Skincare Korea beberapa waktu ini sedang menjadi tren di kalangan masyarakat. Masyarakat Indonesia terutama sangat menggemari skincare ini karena ingin memiliki kulit mulus seperti idolanya. 

Banyak yang bertanya, “Apa sih yang membuat masyarakat Korea memiliki kulit super mulus?”. Skincare Korea memang memiliki beberapa kandungan bahan aktif yang dikenal baik untuk membantu mengatasi kulit kusam dan memperlambat penuaan dini. Bahan aktif ini diantaranya :

Hyaluronic Acid

Hyaluronic acid atau asam hialuronat adalah zat lengket dan berwarna bening yang diproduksi secara alami dalam tubuh. Biasanya asam hialuronat ini ditemukan pada lapisan kulit, jaringan ikat persendian, dan lapisan bening mata. Fungsi utama hyaluronic acid ini adalah untuk menahan air pada lapisan kulit sehingga tetap terasa kenyal dan lembab. Produksi asam hialuronat ini akan semakin menurun seiring dengan bertambahnya usia sehingga kulit akan menjadi lebih kering dan keriput rawan muncul. 

Pada skincare, hyaluronic acid digunakan untuk melembabkan dan menghidasi kulit. Sehingga kulit tetap lembab dan kenyal. Hyalurnic acid juga mempercepat regenerasi sel, merangsang produksi kolagen, menyamarkan noda, dan mencerahkan wajah. 

Glycerin

Glycerin adalah pelembab alami kulit atau nature moisturizing factor. Bahan aktif ini bekerja sebagai humektan dengan menarik air atau uap air dari udara masuk ke dalam kulit. Glycerin ini banyak digunakan dalam produk kecantikan karena mempunyai resiko alergi yang rendah dan bisa digunakan oleh segala usia dan semua jenis kulit. Fungsi utama glycerin adalah untuk melembabkan kulit namun juga untuk menenangkan kulit dan mempertahankan keseimbangan air pada kulit. Sebagai emolien, glycerin ini membantu menjaga kekenyalan kulit, Untuk penderit psoriasis, eksim dan infeksi jamur, glycerin ini membantu mempercepat penyembuhan kulit. 

Niacinamide

Niacinamide sendiri memiliki nama lain vitamin B3. Jika membaca komposisi skincare Korea, maka Niacinamide pasti ada di dalam daftarnya. Wajar saja, karena Niacinamide memiliki manfaat baik untuk kulit, diantaranya :

  • Membuat kulit lebih lembab
  • Membantu mengecilkan pori, sehingga kulit terlihat lembut dan halus
  • Membantu mencerahkan kulit yang kusam
  • Menjaga kadar minyak pada kulit
  • Membantu menyamarkan kerutan, garis wajah, hingga noda hitm pada wajah
  • Mengatasi jerawat
  • Memberi perlindungan kulit dari efek buruk radikal bebas dan paparan sinar matahari

Hyaluronic Acid

Sebagai salah satu komposisi yang biasa ditemukan pada krim maupun serum wajah yang berasal dari Korea, hyaluronic acid bekerja untuk membantu kulit lebih lembab dan memperbaiki kulit yang iritasi akibat paparan sinar matahari. Adanya hyaluronic acid juga membantu kulit menjadi lebih kencang dan awet muda.

Gingseng

Gingseng sendiri adalah herbal yang berasal dan identic dengan negara Korea. Selain baik untuk Kesehatan, gingseng juga diyakini memiliki manfaat baik untuk kulit. Tak heran, mulai banyak skincare Korea yang mulai menggunakan ekstrak gingseng sebagai salahs atu bahan bakunya.

Gingseng membantu mengurangi keriput karena adanya senyawa antioksidan dan anti aging. Skincare yang mengandung gingseng juga dipercaya membantu melindungi kulit dari bahaya sinar UV dan membantu membuat kulit lebih cerah.

Baca Juga :

Bahan Aktif Yang Umum Ditemukan Pada Toner

Skincare dengan Bahan Aktif Hyaluronic Acid? Amankah?

Penyebab Jerawat dan Cara Menghilangkannya dengan Bahan Alami

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

4 Produk Kecantikan Yang Bekerja Lebih Efektif Saat Dingin

Menyimpan produk skincare di dalam lemari es sebenarnya