Beberapa orang tidak sadar bahwa berbagai hiburan di zaman modern sebenarnya dapat membantu meningkatkan kinerja otak. Banyak hiburan di luar sana yang tidak hanya menenangkan dan menyenangkan, tetapi juga membuat kita jadi lebih pintar jika dijadikan sebuah hobi.

Kira-kira apa saja hobi dan hiburan yang dapat meningkatkan kinerja otak tersebut? Simak daftarnya berikut ini :

  1. Musik

Mendengarkan musik merupakan hobi sebagian besar orang di dunia ini. Terbukti, berbagai platform pemutar musik telah diunduh dan digunakan jutaan orang. Berbagai lagu yang diunggah di platform YouTube pun ditonton sampai miliaran kali.

Namun, sebenarnya musik dapat dijadikan hobi yang baik untuk meningkatkan kinerja otak. Alih-alih hanya mendengarkan musik, kamu bisa mulai belajar memainkan alat musik. Hobi bermain alat musik bisa meningkatkan kinerja otak dan membuat kita jadi lebih pintar. 

  1. Film vs buku

Menonton film memang menyenangkan, bahkan sekarang film sudah menjadi bagian dari kehidupan generasi muda. Seperti ungkapan “Netflix and chill” yang menggambarkan hiburan favorit anak muda untuk menonton film di rumah sambil bersantai.

Di sisi lain, sebenarnya ada hobi yang lebih baik daripada menonton film, yaitu membaca buku. Seperti menonton film, membaca buku juga dapat memungkinkan seseorang berpetualang melalui kisah yang disuguhkan penulis. Dengan banyak membaca buku, imajinasi seseorang akan berkembang dan memberikan efek positif bagi kinerja otak. 

  1. Olahraga

Orang yang sibuk bekerja cenderung memilih olahraga di dalam ruangan dengan cara pergi ke gym. Namun, sebenarnya ada alternatif olahraga lain yang lebih sehat dan mampu meningkatkan kinerja otak, yaitu dengan berolahraga di luar ruang. 

Tidak asal olahraga, tetapi berolahraga dengan kecepatan yang lambat. Bisa dengan cara berjalan-jalan, yoga, dan lainnya. Melihat pemandangan luar ruangan sambil mengolah tubuh akan membuat kita jadi lebih sehat secara fisik dan mental. 

  1. Belajar bahasa

Mempelajari bahasa asing adalah kegiatan yang sangat bermanfaat. Tidak hanya mengasah kemampuan yang bermanfaat bagi masa depan, tapi juga mengasah otak dan meningkatkan kinerjanya.

Carilah cara yang paling menyenangkan untuk mempelajari bahasa. Tidak melulu harus membaca kamus, tetapi lakukan sambil bermain dan bersenang-senang. Misalnya, kamu bisa mengunduh aplikasi game untuk belajar bahasa, bisa mencari aplikasi chatting untuk berkomunikasi dengan native speaker, atau belajar sambil menonton film.

  1. Relaksasi secara aktif

Beban pekerjaan dan aktivitas sehari-hari yang padat tentu membuat kita jadi lelah, baik secara fisik maupun mental. Karenanya, libur akhir pekan harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk memulihkan kembali energi kita.

Alih-alih menghabiskan sepanjang hari untuk berbaring di sofa sambil menonton televisi atau tidur dalam waktu yang lama, kamu bisa melakukan relaksasi dengan aktif berkegiatan.

Misalnya, kamu dapat memainkan permainan papan yang mengasah kemampuan berpikir seperti puzzle atau monopoli. Kamu juga bisa ke luar rumah untuk berolahraga bersama teman dan keluarga, misalnya kamu bisa bermain basket, voli, badminton, dan lainnya.

Itulah lima hobi yang bisa diadaptasi untuk meningkatkan kinerja otak. Mana yang paling kamu suka?

Baca Juga :

Inilah 5 Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Rambutmu! Mending Hindari Kalau Gak Mau Rambutmu Rusak.

Jangan Pernah Mengucapkan Komentar Ini Kalau Gak Mau Bikin Pasangan Kamu Bad Mood!

Cobain Deh Ide-Ide Kencan Anti Mainstream Ini! Dijamin Semua Rasa Bosan Dan Jenuh Pasti Hilang.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Cara Mencegah Wajah Bengkak Saat Bangun Tidur

Kamu pasti pernah mengalami bangun tidur dengan kondisi