Pertanyaan yang sering muncul sehubungan dengan penuaan dini adalah kapan waktu yang tepat untuk mulai menggunakan produk anti-aging. Idealnya produk akincare anti-aging sebaiknya digunakan sedini mungkin. Skincare anti-aging bisa digunakan ketika mulai menginjak usia 30 tahun dimana tanda penuaan dini mulai muncul. Namun produk anti-aging juga bisa digunakan mulai usia 25 tahun bila dirasa memang perlu. 

Usia memang bukan patokan utama untuk memulai menggunakan skincare anti-aging. Sebaiknya produk anti-aging mulai digunakan bila muncul tanda berikut:

  • Garis senyum terlihat lebih dalam dari sebelumnya
  • Muncul kerutan halus dibagian mata, dahi, dan diantara alis. 
  • Pipi terlihat lebih cekung
  • Kulit terasa kendor dan elastisitas berkurang
  • Kulit terasa semakin kering.

Tanda penuaan dini biasanya lebih banyak muncul di daerah yang terekspos sinar matahari dan polusi secara langsung. Bila melihat adanya tanda penuaan dini, kamu bisa menggunakan produk anti-aging sebagai upaya mempertahankan keremajaan kulit. 

Produk Anti-Aging Yang Tepat

Menggunakam produk anti-aging juga tidak boleh sembarangan meski tersedia dengan bebas di pasaran. Kamu tetap harus memperhatikan komposisi skincare sehingga bisa memilih produk yang memang dibutuhkan oleh kulit. Produk anti-aging sebaiknya mengandung beberapa bahan berikut ini:

  • Vitamin C – bermanfaat untuk mengembalikan elastisitas dan menghidrasi kulit serta membantu menyamarkan flek hitam dan mencerahkan wajah. 
  • Retino – retinol atau turunan vitamin A pada produk kecantikan bermanfaat untuk meratakan tekstur wajah serta mengurangi kerutan yang terlihat. 
  • Vitamin E – mengembalikan kelembaban kulit karena produksi kolagen yang berkurang.
  • Hyaluronic acid – mengunci kelembaban wajah dengan menarik air masuk ke dalam kulit. 

Layering Skincare

Selain memperhatikan komposisi skincare, perawatan untuk anti-aging memang sebaiknya menggunakan metode layering skincare atau skincare berlapis. Memang metode ini cukup ribet namun ternyata kebutuhan nutrisi kulit tidak hanya terbatas pada satu produk skincare saja. 

Langkah-langkah layering skincare ini bisa diawali dengan menggunakan cleanser atau double cleanser bila dirasa perlu. Kemudian bisa dilanjut dengan toner untuk memberikan kelembaban kulit dan mempersiapkan sebelum langkah skincare selanjutnya. Setelah toner, gunakan serum yang sesuai dengan jenis kulit dan dilanjutkan dengan moisturizer

Jangan Tinggalkan Tabir Surya

Setelah beberapa langkah skincare, untuk pagi dan siang hari jangan pernah melupakan tabir surya. Sinar UV merupakan penyebab penuaan dini yang paling utama sehingga penggunaan tabir surya tidak boleh ditinggalkan. Menggunakan tabir surya ini sangat penting baik ketika beraktivitas di luar maupun di dalam ruangan karena sinar UV juga bisa menembus kaca dan memberikan efek buruk yang sama.

Pelembab

Walaupun sudah menggunakan rangkaian skincare, namun jangan lupakan pelembab untuk menutrisi kulitmu.  Dengan pelembab, maka kulit akan tetap lembut dan ternutrisi, sehingga siap untuk beraktivitas seharian.

Pengaplikasian pelembab akan membantu kulit tetap terhidrasi. Pada umumnya, pelembab juga memiliki sifat anti inflamasi yang membantu mengutani terjadinya iritasi dan peradangan. Pelembab sangat dibutuhkan, terutama bagi kamu pemilik kulit kering. Pelembab juga membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Jadi, yakin gamau pakai pelembab?

Baca Juga :

8 Minuman Anti Aging yang Wajib Dicoba

Cari Tahu Waktu Tepat Untuk Mulai Memakai Produk Anti Aging? Simak Ulasan Ini Yuk

REVIEW: Raiku Anti Aging Toner

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

4 Produk Kecantikan Yang Bekerja Lebih Efektif Saat Dingin

Menyimpan produk skincare di dalam lemari es sebenarnya