Ketika memilih skincare ada banyak faktor yang menjadi pertimbangan salah satunya adalah kandungan bahan aktif. Sekarang ini kita dituntut untuk menjadi customer yang cerdas dengan selalu memperhatikan kandungan bahan aktif pada produk kecantikan. Mengetahui kandungan bahan aktif akan membantu mengurangi resiko alergi atau tidak cocok ketika suatu produk digunakan. 

Selain itu, ada beberapa bahan aktif pada produk skincare yang ternyata tidak boleh digunakan dalam waktu bersamaan misalnya retinol dan turunannya bersama dengan vitamin C. Bila digunakan bersamaan akan menyebabkan iritasi pada kulit. Memahami kandungan bahan aktif pada skincare memang cukup rumit apalagi dengan istilah-istilah kimia yang belum pernah didengar. 

Kalau kamu ingin menggunakan skincare untuk mendapatkan kulit yang lembab dan cerah, kamu bisa menggunakan produk dengan kandungan bahan aktif berikut ini. 

Glutathione

Glutathione atau dikenal dengan gluta adalah bahan aktif yang sedang hype abis di dunia kecantikan. Bahan aktif ini dikenal mampu mencerahkan dan meratakan warna kulit. Glutathione ini bekerja sebagai agen pencerah kulit dengan menghambat pembentukan melanin, yang menyebabkan penggelapan warna kulit. Selain mencerahkan, glutathione ini juga membantu melembabkan wajah. Bahan aktif ini biasanya digunakan untuk toner atau serum dengan konsentrasi tertentu. 

Squalene

Squalene adalah lemak atau lipid yang dihasilkan secara alami oleh kulit manusia. Bahan ini diproduksi oleh kelenjar minyak tubuh yang berfungsi untuk melembabkan dan mempertahankan kondisi kulit. Sama halnya dengan glycerin, squalene ini bekerja sebagai emolien untuk melembabkan kulit dan menghidrasi kulit kering. Squalene ini juga membantu mengontrol produksi minyak pada kulit dan tidak menyebabkan kulit menjadi berminyak secara berlebihan. Hal ini karena squalene tidak meninggalkan residu minyak pada kulit. 

Licorice root extract

Licorice atau akar manis adalah herbal yang sudah lama digunakan dalam pengobatan Cina. Akar manis ini mempunyai aroma wangi seperti mint sehingga banyak diekstrak untuk digunakan sebagai obat. Selain untuk obat, licorice ini juga banyak digunakan untuk produk perawatan wajah dan tubuh. 

Licorice ini mengandung vitamin b1, B5, B3, dan juga vitamin E yang bermanfaat untuk kulit. Kandungan vitamin pada licorice ini membantu melembabkan kulit dan juga penyembuhan jerawat. Selain itu, licorice juga membantu memcerahkan wajah dan bekerja sebagai lightening agent pada produk skincare. 

Vitamin C

Vitamin C adalah salah satu bahan aktif yang paling banyak digunakan dalam produk skincare. Dikenal mampu membantu mencerahkan kulit wajah, vitamin C ini memang lebih mudah ditemukan untuk produk pencerah wajah. Selain itu, vitamin C ternyata juga membantu mempercepat produksi kolagen pada kulit. 

Sebagai antioksidan, vitamin C juga berperan sebagai immune booster atau agen untuk melawan radikal bebas di kulit. Vitamin C dikenal membantu mencerahkan kulit dengan melawan hiperpigmentasi yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Vitamin C ini juga cocok digunakan untuk semua jenis kulit termasuk kulit sensitif. 

Baca Juga :

Sunscreen Duluan Atau Pelembab Duluan? Simak Selengkapnya

DIY Pelembab Untuk Membasmi Minyak Pada Kulit Kamu

Masker yang Melembabkan Untuk Mengatasi Kulit Kepala yang Mengelupas

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

10 Bahan Aktif untuk Atasi Keriput – Bagian 2

Setelah sebelumnya dibahas mengenai 5 bahan aktif untuk