Air tidak diragukan lagi merupakan sumber utama hidrasi. Tetapi sedikit yang Anda tahu bahwa minum terlalu banyak air atau lebih dari yang dibutuhkan tubuh Anda dapat lebih berbahaya daripada baik dan terkadang berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Panduan terperinci kami di bawah ini akan membantu Anda memahami berapa banyak air yang dibutuhkan tubuh Anda.

Berapa Banyak Air Yang Harus Anda Minum Setiap Hari 

Sepanjang hari kita kehilangan setidaknya 1 liter air melalui keringat, buang air kecil dan aktivitas fisik lainnya. Tapi itu tidak berarti kita semua membutuhkan jumlah air yang sama untuk menjaga tubuh kita tetap terhidrasi. Pada umumnya 2-3 liter air dapat memenuhi kebutuhan cairan Anda. Akan tetapi sebenarnya jumlah air yang dibutuhkan tubuh Anda tergantung pada berat badan dan tingkat aktivitas Anda. Anda bisa menghitungnya sendiri dengan panduan di bawah ini.

Hitung jumlah air yang Anda butuhkan sesuai dengan berat badan Anda

Perhitungan ini sangat sederhana. Kalikan berat badan Anda dengan 0,033 untuk mengetahui berapa banyak air yang dibutuhkan tubuh Anda sepanjang hari. Misalnya, jika berat badan Anda 60 kilogram maka tubuh Anda membutuhkan 1,98 atau hampir 2 liter air setiap hari. Dan jika Anda aktif berkgerak, berolahraga secara teratur atau memainkan olahraga apa pun, maka kebutuhan minum Anda akan bertambah melebihi perhitungan di atas. Jadi, perhitungan ini hanya untuk Anda yang beraktivitas ringan tanpa melakukan olahraga ya.

Bagaimana seharusnya Anda minum air?

Untuk meminum air pastinya Anda memerlukan wadah. Jika selama ini Anda menggunakan gelas atau botol plastik, maka cobalah untuk menggantinya dengan gelas atau botol kaca. Anda juga bisa menggantinya dengan yang berbahan stainless atau alumunium. Penggunaan gelas atau botol plastik sebaiknya dihindari karena plastik kualitas tertentu dapay melepaskan bahan kimia penyebab kanker yang disebut dioksin.

Bagaimana mencapai tujuan air harian Anda

  1. Aplikasi air minum

Kekhawatiran terbesar kami adalah bahwa kami tidak selalu ‘ingat’ untuk minum air. Aplikasi air minum tidak hanya mengingatkan Anda tetapi juga melacak berapa banyak air yang dikonsumsi sepanjang hari. Anda dapat mendownload dan install berbagai aplikasi dari smartphone Anda dan aplikasi ini akan rutin mengingatkan Anda untuk minum air. Hal ini tentunya dapat membantu Anda untuk memenuhi asupan air sesuai kebutuhan Anda.

  1. Rutin minum air saat bangun tidur

Biasakan minum segelas air segera setelah Anda bangun di pagi hari untuk melancarkan metabolisme dan satu atau dua gelas sebelum tidur. Anda mungkin tidak merasa haus tetapi perlu diingat bahwa ketika Anda bangun dan sebelum tidur, Anda melihat hampir tujuh jam tanpa seteguk air.

  1. Tambahkan rasa pada airmu

Minum air putih terdengar membosankan untuk sebagian orang karena minuman ini tidak ada rasanya. Coba untuk menambahkan mentimun, lemon atau limau atau buat teh hijau hangat (tanpa susu) untuk minuman yang kaya antioksidan, penambah kulit, dan penghidrasi. Tentunya hindari gula dan pemanis buatan lainnya agar tubuh Anda lebih sehat dan terhidrasi secara maksimal.

Baca Juga :

Yuk! Biasakan Minum Air Putih Sebelum Tidur Agar Kamu Memperoleh Berbagai Manfaat Ini

Suka Lupa Minum Air Putih Seharian? Ingatkan Diri Kamu Untuk Selalu Meminum Air Putih Dengan Cara Berikut

Yuk Biasakan Minum Air Putih Sebelum Tidur, Supaya Kamu Mendapatkan Manfaat yang Luar Biasa

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Cobalah 3 Latihan Pernapasan Ini Untuk Mengurangi Stres

Hampir mengejutkan bagaimana kita menormalkan waktu yang kita