Kesehatan fisik dan emosional remaja Anda bergantung pada orang tua yang mengajari mereka praktik kebersihan dasar. Namun, remaja mungkin tidak selalu menerima saran dan bimbingan, jadi penting untuk mendekati subjek dengan cara yang relevan dan dapat diakses oleh mereka.  

  1. Lakukan Percakapan Santai Tapi Jujur

Cobalah untuk berdiskusi jujur dengan anak remaja Anda tentang nilai kebersihan daripada memberi mereka ceramah. Setelah menjelaskan secara singkat pentingnya kebersihan, tanyakan pendapat mereka tentang rutinitas mereka saat ini. Untuk bersama-sama mengembangkan rejimen kebersihan yang cocok untuk mereka, dorong mereka untuk mengungkapkan ide dan pengalaman mereka.

  1. Tetapkan Teladan yang Baik

Sangat penting untuk memberikan contoh yang baik dalam hal kebersihan bagi remaja karena mereka sering belajar dari orang tua mereka. Ajari mereka cara menjaga kebiasaan hidup bersih yang sehat dengan melakukannya sendiri, seperti sering mandi, sering membersihkan tangan, dan menyikat gigi dua kali sehari.

  1. Jadikan Itu Menyenangkan

Dorong anak remaja Anda untuk menikmati melakukan kebersihan daripada melihatnya sebagai kewajiban. Misalnya, Anda dapat menawarkan mereka sikat gigi yang menyenangkan, pembersih tubuh yang keren, atau bom mandi untuk membuat mandi lebih menyenangkan.

  1. Mendidik Mereka Tentang Perawatan Kulit

Ajari remaja Anda nilai praktik perawatan kulit yang baik seperti membersihkan wajah mereka dua kali sehari dan menahan diri untuk tidak menyentuh wajah mereka secara berlebihan. Mereka juga dapat mempelajari cara memilih item yang sesuai untuk jenis kulit mereka dari Anda.

  1. Anjurkan Berolahraga Rutin

Olahraga setiap hari tidak hanya baik untuk kesehatan fisik Anda; itu juga dapat meningkatkan kebersihan Anda dengan membuang racun dari tubuh. Dorong anak remaja Anda untuk sering melakukan latihan fisik yang menurut mereka menyenangkan, seperti menari atau berolahraga.

  1. Bicara Tentang Pentingnya Tidur

Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental, serta kebersihan. Tubuh kita menghasilkan lebih sedikit keringat dan minyak saat kita tidur, yang dapat membantu menghindari bau badan dan jerawat. Dorong anak Anda untuk mempertahankan jadwal tidur yang teratur dan jadikan waktu tidur yang disarankan 8-10 jam per malam sebagai prioritas utama.

  1. Penggunaan Produk Pribadi

Sangat penting untuk mempraktikkan kebersihan pribadi yang baik, terutama saat menggunakan barang-barang seperti deodoran, produk kebersihan wanita, dan produk kebersihan menstruasi. Sangat penting bagi anak Anda untuk mengetahui cara menggunakan produk ini dengan benar karena membantu mencegah infeksi dan bau badan.

Sangat penting untuk menjaga kebersihan bagian pribadi selain menggunakan barang-barang pribadi. Anak perempuan khususnya perlu mempelajari teknik penggunaan dan pembuangan yang tepat untuk barang-barang kebersihan menstruasi. Anak Anda harus dididik bagaimana memilih produk yang tepat sesuai dengan tingkat aktivitas dan preferensi pribadi mereka. Ada berbagai jenis produk yang tersedia, seperti pembalut dan cangkir menstruasi.

Mengajarkan praktik kebersihan dasar kepada remaja Anda sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan mereka secara umum. Anda dapat membantu anak remaja Anda dalam mengembangkan praktik kebersihan yang baik yang akan bermanfaat bagi mereka selama sisa hidup mereka dengan memperlakukan subjek dengan cara yang ringan, mudah didekati, dan dapat diterima.

Baca Juga :

<strong>5 Tips Rutinitas Rambut Bergelombang untuk Dicoba di Tahun 2023</strong>

<strong>9 Perbedaan Vital Pria Vs Wanita Setelah Putus </strong>

<strong>Jerawat Komedonal – Panduan Ahli tentang Apa Itu dan Penyebabnya</strong>

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Bahan Rumahan Terbaik Untuk Kulit Bercahaya

Angin musim dingin biasanya merampas kulit bercahaya Anda,