Kamu mungkin sudah tak asing dengan ketombe kering berupa serbuk berwarna putih yang sering terlihat di rambut atau ditemukan di pakaian berwarna gelap. Namun, bagaimana dengan ketombe basah?

Ketombe basah terjadi saat produksi sebum atau kelenjar sebaceous berlebihan, sehingga muncul sisik berminyak di kulit kepala. Sisik berminyak inilah yang disebut ketombe basah. Sisik lembap ini akan terus menempel pada kulit kepala dan rambut sehingga membuat kulit kepalamu gatal. Jika kamu menggaruk dengan tangan saat kukumu jarimu panjang, maka kamu akan menemukan ketombe basah menempel di kuku. 

Penyebab Ketombe Basah 

Berikut beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan ketombe basah muncul di kulit kepala dan rambut :

  • Kamu tidak keramas dengan baik

Tidak keramas secara teratur akan menyebabkan produksi minyak berlebih yang menempel di kulit kepala dan memicu munculnya ketombe basah. 

  • Kulit berminyak 

Ini adalah penyebab paling umum dari timbulnya ketombe basah. Jika kamu memiliki jenis kulit berminyak, maka kulit kepala, kulit alis, kedua sisi hidung, bahkan ketiak dapat terpengaruh. Kulit kepala berminyak, pada akhirnya dapat menyebabkan ketombe basah.

Cara Menyembuhkan Ketombe Basah 

Berikut beberapa perawatan rumahan yang dapat membantumu menyembuhkan ketombe basah. 

  1. Sampo anti ketombe

Gunakan sampo anti-ketombe yang mengandung asam salisilat untuk keramas. Bahan ini akan membantu menghilangkan sisik pada kulit kepala. Selain itu, Penerapan kondisioner dengan cara yang benar. Jangan mengoleskan kondisioner pada kulit kepala, melainkan cukup pada ujung dan batang rambut saja. 

  1. Hindari pengering rambut 

Jangan gunakan pengering rambut untuk mengeringkan rambutmu setelah keramas. Cukup diamkan saja sampai rambut mengering dengan sendirinya. Hal ini karena pengering rambut bisa membuat kulit kepala jadi kering. Kulit kepala kering akan memicu lebih banyak ketombe muncul. 

  1. Pijat kulit kepala dengan sisir saat keramas

Gunakan sisir rambut khusus untuk memijat kulit kepala setiap kali kamu keramas. Bulu pada sisir akan merangsang kulit kepala dan membersihkannya dengan lebih baik. Kulit kepala yang bersih adalah cara terbaik untuk mencegah minyak berlebih yang menyebabkan ketombe basah. 

  1. Buat masker telur

Kocok dua butir telur, campurkan dengan dua sendok makan air. Basahi rambut, lalu oleskan masker telur pada rambut dan kulit kepala. Sambil mengoleskan masker, pijat kulit kepala dengan lembut. Diamkan masker selama 10 – 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih. 

  1. Pijat kulit kepala minyak zaitun atau olive oil

Pijat  rambut dan kulit kepala dengan minyak zaitun atau minyak wijen hangat. Lakukan pada malam hari, dan pada keesokan paginya, oleskan sedikit air jeruk nipis pada kulit kepala. Diamkan selama satu jam, kemudian keramas sampai bersih. 

  1. Buat masker lemon dan cuka

Campurkan satu sendok jus lemon dengan dua sendok cuka. Gunakan campuran cuka dan lemon untuk memijat kulit kepala. Diamkan beberapa saat, lalu keramas sampai bersih. 

  1. Buat masker lidah buaya dan lemon

Ambil lidah buaya, gosokkan gel lidah buaya pada kulit kepala dengan lembut. Kamu juga bisa membuat masker dengan mencampurkan gel lidah buaya dan air lemon, lalu oleskan pada kulit kepala sambil dipijat dengan lembut. Diamkan semalaman, kemudian keramas keesokan harinya. 

Baca Juga :

Frustrasi Karena Ketombe? Inilah 7 Kebiasaan yang Membuat Rambutmu Berketombe

5 Cara Mudah Hilangkan Ketombe dengan Bahan Alami

Tahukah Kamu Ternyata Listerine Juga Bisa Membasmi Masalah Ketombe???

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Jangan Lakukan 4 Hal Ini pada Pagi Hari Jika Ingin Kulit Tetap Sehat dan Cantik

Untuk menjaga kulit tetap sehat, cantik, dan terawat,