Tahukah kamu, ada beberapa macam siklus tidur yang ada di dunia ini?

Empat siklus tidur populer di antarnya adalah Siklus Biphasic, Siklus Uberman, Siklus Dymaxion dan Siklus Everyman. Tapi bagi kamu yang kekurangan tidur, sebenarnya ada cara yang dapat kamu lakukan untuk memberikan tambahan waktu tidur. Sebagai contoh, tidur siang sangat umum di beberapa negara, seperti Spanyol dan Meksiko. Dan jadwal tidur semacam itu adalah siklus biphasic. Siklus ini memiliki  2 periode tidur, yaitu tidur panjang di malam hari dan tidur pendek di siang hari.

Berikut cara-cara menyisihkan lebih banyak waktu untuk menyesuaikan jadwal tidur kamu :

  • Siklus Biphasic
Kenali Manfaat Siklus Tidur Biphasic bagi Tubuh

Tidur biphasic adalah siklus tidur termudah untuk beradaptasi. Secara total, kamu akan mendapatkan 6 – 6,5 ​​jam tidur per hari, yang didistribusikan menjadi 2 periode. Salah satu pilihannya adalah tidur 6 jam di malam hari dan tidur 20 menit di tengah hari. Pilihan lain adalah tidur 5 jam di malam hari, tetapi tidur 1 – 1,5 jam di siang hari.

Sangat wajar untuk merasa mengantuk di tengah hari, dan tidur biphasic memungkinkan kamu untuk mengobati kantuk ini. Tidur siang memiliki banyak manfaat seperti dapat meningkatkan daya ingat kamu, meningkatkan suasana hati , menghilangkan stres, dan membuat kamu merasa lebih waspada. Tidur siang juga sehat bagi jantung kamu. Secara umum, jadwal tidur ini menciptakan lebih banyak waktu luang dalam sehari bagi kamu untuk menjadi lebih produktif.

  • Siklus Uberman
Uberman Polyphasic Sleep ....sleeping for 20 minutes every 4 hours ...

Siklus Uberman adalah jadwal tidur yang sangat ekstrem. Siklus ini terdiri dari 6 – 20 menit tidur siang, dengan 3 jam dan 40 menit bangun di antaranya. Sangat sulit untuk beradaptasi dengan siklus Uberman. Memiliki siklus tidur seperti ini bisa sulit dipertahankan jika kamu memiliki pekerjaan penuh waktu. Ini juga akan menghalangi kegiatan sosialisasi, karena kamu harus mengikuti tidur siang kamu.

Di sisi lain, Siklus Uberman memberikan manfaat bagi kamu karena kamu akan memiliki banyak waktu luang untuk tidur. Siklus Uberman  mungkin bekerja lebih baik untuk orang-orang yang kekurangan tidur.

  • Siklus Dymaxion

Siklus tidur Dymaxion terlihat mirip dengan siklus tidur Uberman. Ada juga yang hanya 2 jam tidur, tetapi mereka didistribusikan antara 4 – 30 menit tidur siang, dengan 5 jam dan 30 menit periode bangun di antaranya. Karena periode bangun pada siklus ini lebih lama, maka memungkinkan untuk lebih fleksibel dalam jadwal aktivitas kamu.

  • Siklus Everyman
Cara Mengikuti Pola Tidur Polifase (dengan Gambar) - wikiHow

Ada 5 versi dari siklus Everyman. Yang pertama identik dengan siklus tidur biphasic, yaitu 6 jam tidur di malam hari dan 20 menit tidur di siang hari. Yang kedua adalah tidur 4,5 jam di malam hari, dan 2 tidur siang selama 20 menit di siang hari. Siklus ini dapat bekerja dengan baik untuk orang-orang yang memiliki pekerjaan paruh waktu, termasuk mahasiswa yang memiliki waktu untuk tidur siang sebelum, setelah, atau di antara pergantian kelas.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/mau-tidur-kamu-berkualitas-coba-ini-deh/

http://www.tampilcantik.com/ternyata-tidur-terlalu-lama-dan-berlebihan-tidak-bagus-untuk-kesehatan-lho-berikut-alasannya/

http://www.tampilcantik.com/kenapa-sih-tidur-itu-penting/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Kesalahan Charge HP yang Harus Kamu Hentikan

Setiap hari orang-orang mengisi daya HP, entah itu