Tahukah kamu? Memiliki kulit cantik sebenarnya tidak hanya tergantung pada aktor genetik, melainkan tentang cara merawat kulit sehari-hari. Memiliki kulit cantik sejak lahir tidak akan menjamin kulit akan cantik selamanya, jika tidak diimbangi dengan perawatan yang baik. Sebaliknya, kulit yang biasa-biasa saja bisa menjadi cantik ketika dirawat dengan baik. 

Tidak perlu khawatir pada biaya perawatan kulit yang cenderung mahal. Kamu dapat memanfaatkan bahan alami di sekitar untuk merawat kulit. Berikut beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk perawatan supaya kulit makin cantik bercahaya. 

  1. Madu murni

Madu murni dikenal berkat sifat anti-bakterinya yang baik pada kulit, terutama bagi kulit berjerawat. Pemilihan madu akan sangat berpengaruh pada efektivitas. Jadi, usahakan untuk memilih madu yang paling murni atau madu mentah. Sebelum melakukan perawatan dengan mengoleskan madu pada wajah, kamu harus melakukan uji coba dulu untuk memastikan kamu tidak alergi dengan madu. 

  1. Kayu Manis

Tidak hanya enak dinikmati sebagai campuran roti atau minuman, kayu manis juga dapat kamu manfaatkan untuk merawat kulit. Kayu manis dapat melindungi sel-sel kulit kamu karena memiliki sifat antioksidan. Ternyata, beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kayu manis mampu meningkatkan kolagen yang tentunya sangat bermanfaat bagi kulit. 

Jika kamu ingin menggunakannya sebagai masker, maka buatlah pasta masker dengan mencampurkan kamu 3 sendok madu mentah dan 1 sendok kayu manis bubuk. Campur hingga rata, kemudian oleskan pada wajah sebagai masker. 

Sebelum melakukan perawatan, uji coba terlebih dahulu untuk memastikan kamu tidak alergi pada kayu manis. 

  1. Wortel

Wortel adalah bahan makanan yang kaya akan potasium. Karena itu, wortel dapat memberikan kelembapan pada kulit kering.  Selain itu, berkat kandungan Vitamin A yang  tinggi, wortel juga dapat menghilangkan kelebihan minyak pada wajah dan menghilangkan racun. Tak hanya itu, wortel juga mengandung beta-karoten yang dapat melindungi kulit dari bahaya sinar UV dan membantu kamu melawan tahap awal penuaan. 

Sangat bermanfaat, bukan?

Untuk melakukan perawatan dengan wortel, kamu perlu membuat masker dengan mencampurkan wortel dan gel lidah buaya atau madu. 

  1. Blueberry

Kaya akan vitamin C dan K, blueberry dapat dimanfaatkan untuk merawat luka pada kulit. Dengan bluberry, luka pada kulit akan lebih cepat sembuh. Tapi, bukan berarti kamu harus mengoleskan buah blueberry mentah secara langsung ke kulit, ya. Cara perawatannya tidak demikian.

Hal yang perlu kamu lakukan adalah memakan semangkuk blueberry lezat. Dengan begitu, blueberry akan mengobati kulit dari dalam. 

Jika ingin menambahkan blueberry pada masker, kamu dapat mencampurkan ekstrak blueberry dengan yoghurt, kemudian mengoleskannya pada wajah. Perawatan ini dapat meremajakan kulit, meningkatkan produksi kolagen, dan melawan penuaan diri. Selain bermanfaat bagi kulit, makan banyak blueberry juga dapat meningkatkan sirkulasi darah. 

  1. Kayu Cendana

Kayu cendana terkenal dengan aromanya yang sedap, cocok untuk berbagai produk wewangian. Namun, tahukah kamu, ternyata bubuk cendana juga baik untuk perawatan kulit, loh. 

Perawatan dengan bubuk cendana dapat membantu mengurangi peradangan, keriput, bahkan psoriasis. Terdapat pula penelitian yang menunjukkan bahwa bubuk cendana mampu mengobati jerawat. 

Bagaimana cara perawatannya?

Kamu perlu mencampurkan 2 sendok makan bubuk cendana dengan 1 sendok makan air mawar. Aduk rata sampai menjadi pasta, kemudian oleskan pada wajah sampai merata. Biarkan selama 10-15 menit, lalu bilas sampai bersih. 

Baca Juga :

Penyebab Jerawat dan Cara Menghilangkannya dengan Bahan Alami

Cara Melembutkan Kulit Kaki dengan Bahan Alami

5 Cara Mudah Hilangkan Ketombe dengan Bahan Alami

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ini 5 Rahasia Skincare Dakota Johnson, Kamu Harus Coba!

Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan aktris