Tubuh manusia dapat memproduksi sekitar 2 liter keringat setiap hari hanya dengan kaki, karena kaki memiliki sekitar 250.000 kelenjar keringat! Tidak disangka-sangka, bukan? Jadi tidak heran, ketika keringat-keringat di kaki dikombinasikan dengan bakteri yang hidup di dalamnya, perpaduan ini akan menciptakan bau yang tidak sedap. Mencuci bersih kaki kamu tidak hanya membantu menghilangkan bau, tetapi juga bermanfaat bagi darah, kuku kaki, dan bahkan persendian kamu, loh!

Berikut adalah daftar manfaat yang akan kamu dapatkan ketika kamu rajin mencuci kaki saat mandi :

  • Mencuci kaki kamu akan membantu menghilangkan bau

Mencuci kaki secara teratur dan mencuci dengan bersih kaki kamu, akan membantu menghilangkan kotoran, sel kulit mati, dan keringat yang menumpuk pada kaki sepanjang hari. Mungkin kamu bertanya-tanya, “Loh, aku kan sering mencuci kaki?”. Nah, faktanya, hanya membilas kaki dengan air saja tidak akan cukup untuk membunuh bakteri. Pada akhirnya, penumpukan kotoran, keringat dan bakteri akan menyebabkan kaki kamu berbau tidak sedap dan bahkan dapat memicu pertumbuhan infeksi. Jadi, saat kamu mandi, mencuci kaki dengan bersih adalah sebuah kewajiban!

  • Scrubbing tambahan pada kaki akan membantu mencegah infeksi

Kaki kita rentan terhadap infeksi seperti halnya bagian lain dari tubuh kita, dan bakteri yang menempel pada kaki dapat menyebabkan berbagai jenis peradangan yang bisa berbahaya. Menggosok kaki kamu saat mandi akan membantu mengelupas semua lapisan sel kulit mati dan berbagai mikroba yang hidup di kaki. Menggosok kaki juga akan mencegah perkembangan  jamur, kutil, bunion, kapalan, dll. Tentu saja selain alasan kesehatan, membersihkan dan menggosok kaki akan membuat kamu lebih segar dan kaki kamu pun akan tampak lebih cantik dan bersih.

  • Mencuci kaki akan mencegah kamu dari berbagai penyakit sendi

Ternyata, kemungkinan besar terdapat hubungan antara kulit keras di kaki dan masalah pada lutut, pinggul, dan punggung. Sel-sel kulit mati yang tidak bisa terkelupas dari kaki akan menumpuk dan menjadi lebih tebal setiap harinya. Hal ini dapat menyebabkan perubahan gaya berjalan yang nantinya dapat memengaruhi persendian pada kaki, tulang punggung, dan otot kamu. Akibatnya, kamu mungkin akan merasa tidak nyaman saat bergerak.

  • Mencuci kaki dapat meningkatkan sirkulasi darah

Saat mencuci kaki kamu, berikan pijatan lembut untuk memperlancar aliran darah pada kaki. Sirkulasi darah yang buruk dapat menyebabkan kekurangan oksigen dan membatasi pertumbuhan dan perkembangan otot kamu. Selain itu, sirkulasi darah yang buruk juga bisa menimbulkan masalah seperti nyeri otot, kaku, lemas, bahkan bisa membuat kaki terasa kebas. Itulah mengapa kamu harus menggosok dan meremas kaki kamu setiap mandi. Jika perlu, kamu bisa memijat kaki kamu dengan air hangat setiap hari.

  • Mencuci kaki bisa mencegah dan menghentikan kuku kaki tumbuh ke dalam kulit

Ada beberapa alasan mengapa kuku kaki tumbuh ke dalam kulit, seperti memakai sepatu yang ketat atau memotong kuku yang salah/ekstrem. Di sisi lain, kaki yang berkeringat dan kotor ternyata juga dapat memicu kuku tumbuh ke dalam kulit, loh. Ketika jari-jari kaki terus-menerus berkeringat, kulit di bagian tepi menjadi lembut, sehingga akan memudahkan pertumbuhan kuku kaki. Selain itu, jika ada peradangan pada kulit, ini bisa membuat kuku kaki yang tumbuh ke dalam menjadi sangat nyeri. Tentu kamu tidak ingin kuku kamu jadi seperti ini kan? Oleh karena itu, rajin-rajinlah mencuci dan menggosok kaki kamu sampai bersih saat mandi.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/bagian-tubuh-manakah-yang-kamu-cuci-pertama-saat-mandi-jawabannya-dapat-mengungkapkan-kepribadian-kamu-loh/

https://www.tampilcantik.com/rawat-kaki-kaki-dan-tangan-kamu-supaya-tidak-basah-karena-keringat-yaa-karena-kamu-pasti-akan-risih/

https://www.tampilcantik.com/kaki-mengelupas-dan-bikin-minder-mulai-sekarang-kamu-gak-perlu-mengalaminya/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Kamu Makan Saat Menstruasi

Tahukah kamu? Kebutuhan nutrisi wanita akan berubah sepanjang