Semua orang menginginkan makanan terbaik yang masih segar saat dikonsumsi bersama keluarga, tetapi  tidak semua orang memiliki sarana untuk pergi ke toko setiap hari. Itulah mengapa kita harus berusaha menyimpan makanan dengan baik, agar tidak cepat busuk dan bisa segar lebih lama.

Berikut tips untuk menyimpan makanan kamu agar tetap segar lebih lama :

  1. Membekukan susu selama beberapa minggu ke depan

Jika kamu terlanjur membeli satu galon susu dan baru kemudian menyadari bahwa kamu akan liburan, jangan khawatir, susu kamu tidak akan basi jika kamu membekukannya. Namun, ada beberapa aturan di sini. Tuangkan sedikit susu sebelum dibekukan, karena penyimpanan akan meningkatkan volumenya. Bekukan susu segar dan simpan di dalam freezer tidak lebih dari 4 hingga 6 minggu.

  1. Membekukan telur dalam cetakan es batu

Terkadang kamu tidak bisa menghabiskan stok telur saat kondisinya masih segar, atau kamu hanya menggunakan putih telur atau kuning telurnya saja. Nah, bagaimana solusinya? Solusinya adalah bekukan telur kamu. Pecahkan saja telur yang kamu miliki, dan tuangkan isinya ke dalam cetakan es. Jangan lupa tambahkan sedikit garam atau gula (untuk menjaga teksturnya), kemudian selanjutnya kamu bisa gunakan sesuai kebutuhan.

  1. Menyimpan saus favorit di dalam freezer

Saus sisa adalah salah satu kandidat produk makanan yang bisa kamu bekukan. Jika kamu masih ingin menikmati saus favorit kamu, maka tuang saus ke dalam kantong penyimpanan, lalu bekukan di dalam freezer. Kamu bisa mengambilnya kapan saja saat kamu memerlukannya. 

  1. Bungkus daun selada dengan handuk kertas agar tetap segar lebih lama

Selada akan tetap segar dan renyah selama seminggu jika kamu membungkusnya dengan handuk kertas. Kelembaban akan meresap ke dalam handuk kertas, sehingga  tidak akan membuat daun selada layu.

  1. Apel bisa disimpan di lemari es selama beberapa bulan

Apel biasanya mampu bertahan lebih lama daripada buah lainnya, tetapi tahukah kamu bahwa apel mempertahankan semua rasanya di lemari es untuk waktu yang sangat lama? Satu-satunya hal yang perlu diingat di sini adalah kamu tidak boleh membiarkan apel saling bersentuhan agar kerusakan tidak terjadi karena apel saling kontak. Bungkus masing-masing apel dengan koran atau kertas, lalu simpan di lemari es.

  1. Simpan wortel di pasir agar tetap segar

Jika ingin wortel bertahan lama dan tetap segar, sebaiknya kamu menyimpan wortel di pasir. Pasir dapat mengurangi penguapan air dan memperlambat proses pembusukan.

  1. Sayuran segar paling baik disimpan dalam toples kaca

Stoples kaca adalah wadah terbaik untuk sayuran segar. Bawang bombay, bawang putih, atau peterseli akan menjaga rasa selama sebulan jika disimpan di dalam toples kaca. Sayuran tidak akan rusak, layu, kering, atau kehilangan aromanya.

  1. Cegah madu dari oksidasi dengan menyimpannya dalam toples kaca

Selain sayuran segar, madu juga baik disimpan di dalam toples kaca. Madu dapat mempertahankan khasiatnya selama bertahun-tahun, tetapi penting untuk menyimpannya dengan benar. Wadah terbaik adalah stoples kaca gelap dengan tutup yang rapat. 

Baca Juga :

Ragam Pilihan Sayuran Untuk Variasi Menu Jus Dietmu

Sayuran yang Bisa Menyelamatkan Kulit Kamu

Masker Wajah Sayuran Yang Akan Menemani Hari Kamu yang Panas

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

10 Aktor Film yang Cinlok dan Akhirnya Menikah

Cinta lokasi atau yang kerap disebut sebagai cinlok