Banyak orang yang menganggap perawatan rambut sebagai hal yang tidak penting. Perawatan tubuh sebagian orang memang cenderung fokus pada wajah saja, tidak banyak yang memperhatikan bagian rambut.

Namun, tahukah kamu, meskipun dianggap enteng, sebenarnya perawatan rambut lebih rumit daripada yang kamu bayangkan. Ada beberapa aturan perawatan yang mungkin kerap dilanggar banyak orang, termasuk kamu.

Berikut adalah beberapa contoh kesalahan perawatan rambut yang tanpa sadar banyak dilakukan orang: 

  1. Tidak menyisir rambut sebelum keramas

Saat akan keramas atau mencuci rambut, kita harus terlebih dahulu menyisir rambut dan memastikan tidak ada helai rambut kusut. Tentu akan sangat menjengkelkan saat rambut kusut dalam posisi sudah basah. Kamu akan kesulitan untuk menguraikan rambut kusut ketika sudah basah. Karena itu, sebaiknya rambut disisir terlebih dahulu sebelum keramas. 

  1. Salah cara keramas

Keramas memiliki aturan sendiri yang tidak boleh diabaikan. Jika kamu memiliki rambut yang panjang, sebaiknya kamu keramas secara terbalik atau dengan menundukkan kepala agar memudahkan proses aplikasi produk, baik itu produk sampo atau kondisioner. Hal ini juga akan membantu kamu untuk membersihkan rambut secara menyeluruh. 

Jika kamu memiliki kulit sensitif dan mudah berjerawat, kamu juga bisa keramas dengan cara terbalik. Hal ini akan mencegah timbulnya jerawat pada kulit tubuhmu karena minyak dan kotoran dari rambut beserta sisa produk perawatan rambut tidak akan mengalir ke leher, dada, dan punggung saat kamu keramas. 

  1. Terlalu lama pakai kondisioner 

Kondisioner adalah produk perawatan rambut wajib yang harus dipakai untuk menjaga rambut tetap lembut. Namun, menerapkan kondisioner tidak bisa sembarangan. Sebaiknya kamu menggunakan kondisioner secukupnya, tidak terlalu banyak, tidak juga terlalu sedikit.

Selain itu, kondisioner harus dibiarkan selama 3 menit sebelum dibilas untuk memastikan nutrisinya terserap oleh rambut. Tapi ingat, kamu tidak boleh membiarkan kondisioner lebih dari 3 menit karena hal ini bisa membuat rambutmu jadi terlihat lebih berminyak. Tentu kamu tak ingin hal itu terjadi, bukan? 

  1. Mengikat rambut saat basah

Rambut yang masih basah setelah keramas memang terkadang menyebalkan dan mengganggu aktivitas. Tapi, bukan berarti kamu boleh mengikat rambut dalam kondisi basah, ya! Kebiasaan membungkus dan memelintir rambut basah dengan handuk atau mengikat rambut yang masih basah bisa merusak helai rambut kamu dan membuatnya mudah patah. 

Rambut kita berada pada posisi paling rentan saat basah, jadi kamu harus hati-hati dalam merawat rambut yang masih basah. Usahakan untuk menyisir rambut ketika sudah kering agar helai rambut tidak rusak akibat gesekan sisir.

  1. Penggunaan sampo kering

Beberapa orang memilih menggunakan sampo kering untuk membersihkan dan menyegarkan rambut ketika tidak punya banyak waktu untuk mandi dan keramas. Namun, tahukah kamu, sebenarnya sampo kering memiliki manfaat yang lebih dari itu. 

Dengan menggunakan sampo kering, kamu dapat menghilangkan minyak pada rambut serta memberikan volume ekstra pada rambut. Tapi ingat, kamu tidak boleh memakai sampo kering secara berlebihan karena dapat menimbulkan penumpukan sisa produk. Hal ini dapat membuat kulit kepala jadi gatal. 

Nah, itulah beberapa kesalahan perawatan rambut yang sering dilakukan orang tanpa sadar. Sebisa mungkin, hindari kesalahan di atas agar rambut tetap sehat dan cantik, ya!

Bacaa Jugaa :

Berhijab Itu Banyak Tantangannya. Selain Tantangan Sosial, Masalah Seperti Rambut Rontok Juga Tidak Bisa Diindari.

Rambut Rusak? Perbaiki Dengan Langkah Ini

5 Varian Masker Alami untuk Atasi Kulit Berminyak

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Ketahui Kapan Anda Harus Mengganti Make Up dan Parfum Anda

Angkat tangan, sudah berapa lama Anda menggunakan maskara