Menjinakkan rambut  Anda membutuhkan banyak usaha, terutama jika Anda berurusan dengan rambut berminyak. Membuat jadwal keramas, memilih produk yang tepat, dan mencoba hair spa adalah proses yang memakan waktu. Namun untuk semua rencana menit-menit terakhir yang masuk, proses ini bisa menjadi cukup rumit. Kita sering kali mencari alasan atau bahkan membatalkan rencana karena jadwal keramas. Tapi sekarang, saatnya kita menata rambut kita yang belum dicuci seperti bintang. Baca terus untuk mengetahui gaya rambut yang cocok untuk rambut berminyak.

Alasan Rambut Berminyak

Rambut kita menghasilkan sebum, yang membantu menghidrasi dan melindungi kulit kepala kita. Beberapa orang mungkin memproduksi sebum berlebih sehingga menyebabkan kulit kepala berminyak. Produksi sebum berlebih dapat bergantung pada berbagai faktor seperti:

  1. Penumpukan Produk

Terlalu banyak menggunakan sampo kering dan produk perawatan rambut lainnya cenderung menumpuk di kulit kepala. Hal ini menyebabkan rambut terlihat berminyak dan berminyak.

Tip Pro: Coba gunakan sampo pembersih setiap seminggu sekali, karena ini akan membantu membersihkan residu tanpa menghilangkan minyak alaminya.

  1. Pola Mencuci Rambut

Terlalu sering mencuci rambut juga bisa menjadi salah satu faktor utama kulit kepala berminyak. Setiap habis keramas, kulit kepala melepaskan sebum untuk melembabkannya, sehingga jika Anda sering keramas, terjadi produksi minyak berlebih yang menyebabkan rambut terlihat berminyak dan berminyak.

Tip Pro: Cobalah mencuci rambut dua kali seminggu, dengan sampo lembut yang sesuai dengan jenis rambut Anda.

  1. Tipe rambut

Jenis rambut Anda memainkan peran penting dalam produksi sebum di kulit kepala Anda. Umumnya, rambut lurus cenderung lebih rentan menghasilkan minyak berlebih karena tekstur pada batang rambut yang kurang. Tampilan berminyak juga lebih menonjol pada rambut lurus dibandingkan rambut bergelombang atau keriting.

Tip Pro: Pilih produk yang sesuai dengan jenis rambut Anda. Jika produk rambut Anda tidak cocok dengan rambut Anda, produk tersebut dapat menyebabkan sifat berminyak berlebih atau bahkan kekeringan.

Cara Menghindari Rambut Menjadi Berminyak

  1. Gunakan Clarifying Shampoo 

Menggunakan clarifying shampoo setiap minggu akan membantu menghilangkan sisa produk dari rambut Anda tanpa membuatnya kering dan rapuh. Ini berfokus pada tidak menghilangkan minyak alami apa pun sekaligus membersihkan jauh ke dalam kulit kepala Anda. Sampo ini tidak akan efektif pada rambut yang pernah menjalani spa minyak karena konsistensinya yang ringan dan lembut.

Tip Pro: Temukan clarifying shampoo lembut dan menenangkan. Coba batasi penggunaannya menjadi seminggu sekali karena mungkin tidak memiliki kemampuan yang sama dengan sampo biasa.

  1. Cobalah Shampo Bebas Sulfat

Sampo bebas sulfat tidak hanya mencegah rasa berminyak, tapi juga lembut dan tidak akan menghilangkan kelembapan dari rambut Anda. Sampo ini bagus jika Anda memiliki rambut berminyak dan diwarnai karena dapat mengontrol produksi sebum berlebih. Shampo bebas sulfat akan membantu dan melindungi rambut Anda dengan penggunaan jangka panjang.

Tip Pro: Cobalah mencari sampo dan kondisioner bebas sulfat yang mengandung minyak keratin, argan, atau alpukat karena dapat menutrisi rambut Anda sekaligus membersihkan residu pada helaian rambut dan kulit kepala.

  1. Kurangi Penataan Panas

Penggunaan alat panas yang berlebihan dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan daripada manfaat pada rambut Anda. Alat penata rambut seperti pelurus rambut, bila digunakan dekat dengan kulit kepala, tidak hanya dapat merusak akar rambut, tetapi juga memicu kelenjar keringat sehingga menyebabkan produksi sebum berlebih. Ini kemudian dapat mendistribusikan minyak ke seluruh rambut Anda, membuatnya terlihat lebih berminyak.

Tip Pro: Coba kurangi penataan panas sebanyak yang Anda bisa. Jika Anda memang harus menggunakan produk penataan rambut, gunakanlah pada suhu yang lebih rendah dengan semprotan panas.

  1. Menggunakan Shampo Kering

Jika Anda terlambat berangkat kerja dan tidak punya waktu untuk mencuci rambut sebentar, sampo kering bisa membantu Anda. Kapan pun rambut Anda terasa berminyak dan rata, semprotkan sampo kering ke akar rambut Anda dan ini akan memberikan kesegaran instan pada rambut Anda. Tidak hanya akan terlihat segar dan bersih, tetapi juga akan menambah volume pada mahkota Anda sehingga membuatnya terlihat indah. Mencuci rambut terlalu sering bisa berdampak buruk pada rambut Anda. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan sampo kering di sela-sela keramas agar rambut terasa bersih.

Tip Pro: Jika Anda memiliki kulit kepala berminyak, Anda bisa menyemprotkan sampo kering segera setelah keramas untuk mendapatkan surai segar yang tahan lebih lama.

Baca Juga :

<strong>7 Cara Alami Menghilangkan Rambut Berminyak</strong>

9 Tips Teratas Cara Memperbaiki Rambut Berminyak

Kendalikan Rambut Berminyak: Inilah 5 Cara Caranya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Cara Menghilangkan Jerawat yang Terbukti untuk Kulit Bersih

Jerawat adalah masalah umum yang dihadapi kebanyakan orang,