Saat kelenjar keringat bekerja berlebihan, itu tidak terlalu menyenangkan. Keringat membawa bau, dan berurusan dengannya terus-menerus agak merepotkan. Memiliki tangan dan kaki yang berkeringat memang memalukan, tetapi kabar baiknya adalah hal itu dapat dikontrol dengan perawatan yang tepat.

Jika tangan dan kaki yang berkeringat membuat Anda malu dan ingin mengendalikannya, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Mereka membantu mengendalikan keringat berlebih dengan menyeimbangkan tingkat pH Anda, dan aman sehingga Anda pasti bisa menggunakannya.

  1. Jeruk Nipis

Asam alami, menggunakan lemon adalah obat rumahan yang efektif untuk tangan dan kaki yang berkeringat. Keserbagunaan lemon membuatnya berguna dalam lebih dari satu cara!

  • Salah satu cara menggunakan lemon untuk mengatasi keringat berlebih adalah dengan mencampurkan jus lemon dengan garam dan mengoleskannya di tangan. Saat mengering, bersihkan.
  • Cara lain menggunakan lemon adalah dengan mengeringkan kulit lemon dan jeruk dan mengubahnya menjadi bubuk. Taburkan bedak ini pada tangan dan kaki Anda untuk mencegah keringat berlebih.
  • Cara lain menggunakan lemon adalah dengan mencampur jus lemon dengan vodka dan mengoleskannya di tangan Anda. Biarkan campuran selama 10-15 menit dan bersihkan.
  1. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel dapat membantu menjaga tingkat pH tubuh, terutama ketiak dan kaki, dan karenanya merupakan obat rumahan yang patut dicoba untuk mengatasi tangan dan kaki yang berkeringat. Ada beberapa cara menggunakan cuka sari apel untuk menghilangkan keringat berlebih.

  • Anda dapat menerapkan cuka sari apel ke area yang terkena sebelum Anda tidur.
  • Untuk kaki yang berkeringat, rendam dalam larutan yang terbuat dari setengah cangkir cuka sari apel dan satu liter air dingin. Merendam kaki Anda dalam larutan ini selama kurang lebih 15 menit setiap hari akan mengurangi keringat.
  • Jika Anda tidak ingin berendam, maka Anda bisa mengoleskan cuka sari apel pada tangan dan kaki Anda dan biarkan mengering. Cuci bersih dengan air.
  • Cara termudah untuk mengkonsumsi cuka sari apel adalah dengan menambahkan 1-2 sendok makan ke dalam segelas air dan mengkonsumsinya di pagi hari.
  1. Kentang

Kentang sederhana dicintai oleh semua orang dalam berbagai bentuk! Namun, percayakah Anda jika kami memberi tahu Anda bahwa menggunakan kentang juga merupakan solusi cemerlang untuk tangan dan kaki yang berkeringat? Itu benar! Menjadi makanan rendah asam, mereka dapat membantu mengontrol keringat berlebih.

Ekstrak jus dari kentang mentah dan oleskan ke area yang terkena menggunakan bola kapas. Ambil beberapa irisan kentang dan gosokkan ke tangan dan kaki Anda. Biarkan jus bertahan selama beberapa waktu, lalu bersihkan.

  1. Bubuk Cendana

Sejak berabad-abad, pasta cendana telah digunakan orang untuk efek pendinginannya. Karena khasiat inilah yang dapat mengurangi keringat dan menjadi solusi untuk tangan dan kaki yang berkeringat. Campur bubuk cendana dengan air, air jeruk nipis atau air mawar dan oleskan ke tangan dan kaki Anda dan bilas setelah pasta mengering.

  1. Bubuk soda kue

Sifat basa dari soda kue menjadikannya obat yang efektif untuk tangan dan kaki yang berkeringat. Campurkan dua hingga tiga sendok makan soda kue ke dalam air hangat dan celupkan tangan dan kaki Anda ke dalamnya selama 20-30 menit. Gosok dengan baik dengan soda kue dan angkat dari air, lalu keringkan.

  1. Minyak pohon teh

Karena sifat antijamurnya, minyak pohon teh dapat membantu Anda meredakan keringat berlebih. Oleskan minyak pohon teh ke area yang berkeringat dalam jumlah kecil secara teratur. Berhati-hatilah untuk menggunakan beberapa tetes sekaligus, karena penggunaan minyak pohon teh yang berlebihan dapat menyebabkan kulit kering.

  1. Kantong teh

Kantong teh hitam yang lembap memiliki sifat antiperspiran, jadi Anda bisa menggunakannya untuk telapak tangan dan kaki yang berkeringat. Pegang mereka di tangan Anda yang berkeringat selama beberapa menit setiap hari.

  • Jika mau, Anda juga bisa menyeka tangan dan kaki dengan kantong teh hitam.
  • Alternatifnya, Anda bisa merendam 3-4 kantong teh dalam air panas dan merendam telapak tangan dan kaki di dalamnya selama 30 menit.
  • Anda dapat melakukan ini setiap hari.
  1. Minyak kelapa dan kapur barus

Sekarang, Anda sudah tahu bahwa minyak kelapa dapat mengatasi setiap masalah, baik yang berhubungan dengan kulit maupun rambut! Untuk tangan dan kaki yang berkeringat, penggunaan minyak kelapa yang dikombinasikan dengan kapur barus sangat baik.

  • Larutkan sepotong kapur barus dalam sedikit minyak kelapa dan oleskan campuran ini pada daerah rawan keringat.
  • Biarkan istirahat selama 40-60 menit.
  • Cuci bersih dengan air bersih.
  • Sebagai alternatif, Anda juga bisa menambahkan kapur barus ke dalam air mandi untuk mengurangi keringat.
  1. Jus tomat

Tomat bekerja sangat baik untuk mengatasi keringat berlebih. Mereka dapat mengecilkan pori-pori Anda, yang dapat membantu mengurangi keringat kronis. Ini juga mengandung natrium, yang membantu menjaga telapak tangan dan kaki tetap kering, sehingga mengurangi keringat. Minum jus tomat juga memiliki dampak pendinginan pada tubuh.

  1. Air mawar

Air mawar memiliki efek pendinginan pada kulit; karenanya, ini adalah obat yang baik untuk mengatasi keringat berlebih. Bubuhkan sedikit air mawar pada telapak tangan dan kaki Anda dan lakukan ini secara teratur untuk mengurangi keringat.

Baca Juga :

5 Cara Merawat Tangan dan Kaki Berkeringat

Telapak Tangan dan Kaki Sering Berkeringat ? Ini Cara Mengatasinya

Mengapa Kita Wajib Mencuci Kaki Saat Mandi?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

13 Makanan Yang Membantu Meningkatkan Metabolism Anda Menurut Ahli Gizi (Bagian II)-end

Metabolisme tubuh adalah proses kimia dimana tubuh ajab