Sebelumnya sudah dibahas mengenai 5 penyebab kulit kusam, kini akan dijelaskan mengenai 5 hal lain yang ternyata dapat menyebabkan kulit menjadi kusam. Apa saja sih penyebab kulit kusam lainnya? Cari tahu di artikel berikut ini,

6. Tidak memiliki waktu yang cukup untuk istirahat

Kekurangan waktu istirahat bisa menjadi penyebab kusamnya wajah Anda. Skincare yang terbaik bagi kulit adalah mendapatkan waktu tidur yang layak. Jadi, lingkaran hitam di bawah mata tidak akan muncul beriringan dengan kulit kering yang kusam.

Selain waktu atau durasi tidur yang kurang, begadang juga menjadi penyebab kulit menjadi kusam. Hal ini terjadi karena pH kulit menjadi terganggu sehingga kelembaban di wajah menjadi tidak stabil serta menghilangkan cahaya alami di wajah Anda.

7. Tidak menghapus make up

Sudah menjadi rahasia umum jika tidak menghapus make up setelah berkegiatan akan menimbulkan sesuatu yang buruk terjadi pada kulit wajah. Apalagi jika Anda melakukan kesalahan ini di malam hari dan dibawa tidur sampai keesokan harinya. Tentunya kulit kusam yang akan menyapa Anda di hari selanjutnya.

Selain itu, tindakan tidak menghapus make up dapat menimbulkan permasalahan lain seperti pori-pori menjadi tersumbat sehingga menambah resiko kemunculan jerawat dan terjadinya peradangan pada kulit.

8. Merokok

Merokok tidak hanya berakibat buruk pada organ-organ penting seperti jantung dan paru-paru. Berbagai zat yang terkandung pada rokok dapat mengakibatkan kulit terlihat kusam. Dari segi tampilan, wajah bisa terlihat menjadi lebih tua karena kondisi kulit yang tidak sehat.

Selain kandungan nikotin yang ada pada rokok, ternyata asapnya juga dapat berakibat buruk pada kulit. Ia dapat merusak kolagen sehingga membuat kulit tampak tidak prima. Kulit menjadi pucat, kusam dan munculnya kerutan di wajah adalah hal-hal yang Anda dapatkan dari merokok.

9. Memiliki masalah mental seperti stress

Psikologis ternyata juga mampu memengaruhi kondisi fisik seseorang. Pada umumnya seseorang yang sedang mengalami stress, kulit wajahnya akan menjadi kusam. Hal ini disebabkan karena aliran darah dan hormon kortisol hanya dipusatkan di tubuh saja, sehingga kulit kekurangan hormon tersebut. Sebaiknya kontrol dan kelola stress Anda sehingga tidak mengganggu kesehatan kulit maupun fisik secara keseluruhan.

10. Gemar makan fast food

Selain faktor eksternal, ternyata ada penyebab dari dalam tubuh yang bisa mengakibatkan wajah menjadi kusam. Kebiasaan makan makanan fast food atau processed food (makanan olahan) bisa mengakibatkan warna cerah alami kulit menjadi meredup.

Hal ini dapat terjadi karena gizi dan kandungan dari makanan yang Anda konsumsi tidak memenuhi kebutuhan kulit. Jika terus melakukan kebiasaan ini, resiko tubuh kekurangan nutrisi menjadi semakin besar dan kemunculan hormon stress kortisol menjadi semakin tidak terkendali. Akhirnya Anda mendapatkan kulit wajah yang kusam. 

Mulai sekarang kurangi konsumsi makanan olahan seperi bakso, sosis, sarden, kornet, nugget dan sejenisnya. Memang rasanya enak dan proses membuatnya gampang, tapi apa nggak sayang jika kulitmu malah jadi kusam? Lebih baik perbanyak konsumsi sayur dan buah saja ya.

Baca Juga :

Tips Mudah Atasi Kulit Kusam

Cerahkan Kulit Kusam Akibat Sinar Matahari dengan 3 Masker Alami Ini

Takut Kelihatan Kusam Buat Kamu Pemilik Kulit Sawo Matang Saat Pake Kebaya? Jangan Panik, Ini Dia Warna Kebaya Yang Cocok Buat Kamu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

 Bagaimana Memilih Foundation Yang Tepat Untuk Anda

Kulit sempurna adalah idaman setiap wanita. Namun masalah