Jika kamu tidak yakin tentang cara menyusun rutinitas perawatan kulit a.k.a Skincare, berikut adalah panduan perawatan kulit yang cocok untuk para pemula!

Di tengah ketidakpastian yang melanda sepanjang tahun 2020 ini, kamu perlu meluangkan waktu untuk merawat diri sendiri. Perawatan kulit atau skincare seharusnya tidak lagi dianggap sebagai sekedar kesenangan, atau bahkan sebuah kemewahan. Sebaliknya, skincare adalah kebutuhan dasar untuk kamu.  Meskipun setiap orang memiliki kulit yang berbeda, ada aturan rutinitas kulit tertentu yang umumnya berlaku untuk semua jenis kulit. Hal ini juga dikenal sebagai dasar-dasar perawatan kulit.

Ketahui dan Patuhi Rutinitas Skincare Sederhana

Dalam menciptakan rutinitas perawatan kulit pertama kamu, lakukanlah skincare dengan cara yang sederhana. Saran perawatan kulit yang paling penting adalah membuatnya tetap simple dan mudah. Mulailah dengan dasar-dasar dan kembangkan sesuai keinginan kamu. Dasar-dasar tersebut harus selalu mencakup 3 langkah yang perlu dilakukan dengan urutan berikut :

Langkah 1 : Bersihkan Kulit

Aturan umum di sini adalah kamu harus membersihkan kulit kamu 2 kali dalam sehari.

  1. Pagi Hari.

Membersihkan di pagi hari akan membantu menghilangkan keringat atau minyak yang tersisa dari bantal dan rambut kamu selama tidur. Ada satu pengecualian umum untuk aturan membersihkan kulit dua kali sehari. Pengecualian itu adalah untuk kamu yang memiliki kulit kering. Jika kulit kamu cenderung kering, tidak apa-apa untuk membersihkan kulit dengan air biasa di pagi hari.

  • Malam Hari

Membersihkan kulit kamu di malam hari, adalah aturan yang tidak boleh dikompromikan atau dilewati. Penting untuk membersihkan kulit di malam hari, tidak hanya untuk menghilangkan sisa make up saja, tetapi juga membersihkan minyak berlebih, keringat, sel kulit mati, polutan, dan kotoran lainnya yang terkumpul di kulit sepanjang hari.

Langkah 2: Lembapkan Kulit

Langkah selanjutnya dari proses skincare adalah menggunakan pelembab, atau produk pelembab. Pilihlah pelembab bebas minyak dan bebas pewangi, karena ini akan ditoleransi dengan baik untuk semua jenis kulit, dari yang rentan berjerawat hingga kulit sensitif sekalipun.

Di luar parameter tentang melembapkan kulit, kamu juga dapat menggunakan langkah ini untuk mengatasi masalah kulit tertentu secara bersamaan dengan mencari pelembab yang diformulasikan khusus dengan bahan tambahan yang menargetkan kebutuhan khusus. Berikut adalah beberapa daftar bahan yang harus diketahui karena berkaitan dengan pelembab :

  1. Asam hialuronat : Mengencangkan kulit dan mengembalikan hidrasi yang hilang.
  2. Ceramides : Penting untuk melindungi dan menyehatkan kulit, terutama bagi mereka yang memiliki kulit kering dan eksim
  3. Vitamin C : Memberikan perlindungan antioksidan dan pencerahan kulit secara keseluruhan.

Langkah 3 : Lindungi Kulit

Tabir surya adalah garis pertahanan dan perlindungan pertama kamu terhadap kanker kulit! Jika kamu tidak berniat untuk melakukan perawatan kulit lebih dari membersihkan dan melembabkan, maka tabir surya/sunscreen/sunblock adalah kewajiban yang harus kamu lakukan.

Pilih tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi, dan gunakan setiap hari (bahkan saat mendung sekalipun). Lakukan penggunaan tabir surya sebagai langkah terakhir dalam rutinitas perawatan kulit kamu.

Saat memilih jenis tabir surya yang akan diaplikasikan, ada dua cara yang bisa kamu pilih  :

  1. Tabir surya mineral : bekerja sebagai perisai, menghalangi sinar matahari menembus kulit, berkat bahan seperti seng oksida atau titanium dioksida.
  2. Tabir surya kimiawi : melindungi kulit dari sinar UV dengan menyerapnya, dengan mengandalkan bahan-bahan seperti octocrylene atau avobenzone.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/cara-mengatur-pengeluaran-bagi-pecinta-skin-care/

https://www.tampilcantik.com/tips-skin-care-ala-sara-ali-khan/

https://www.tampilcantik.com/ini-dia-urutan-skin-care-malam-yang-tepat-untuk-hasil-yang-maksimal/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

8 Tips Untuk Mengencangkan Pori-pori Besar

Pori-pori yang membesar disebabkan oleh beberapa faktor, di