etiap orang pasti pernah mengalami rambut berminyak. Entah itu rambut berminyak karena olahraga intens, atau rambut berminyak dan lepek karena berhari-hari tidak keramas. Terlepas dari kedua faktor tersebut, ada satu faktor lagi yang bisa membuat rambut jadi berminyak, yaitu kamu memang memiliki jenis rambut berminyak.

Jenis rambut berminyak tidak dapat terhindarkan. Orang dengan jenis rambut berminyak memang menghasilkan minyak lebih daripada yang lain. Hal ini sering kali mengganggu dan merusak penampilan. Apalagi, jika tidak sering dibersihkan, maka minyak berlebih akan membuat kulit kepala menjadi gatal.

Apakah ada solusi untuk rambut berminyak?

Jawabannya adalah ada. Kamu bisa mulai melakukan beberapa hal berikut ini untuk mengobati rambut berminyak. Pastikan kamu melakukannya secara rutin, ya.

  1. Gunakan cuka sari apel

Cuka sari apel memiliki sifat astringen yang membantu menghilangkan minyak berlebih pada kulit, termasuk kulit kepala. Bila diencerkan dengan benar, cuka sari apel akan membantu menyeimbangkan pH pada kulit kepala, mencegah penumpukan produk perawatan rambut, dan menjaga keseimbangan minyak pada kulit kepala. 

Untuk mencoba perawatan ini, kamu perlu keramas dengan bersih, kemudian bilas rambut kamu dengan campuran air dan cuka sari apel. Campurkan tiga sendok makan cuka sari apel dengan satu gelas air hangat, lalu basahi atau bilas kulit kepala dengan campuran tersebut. 

Pastikan kamu mendiamkan larutan cuka sari apel selama 5 sampai 10 menit sebelum membilasnya dengan air dingin. Jika ingin hasil maksimal, lakukan sebanyak 3 sampai 4 kali dalam seminggu secara rutin. 

  1. Pakai kondisioner HANYA pada ujung rambut

Tidak peduli apakah jenis rambut kamu berminyak atau kering, produk kondisioner tetap diperuntukkan untuk batang rambut saja, tidak untuk kulit kepala. Jangan pernah mengoleskan kondisioner ke kulit kepala kamu, karena itu akan membuat produk menumpuk di kulit kepala dan membuatnya semakin berminyak. 

Produk perawatan rambut yang diperuntukkan bagi kulit kepala adalah sampo. Sedangkan, kondisioner hanya untuk bagian ujung sampai tengah rambut saja.

  1. Jangan terlalu sering menyisir rambut 

Meskipun kamu mungkin tergoda untuk menyisir rambut saat merasa rambut kamu lepek atau berminyak, cobalah untuk menahannya. Karena, menyisir rambut dapat menghasilkan lebih banyak minyak. Ketika kamu menyisir rambut, kamu pun menyebarkan minyak dari kulit kepala ke seluruh bagian rambut. Inilah yang membuat rambut jadi makin lepek jika kamu terlalu sering menyisirnya.

Selain itu, kamu juga harus rajin mencuci sisir rambut sampai bersih sebelum digunakan, terlebih setelah kamu keramas. Jika menggunakan sisir rambut kotor setelah keramas, maka minyak dan kotoran pada sisir akan menempel kembali ke rambutmu yang sudah bersih. Tentu kamu tidak ingin hal itu terjadi, bukan?

  1. Berhenti menyentuh rambutmu

Kebiasaan menyentuh rambut harus kamu hentikan jika ingin rambutmu bebas minyak. Kamu harus menyingkirkan tanganmu dari rambut. Sebab, menyentuh rabut secara berlebihan justru dapat merangsang rambut untuk menghasilkan lebih banyak sebum. Selain itu, menyentuh rambut dengan tangan juga bisa memicu minyak di jarimu berpindah ke rambut.

  1. Biarkan rambut terurai, jangan diikat

Tahukah kamu, menyanggul atau mengikat rambut ternyata bisa membuat minyak alami rambut terperangkap pada kulit kepala. Dengan mengikat rambut, maka minyak pada kulit kepala tidak bisa bergerak ke bawah batang rambut. Hal ini membuat kulit kepala kamu semakin berminyak, sementara ujung rambut menjadi kering dan bercabang. Karena itu, jangan terlalu sering mengikat rambut, ya!

Baca Juga :

REVIEW: Pantene Anti Lepek Kondisioner

Gestur Romantis Cowok yang Jadul Tapi Masih Bikin Cewek Klepek-Klepek

Surat Cinta Masih Romantis Kok! Bikin Hatinya Klepek-Klepek Dengan Cara Berikut Ini!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Jangan Lakukan 4 Hal Ini pada Pagi Hari Jika Ingin Kulit Tetap Sehat dan Cantik

Untuk menjaga kulit tetap sehat, cantik, dan terawat,