwa tidur siang singkat setelah kamu minum secangkir kopi ternyata dapat berdampak menguntungkan bagi tubuh. Para partisipan dalam eksperimen ini melakukan “coffee nap” dan kemudian melakukan tes di simulator mobil. Hasilnya, mereka melakukan lebih sedikit kesalahan dibandingkan ketika  mereka baru saja tidur, baru saja minum kopi, atau minum plasebo tanpa kafein. 

Untuk mencapai hasil seperti itu, disarankan untuk minum kopi dengan cukup cepat, kemudian segera tidur setelahnya. Jangan khawatir jika kamu tidak bisa langsung tertidur, karena bersantai atau setengah tidur saja sudah cukup. Setelah 15 – 20 menit, kamu harus bangun sebelum kamu memasuki tahap tidur nyenyak.

  1. Diet rendah kalori memicu nafsu makan yang lebih besar

Dalam proses penurunan berat badan, fokus yang tinggi pada penghitungan kalori ternyata dapat mengarah pada hasil negatif.  Saat kita memilih camilan rendah kalori daripada makanan lengkap, itu hanya akan menghilangkan rasa lapar untuk sementara waktu. Tidak lama kemudian kita akan mulai merasa lapar dan mengonsumsi lebih banyak kalori.

  1. Pilih sabun biasa daripada sabun antibakteri

Sebenarnya, sampai sekarang tidak ada bukti bahwa sabun antibakteri lebih efektif dibandingkan sabun dan air biasa. Dalam sejumlah penelitian, hasilnya menunjukkan bahwa triclosan, yang banyak digunakan dalam pembuatan pasta gigi, deodoran, dan sabun antibakteri cair – sangat berbahaya bagi tubuh kita, loh.

Misalnya, kelebihan triclosan dapat menyebabkan penurunan penghalang bakterisida alami tubuh, mengubah mikrobioma di dalam usus manusia dan, terlebih lagi, berdampak negatif pada perkembangan embrio.

  1. Bekerja dalam posisi berdiri ketika ada kesempatan

Penelitian di Inggris yang dipakukan pada pengemudi dan kondektur bus telah menunjukkan bahwa menghabiskan sepanjang hari di kursi pengemudi jauh lebih berbahaya daripada berjalan-jalan di sepanjang bus. Hipodinamik memiliki efek yang sangat negatif pada sistem kardiovaskular. Ketika tubuh kurang gerak, darah hanya akan mengangkut nutrisi dan oksigen dengan setengah kecepatan.

Selama hari kerja, seseorang harus menggunakan setiap kesempatan untuk meregangkan ototnya. Misalnya, jalan-jalan saat istirahat makan siang atau melakukan sedikit latihan fisik. Belakangan ini, gagasan tentang “meja berdiri” (bekerja dalam posisi berdiri) menjadi lebih populer. Kamu yang menonton Drama Korea “Start Up” pasti sudah tahu tentang meja berdiri ini!

  1. Makan apel dengan kulitnya

Makan lebih banyak sayuran dan buah-buahan tidak akan merugikan siapa pun. Tapi mungkin, apel layak untuk diperhatikan. Apel mengandung quercetin, zat yang memiliki sifat antispasmodik, anti-inflamasi, dan sifat bermanfaat lainnya. Selain itu, mereka melindungi sel-sel otak dari kerusakan, yang berarti menghambat masalah belajar. 

  1. Membuat catatan manual dengan tulisan tangan 

Menulis catatan secara manual dengan tulisan tangan ternyata dapat meningkatkan kemampuan mental, loh. Ini adalah berita baik bagi kamu yang sampai sekarang masih menyukai catatan manual. Hasil penelitian State University of Indiana membuktikan bahwa mencatat secara langsung dapat mengembangkan kemampuan mental seperti koordinasi psikomotorik, memori, dll.

Saat menulis, bagian otak yang bertanggung jawab untuk membaca juga aktif. Hal tersebut tidak terjadi ketika kamu membuat catatan dengan gadget. Jadi, mulai sekarang, sering-seringlah membuat catatan manual dengan tulisan tangan ya!

Baca Juga :

Teh Chamomile Bisa Membuatmu Makin Sehat Karena Hal-Hal Berikut Ini

Tumis Sayuran Ini Membuat Makan Semakin Sehat dan Tidak Membosankan!

Wajib Coba! 3 Resep DIY Tonik Alami Untuk Jadikan Rambutmu Semakin Berkilau Sehat Di Musim Panas

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

9 Tanda Masalah Kesehatan di Tubuh yang Tidak Boleh Diabaikan

Tubuh kamu memiliki cara berbicara kepada kamu dengan