Mari kita akui – kita semua pernah bertemu setidaknya satu orang yang memicu beberapa emosi yang kuat dan mendapati diri kita tidak dapat berhenti memikirkannya setiap saat. Naksir seseorang baru yang tidak bisa Anda hentikan hingga Anda tidak bisa untuk tidak melakukan Insta-stalking? Mantan yang tidak bisa kamu lupakan? Atau bahkan sepupu jauh sahabat Anda yang sangat ingin Anda hubungi? Nah, inilah masalahnya: Anda dapat melanjutkan dan menyalahkanzat kimia otak Anda untuk yang satu ini, terutama jika Anda terobsesi dengan seseorang yang baru saja Anda temui.

Sesungguhnya ketika Anda terikat dengan seseorang, hal itu memicu pelepasan dopamin, zat kimia yang membuat Anda merasa nyaman di otak. Dan, ketika Anda benar-benar terobsesi pada orang tersebut, hal itu karena respons dopamin telah terpicu. Hal ini juga menjadi alasan mengapa Anda lebih mudah untuk terobsesi pada seseorang yang baru saja Anda temui dibandingkan dengan seseorang yang telah menjalin hubungan dengan Anda selama bertahun-tahun. Dopamin menyatukan orang dan, setelah Anda menyelesaikan periode tertentu dengan seseorang, oksitosin – hormon pengikat – masuk. Tapi, tunggu dulu, sebelum Anda mulai khawatir, ada beberapa cara untuk mengeluarkan seseorang yang imut itu dari kepala Anda. Begini caranya:

  1. Alihkan Perhatian Anda

Jangan menyalahkan diri sendiri setiap kali memikirkan seseorang itu, seperti yang cenderung dilakukan kebanyakan orang; mengalihkan perhatian Anda sebagai gantinya. Memang hal ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tetapi pengalihan perhatian ini dapat bekerja seperti sihir dan menyelesaikan masalah Anda. Inilah triknya: ketika Anda mendapati diri Anda memikirkan seseorang itu, ubahlah itu menjadi sesuatu yang positif. Sebuah proyek yang akan segera berakhir deadlinenya, rencana liburan bersama teman-teman Anda, atau sesimple menghabiskan akhir pekan Anda dengan keluarga Anda.  

  1. Jauhkan hal-hal tentangnya

Sering kali benda, tempat, musik atau aroma dapat mengingatkan Anda pada seseorang. Hindari segala hal yang membuat Anda teringat pada orang tersebut sehingga tidak memicu ingatan yang tidak Anda inginkan. Selain itu ada baiknya Anda berhenti untuk mengunjungi sosial medianya. Baik itu instagram, facebook ataupun tiktok. Tentunya hal ini tidak mudah, karena dorongan untuk mengunjungi sosial medianya akan selalu ada. Oleh karenanya Anda bisa memblokirnya untuk sementara, atau Anda juga bisa menggunakan fitur menyembunyikannya.

  1. Hadapi 

Sebelum Anda mulai mengalihkan perhatian Anda, inilah yang harus Anda lakukan: arahkan pikiran itu alih-alih menjauh. Kedengarannya tidak masuk akal, kami tahu, tetapi ini benar-benar bisa berhasil. Pikiran terus datang kembali karena mungkin Anda memberi harapan. Analisis situasinya, catat poin-poinnya jika perlu, lihat apakah situasinya dapat diselesaikan. Namun, jika tidak ada harapan bagi Anda berdua untuk bersama, Anda sebaiknya membiarkan diri Anda menghadapi rasa sakit dan melanjutkan hidup. 

  1. Melangkah Dengan Tujuan

Inilah trik lain yang mungkin membantu: fokus pada seseorang yang baru. Masuk ke aplikasi kencan, temui orang baru, bersosialisasi, dan Anda akan merasa lebih mudah untuk berhenti memikirkan ‘seseorang itu’.

Baca Juga :

<strong>8 Alasan Umum Mengapa Pria Menarik Diri</strong>

<strong>Sulit Didapatkan, Ini Lho 11 Ciri Cinta Sejati</strong>

<strong>5 Tips Membangun Hubungan Friend With Benefits Yang Lancar</strong>

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Alasan Mengapa Pria Tidak Bisa Mengekspresikan Perasaan Layaknya  Wanita

Jika kita perhatikan perempuan memiliki kecenderungan untuk mengungkapkan