Tubuh manusia itu sangat bijaksana. Ketika ada sesuatu yang tidak beres, tubuh kita memiliki caranya sendiri untuk memberi tahu kita dengan mengirim tanda atau gejala tertentu supaya kita bertindak dan melakukan sesuatu. 

Banyak orang sering mengeluh tentang gejala dan tanda yang diberikan tubuh, tetapi tidak melakukan apa pun untuk mencari akar masalah dan tidak berusaha memperbaikinya. Akibatnya, mereka mengalami efek samping yang lebih parah. 

Jadi, langkah pertama yang harus kamu lakukan dalam menjaga kesehatan adalah menemukan dan merawat area tubuh yang terasa tidak nyaman. Setelah itu, penting untuk mencoba mencegah postur, gerakan atau latihan tertentu yang menjadi penyebab rasa sakit itu datang.

Berikut adalah 4 postur tubuh dan gerakan yang berbahaya namun kerap diabaikan banyak orang :

  1. Postur tubuh yang buruk di depan laptop saat bekerja

Ketika kita menghabiskan banyak waktu bekerja, duduk dengan punggung melengkung atau posisi bahu ke luar dan membungkuk ke belakang, maka kamu akan mengalami nyeri punggung bawah dan nyeri di sekitar area tengah punggung. 

Selain itu, kamu juga akan mengalami berbagai ketidaknyamanan di leher atau bagian atas bahu, karena leher dan area sekitar bahu kamu terus-menerus menghadapi ketegangan yang berkepanjangan saat kamu bekerja selama berjam-jam.

Berikut adalah cara duduk yang benar : 

  • Jaga bahu tetap rileks dan siku bertumpu pada tubuh
  • Biarkan punggung kamu bersandar sepenuhnya pada sandaran kursi
  • Bentuk sudut 90 ° hingga 100 ° saat duduk untuk posisi pada pinggul dan lutut 
  • Kamu tidak boleh menekuk kaki di ketinggian pinggul atau mengangkat kaki di udara
  • Kamu bisa menempatkan bagian atas layar laptop dalam jangkauan garis horizontal kamu (lurus dengan eye-level), sehingga leher tidak harus bekerja keras.
  1. Posisi tubuh dengan punggung tertunduk saat mengangkat benda dari tanah 

Orang kerap mengangkat beban dengan cara yang salah.  Coba kamu ingat, bagaimana cara kamu biasa mengangkat benda berat dari lantai?

Hal pertama yang harus diperhatikan saat akan mengangkat benda berat adalah apakah kamu memiliki kekuatan atau latihan yang cukup untuk mengangkat beban dalam jumlah tertentu. Jika kamu melakukan gerakan yang salah atau memaksakan diri untuk mengangkat benda berat, kamu akan mengalami cedera punggung yang serius bahkan sampai masalah saraf yang mematikan. Orang kerap menyebutnya saraf terjepit.

Ketika akan mengangkat benda berat dari lantai, kamu tidak boleh membengkokkan punggung atau pinggang. Berikut adalah cara mengangkat benda yang benar :

  • Rentangkan kaki dan tekuk lutut, seolah-olah akan melakukan squat
  • Kencangkan perut saat memegang benda, jaga agar benda tetap dekat dengan tubuh, dan gunakan otot pinggul dan lutut. 
  • Lanjutkan mengangkat dengan punggung selalu lurus setiap saat, lakukan gerakan jongkok tanpa memelintir tulang belakang ke depan.
  1. Tidur telungkup

Tidur adalah salah satu hal terpenting yang kita lakukan untuk membuat tubuh kita beristirahat. Ini adalah satu-satunya aktivitas yang digunakan tubuh untuk memperbaiki dirinya sendiri dan mempersiapkan diri untuk melakukan banyak tugas selanjutnya. 

Banyak dari kita yang suka berbaring telungkup di tempat tidur, padahal sebenarnya posisi ini bisa menyebabkan komplikasi kesehatan. Berbaring telungkup akan memaksa leher dan rahang kita berada pada posisi yang tidak wajar. Pada akhirnya, ini dapat menyebabkan kerusakan otot, sakit leher, atau bahkan tortikolis.

  1. Berjalan sambil melihat handphone

Rata-rata orang yang kita temui di jalan, atau bahkan kita sendiri selalu memeriksa handphone selama sedang berjalan. Tanpa kita sadari, kebiasaan bermain handphone saat berjalan membuat leher dan punggung kita menjadi sakit.

Untuk mencapai postur yang benar, tulang belakang kita perlu berada dalam posisi yang optimal. Jika tidak, kemungkinan tulang akan akan aus dan membuat kita kehilangan keseimbangan untuk menggerakkan persendian kita. Kita akan mengalami cedera atau nyeri otot jika kita tidak mengubah kebiasaan kita.

Berikut adalah tips menjaga postur tubuh yang baik : 

  • Lakukan beberapa jenis latihan yang memperkuat otot punggung, panggul, dan perut. 
  • Jaga berat badan, jaga pola makna, hindari obesitas, untuk menghindari masalah punggung
  • Hindari sepatu hak yang sangat tinggi dan jenis sepatu lain yang tidak nyaman digunakan saat berjalan.

Baca Juga :

Kamu Bisa Memperbaiki Postur Tubuh Kamu Hanya dengan Melakukan Kebiasaan Ini

Cara Mudah Untuk Memperbaiki Postur Tubuh untuk Mengurangi Pegal Karena Bekerja

7 Bahasa Tubuh yang Bisa Membuat Orang Lain Jengkel

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tidak Sampai 10 Menit, Rangkaian Olahraga Ini Akan Melatih Kaki dan Pantat Kamu

Olahraga sejatinya adalah kebutuhan setiap orang. Namun terkadang,