Ada beberapa pasangan yang tidak memiliki posisi tidur tertentu. Kemudian cenderung banyak bergerak saat tidur, sering berganti posisi sepanjang malam. Perlu ada tingkat kenyamanan yang signifikan bagi kedua pasangan untuk dapat bergerak selama mereka tidur, tanpa mengganggu waktu tidur siang masing-masing. Posisi tidur Anda juga mempengaruhi pola tidur Anda. Jika Anda atau pasangan tidak senang dengan posisi tidur Anda yang biasa, Anda mungkin mengalami pola tidur yang tidak teratur. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki pola tidur Anda.

  1. Pasangan yang hidup bersama harus tidur dan bangun sekitar waktu yang sama. Seringkali, pasangan dengan jadwal tidur berbeda bisa saling mengganggu. Mereka cenderung bangun ketika seseorang yang spesial datang terlambat ke tempat tidur. Untuk memperbaiki pola tidur Anda, rencanakan waktu yang tetap untuk Anda berdua untuk tidur.
  2. Untuk meningkatkan kualitas tidur, terlepas dari posisi tidur, pastikan Anda memiliki kasur dan bantal yang kokoh.
  3. Terbukalah dengan pola Anda! Jika ada sesuatu yang mengganggu Anda, bicarakan hal itu dengan pasangan Anda. Jangan pernah tidur dalam keadaan marah – kemungkinan besar Anda akan mengalami tidur tidak teratur yang akan semakin merusak suasana hati Anda.
  4. Terbukalah dengan pasangan Anda. Beri tahu mereka posisi apa yang Anda rasa nyaman, dan cari tahu bagaimana mereka lebih suka tidur. Cari tahu apa yang paling cocok untuk Anda berdua.
  5. Ikuti jadwal rutin. Meskipun kelihatannya sepele, mengikuti jadwal akan sangat bermanfaat bagi pola tidur Anda. Tubuh Anda menjadi terbiasa beristirahat pada waktu tertentu.
  6. Media sosial diketahui mengganggu tidur. Hindari gangguan ponsel, televisi, atau laptop setidaknya setengah jam sebelum Anda tidur. Untuk hasil terbaik, matikan ponsel, laptop, i-pad, dan perangkat lain atau pada mode DND satu jam sebelum Anda tidur. Cobalah membaca buku sebagai gantinya. Anda juga dapat berbaring di tempat tidur dan hanya berbicara dengan pasangan Anda.
  7. Tidurlah dengan pola pikir positif. Bicaralah secara positif sebelum Anda tidur. Anda akan terkejut melihat seberapa baik Anda tidur setelah Anda mulai melakukan ini. Telusuri jalan kenangan dan tertawakan semua momen bahagia yang telah Anda bagikan dengan pasangan. Dengan pikiran positif, pikiran Anda tenang. Anda akan melihat mimpi yang lebih bahagia.
  8. Stres tidak akan membuat Anda tidur nyenyak. Cobalah berlatih meditasi, yoga, atau peregangan selama setengah jam hingga 45 menit sebelum Anda tidur. Latihan-latihan ini bertindak sebagai penghilang stres .
  9. Jangan langsung tidur setelah makan. Anda akan merasa sangat berat setelah makan. Anda mungkin tidak bisa tidur nyenyak. Pergi jalan-jalan dengan pasangan Anda. Anda juga bisa menari-nari di rumah.
  10. Simpan segelas air pada suhu kamar di meja samping tempat tidur Anda. Jika Anda atau pasangan bangun dengan perasaan haus atau tenggorokan kering, Anda tidak perlu bangun dan berjalan ke dapur atau lemari es. Anda malah dapat menyesap air dengan cepat dan kembali tidur.
  11. Jika Anda terbangun di tengah malam tanpa alasan, jangan melihat-lihat ponsel dan perangkat lain. Cobalah untuk kembali tidur. Seringkali, saat Anda bangun dan melihat-lihat ponsel di tengah malam, tidur pasangan Anda mungkin juga terhambat.
  12. Memang benar bahwa kita semua perlu memikirkan diri kita sendiri. Namun dalam sebuah hubungan, kita perlu menyadari kebutuhan pasangan kita juga. Ini terutama berlaku untuk posisi tidur. Jangan mengambil sebagian besar ruang tempat tidur hanya untuk meninggalkan pasangan Anda dengan sedikit ruang untuk dibundel dan tidur. Pasangan Anda pada dasarnya adalah separuh lainnya, jadi beri mereka separuh tempat tidur!
  13. Jujur saja – saat Anda tidur, Anda tidak memiliki kendali atas fungsi tubuh Anda. Sebagian besar dari kita tidak memiliki kendali atas bagaimana anggota tubuh kita bergerak. Anda mungkin berpikir Anda sedang tidur seperti malaikat tetapi kenyataannya, Anda mungkin menendang pasangan Anda dari tempat tidur. Jika ini berlanjut selama berhari-hari, konsultasikan dengan somnolog.
  14. Mainkan suara atau musik relaksasi saat Anda tidur. Penelitian menunjukkan bahwa musik mencegah rangsangan internal atau eksternal yang memengaruhi tidur. Memutar musik yang Anda dan pasangan nikmati dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak.
  15. Pastikan Anda maupun pasangan tidak minum kopi sebelum tidur. Kafein menghambat tidur dan membuat Anda tetap waspada.

Baca Juga :

<strong>Penyebab Tekanan Darah Rendah dan 6 Pengobatan Rumahan Untuk Mengobati Tekanan Darah Rendah</strong>

<strong>8 Tips Perawatan Kulit untuk Warna Kulit Kusam</strong>

<strong>7 Tips Perawatan Kulit Pra-Pengantin untuk Kulit Bercahaya </strong>

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Hal yang Mempengaruhi Anda Memilih Pasangan Berdasarkan Hubungan Dengan Ayah 

Hati kita terasa aman bila ada rasa keakraban