Apa jerawat untuk kulit, ketombe untuk kulit kepala. Meskipun masalah rambut umum, itu bisa mengguncang kepercayaan diri Anda dan mencegah Anda bersosialisasi. Pertama-tama, jangan biarkan diri Anda terlalu terpengaruh olehnya, kedua ada solusi untuk setiap masalah dan ketombe mudah diobati. Perawatan pertama yang dipilih kebanyakan orang adalah membeli sampo anti ketombe, tetapi terkadang ini tidak berhasil, terutama jika kulit kepala Anda sensitif. Bahan kimia dalam produk perawatan rambut Anda bisa sangat keras, menyebabkan kekeringan dan iritasi yang menyebabkan ketombe. Oleh karena itu, mencari obat ketombe alami adalah cara yang harus dilakukan. Perawatan Ayurveda untuk ketombe telah terbukti efektif karena teknik kuno menyarankan metode tradisional untuk menghilangkan ketombe dan mencegahnya kembali.

Jika rak kamar mandi Anda terlihat seperti lorong sampo di toko kelontong, inilah saatnya untuk mengambil rute yang berbeda. Penyebab ketombe dan ketombe bisa apa saja, tetapi dengan cara alami pasti akan menyelesaikan masalah ini untuk selamanya. Jika Anda siap untuk mengeksplorasi perawatan ayurveda untuk ketombe, maka kami memiliki 5 solusi alami yang dapat bekerja. Namun, pertama-tama mari kita lihat penyebab ketombe, sehingga Anda bisa mencegahnya datang kembali.

Penyebab Ketombe

1. Kebersihan yang buruk

Meskipun keramas setiap hari tidak baik untuk rambut, Anda harus mencuci rambut tiga kali seminggu. Gagal melakukan ini dapat mengakibatkan akumulasi sel kulit mati dan penumpukan produk di kulit kepala Anda. Ini memberi bakteri dan mikroba lingkungan yang sempurna untuk berkembang dan menyebabkan masalah seperti infeksi kulit kepala dan ketombe.

2. Kondisi kulit

Mereka yang memiliki kondisi kulit seperti eksim dan psoriasis lebih rentan mengalami ketombe daripada yang lain. Jika Anda memiliki kulit kering secara alami, maka Anda juga mungkin menderita ketombe, terutama selama musim dingin ketika ‘vata’ dosha bertambah parah. Namun, bukan berarti Anda harus menderita dalam diam, Anda bisa menggunakan pengobatan ayurveda untuk menghilangkan ketombe.

3. Pola makan

Pola makan yang tidak sehat atau yang kekurangan mineral dan vitamin esensial juga dapat menyebabkan ketombe. Vitamin B kompleks, asam lemak omega dan seng sangat penting untuk kulit yang sehat dan bergizi. Oleh karena itu, perlu mengkonsumsi minyak sehat, protein dan buah-buahan dan sayuran segar untuk mencegah masalah ini. Mengkonsumsi pewarna buatan, rasa dan banyak rempah-rempah dapat menyebabkan peradangan dan ketombe.

4. Stres mental

Stres melemahkan pertahanan kekebalan Anda dan meningkatkan ‘pitta dosha’ dalam tubuh. Ketika itu terjadi, tubuh memproduksi sebum berlebih, dan penurunan pertahanan kekebalan memungkinkan bakteri dan jamur tumbuh. Hal ini menyebabkan ketombe di kulit kepala.

Perawatan untuk ketombe

1. Lemon

Jus lemon cukup efektif dalam pengobatan ketombe karena mengandung asam sitrat, vitamin C dan seng. Ini juga kaya akan antioksidan dan mengandung sifat antijamur, yang berarti dapat membantu menghilangkan ketombe secara alami.

Cara Penggunaan:

  • Buat ramuan jus lemon segar, minyak zaitun dan ekstrak jahe dan oleskan ke kulit kepala dan pijat selama beberapa menit.
  • Biarkan selama setidaknya satu jam sebelum dicuci.
  • Anda juga bisa membuat masker rambut dengan menggunakan bubuk kulit lemon, bubuk cendana dan multani mitti.
  • Oleskan pada kulit kepala dan bersihkan setelah satu jam.

2. Lidah buaya

Lidah buaya adalah pengobatan ayurveda lain untuk ketombe yang bekerja sangat baik. Ini memiliki sifat menenangkan kulit, menenangkan dan antibakteri. Menerapkannya ke kulit kepala akan menghilangkan rasa gatal yang disebabkan oleh psoriasis dan eksim.

Cara Penggunaan:

  • Ekstrak gel satu daun lidah buaya dan oleskan pada kulit kepala Anda.
  • Biarkan semalaman dan bilas di pagi hari.

Baca Juga :

6 Cara Mengobati Ketombe Wajah yang Perlu Anda Ketahui

5 Alasan Ketombe Muncul di Kulit Wajah Anda

<strong>5 Cara Menggunakan Baking Soda untuk Mengatasi Ketombe</strong>

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

3 Manfaat Menggunakan Masker Rambut Semalam

Mari kita hadapi itu-kita menetapkan tujuan menjadi lebih