First impression atau kesan pertama, memegang peranan penting dalam setiap pertemuan dengan orang baru, baik itu dalam dunia bisnis, maupun dalam percintaan. Banyak yang mengatakan bahwa orang hanya membutuhkan waktu 30 detik saja untuk menciptakan kesan pertama.

Nah, karena momen singkat tersebut menjadi hal penting bagi setiap pertemuan, maka kamu perlu memperhatikan bahasa tubuhmu ketika bertemu orang baru. Sebisa mungkin hindari beberapa kesalahan bahasa tubuh berikut ini yang bisa membuat orang salah paham terhadapmu.

  1. Menatap jam tangan

Bahasa tubuh dengan menatap jam tangan apalagi melakukannya berulang kali, dapat memberi kesan bahwa kamu bosan, kamu ingin segera keluar menuju ke tempat lain, atau kamu berharap orang lain keluar dari ruangan. 

Jika kamu memang sedang terburu-buru dan harus pergi pada waktu tertentu, maka kamu bisa jujur kepada orang yang kamu temui dan segera meninggalkan tempat. Jika masih sungkan, kamu bisa pasang alarm pada ponselmu, lanjutkan berbicara, dan segera pamit ketika alarm berbunyi. 

Orang cenderung lebih memahamimu jika kamu jujur, daripada kamu terus-terusan menatap jam tangan dan membuat orang di sekitar menjadi tak nyaman.

  1. Memiliki jabat tangan dengan lemah

Jabat tangan yang “lemah” dapat memberikan kesan bahwa kamu tidak peduli dengan orang lain atau kamu tidak mempercayai mereka. Jangan sampai kamu melakukan hal ini di tempat kerja, karena kamu akan memberikan kesan negatif terharap rekan kerja kamu.

Untuk itu, menjabat tangan seseorang haruslah dilakukan dengan tegas dan mantap, tanpa ragu-ragu. Meskipun saat ini kita tidak boleh berjabat tangan demi menghindari paparan Covid-19, tetapi nanti ketika berjabat tangan sudah diperbolehkan, ingatlah untuk menjabat tangan orang dengan kuat. Tapi ingat, jangan terlalu kuat, ya.

  1. Membatasi ruang antara kamu dan orang lain

Membatasi ruang antara kamu dan orang lain bisa saja kamu lakukan tanpa sadar. Misalnya, ketika orang lain sedang berbicara, kamu justru melakukan aktivitas lain, seperti membaca menu makanan, melihat ponsel, atau memainkan sesuatu. Nah, aktivitas tersebutlah yang menjadi batas antara kamu dan orang lain.

Jika ada orang yang sedang berbicara padamu, coba hentikan dulu aktivitasmu sejenak, dan letakkan barang kamu di meja. Tatap orang yang sedang berbicara dan dengarkan dia dengan saksama. 

Apabila kamu memang harus memeriksa sesuatu di ponsel, maka katakan dengan jujur dan mintalah izin untuk memeriksa hal penting di ponsel kamu, atau minta izin untuk membalas pesan penting yang tidak bisa kamu abaikan. Orang pasti akan mengerti dan suasana menjadi lebih nyaman.  

  1. Duduk di tepi kursi 

Tahukah kamu? Cara duduk selama pertemuan bisnis atau makan malam ternyata bisa memberikan kesan kepada orang lain. Jika kamu selalu duduk di bagian tepi kursi, (ujung depan) maka hal itu dapat memberikan kesan bahwa kamu tidak nyaman dan tidak percaya diri. 

Untuk itu, ketika kamu sedang menghadiri pertemuan bisnis atau sedang makan malam dengan seseorang, duduklah dengan nyaman di bagian tengah kursi. Jaga postur kamu agar tetap tegak, namun masih santai. Cara duduk yang seperti ini akan menunjukkan bahwa kamu percaya diri dan yakin dengan ide-ide brilianmu. 

Baca Juga “:

Pertengkaran Bisa Menjadi Runyam Jika Kamu Salah Paham Dengan Beberapa Hal Ini

Ups! Kamu Sudah Salah Paham Soal Lemak Jenuh

4 Kesalahpahaman Terbesar Tentang Konsumsi Lemak yang Harus Kamu Pahami

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ini 7 Tanda Kamu Sedang Kelelahan Secara Mental

Rollercoaster kehidupan sangat mungkin membuat seseorang kelelahan, baik