Setelah menyadari bahwa ada orang toxic dalam hidup kamu, langkah penting selanjutnya adalah melepaskan mereka. Tentu saja melepas atau menyingkirkan seseorang dari hidup kita jauh lebih mudah untuk diucapkan daripada dilakukan. Jika kita benar-benar melepaskan orang tersebut, besar kemungkinan, aktivitas sehari-hari kita akan terdampak karenanya. 

Meskipun begitu, tetap ada alasan kuat tentang mengapa kamu perlu menyingkirkan orang toxic. Temukan alasan-alasan penting mengapa kamu tidak boleh ragu untuk melepaskan dari dari orang toxic :

  1. Orang toxic dapat mempengaruhi kamu secara fisik

Menurut para ahli, berada dalam hubungan yang toxic bersama orang yang toxic, tidak hanya berdampak besar bagi kesehatan mental kita, tapi juga kesehatan jantung. Orang yang tetap bertahan dalam hubungan yang toxic cenderung memiliki risiko lebih tinggi dalam mengalami masalah jantung. Mereka mungkin berisiko mengalami masalah kesehatan lain, seperti tekanan darah tinggi, kadar gula darah meningkat, dan obesitas.

  1. Orang toxic bisa menghancurkan harga diri kamu

Bertahan dengan orang toxic dapat merusak harga diri kamu dan membuat kamu percaya bahwa kamu pantas untuk merasa buruk terhadap diri kamu sendiri. Perlu kamu ketahui, hal negatif yang terjadi dalam hidup kamu akibat hubunganmu dengan orang toxic, tidak akan membuat kamu menjadi hebat dan tahan banting. Hubungan toxic hanya akan menyebabkan kecemasan, stres, dan depresi. Cobalah untuk bijaksana dan perhatikan kesehatan mental dirimu sendiri.

  1. Orang toxic membuat kamu terlalu bergantung pada orang lain

Orang toxic suka membuat semua keputusan penting sendiri, bahkan mereka juga membuat keputusan untuk hidup kamu. Mereka mencoba mengendalikan setiap aspek kehidupan kamu. Ketika itu terjadi, perlahan-lahan kamu akan kehilangan individualitas kamu. Meski ini adalah hidupmu, tapi kamu justru harus berjuang untuk membuat keputusan sendiri.  Tidak masuk akal, bukan?

  1. Orang toxic membuat kamu mengabaikan kebutuhan kamu

Hubungan yang buruk dengan orang toxic bisa membuat kamu merelakan dan meninggalkan hobi favorit kamu, bahkan tanpa kamu sadari. Melakukan segala hal demi kepentingan dan kenyamanan orang lain, pada gilirannya akan membuat kamu mengabaikan keinginan kamu sendiri. Kamu akan mengorbankan waktu, tenaga, uang, dan kesehatan diri kamu. 

  1. Orang toxic bisa membuat kamu sulit untuk mempercayai orang lain

Berada di sekitar orang-orang toxic dapat membuat kamu percaya bahwa setiap orang itu sama. Mereka akan mengubah perspektif kamu tentang dunia. Kamu mungkin akan memiliki masalah kepercayaan atau trust issue. Kamu menjadi ragu untuk memberi orang lain kesempatan, karena kamu berpikir dia sama seperti orang toxic yang pernah kamu temui. 

Apakah kamu pernah berada dalam hubungan yang toxic

Jika ya, bagaimana kamu keluar dari hubungan tersebut?

Atau mungkin, sampai sekarang kamu masih berada dalam hubungan toxic?

Mulai sekarang, prioritaskan hidup kamu bagi diri kamu sendiri. Orang yang benar-benar menyayangi kamu, akan bahagia ketika melihat kamu bahagia. Dan satu-satunya orang yang dapat membuat kamu bahagia adalah dirimu sendiri. So, mulai sekarang, cintai diri kamu dan jadikan diri kamu sebagai orang terpenting dalam hidupmu.

Baca Juga :

Kenali Toxic Positivity yang Buruk Bagi Kesehatan Mentalmu

5 Tanda Ini Menunjukkan Bahwa Kamu Dibesarkan di Keluarga yang Toxic

6 Kalimat Dukungan yang Ternyata Toxic dan Berbahaya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tidak Sampai 10 Menit, Rangkaian Olahraga Ini Akan Melatih Kaki dan Pantat Kamu

Olahraga sejatinya adalah kebutuhan setiap orang. Namun terkadang,