Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah bahwa keputihan adalah hal yang normal dan sebenarnya baik untuk kesehatan vagina Anda.

Keputihan adalah cairan yang membantu menjaga vagina kita tetap bersih dan bebas infeksi. Ini adalah ‘cairan’ bening atau kekuningan yang Anda lihat di celana dalam Anda, terutama saat menstruasi Anda sudah dekat. Tetapi warna keputihan & tekstur dapat berubah seiring bertambahnya usia.

Dalam hal keputihan, sangat penting bagi Anda untuk memperhatikannya dan melacak warna, tekstur, dan baunya, karena beberapa perubahan bisa menjadi tanda kondisi kesehatan mendasar yang tidak dapat Anda abaikan. Tanda-tanda itu bisa berupa- keputihan yang banyak dan kental, keputihan yang lebih gelap dengan bau yang kuat dan menyengat, dll. Namun sebelum Anda memeriksa celana dalam, sebagaimana mestinya, ketahui lebih lanjut tentang penyebab dan jenis keputihan.

  1. Warna Putih

Keputihan adalah pemandangan umum saat Anda sedang menstruasi atau di akhir siklus. Biasanya lebih tebal & lengket dalam konsistensi dan tidak memiliki bau yang kuat. Alasan keputihan hanyalah pelumasan yang sehat dan vagina yang sehat.

  1. Bening

Anda mungkin melihat bintik-bintik keputihan yang jernih di celana dalam Anda selama ovulasi yang memiliki keputihan yang jernih. Ini juga memiliki sedikit bau yang tidak mengganggu. Anda mungkin juga melihat jenis keputihan yang serupa saat Anda hamil atau terangsang secara seksual. Yup, itu benar-benar normal dan tidak perlu merasa malu.

Terkadang vagina Anda mungkin terasa sangat basah atau kotor karena keluarnya cairan bening, namun Anda tidak perlu khawatir. Anda bisa mengatasinya dengan mencuci area kewanitaan Anda dan menjaga agar tidak lembab.

  1. Kental

Terkadang cairan bening Anda mungkin lebih kental dari biasanya. Ini menunjukkan bahwa Anda sedang berovulasi. Anda baik-baik saja jika tidak gelap atau abu-abu atau terasa seperti gumpalan kubus!

  1. Bercak Coklat

Anda mungkin melihat keputihan berwarna coklat dan hampir berdarah tepat setelah menstruasi atau sebelum siklus menstruasi Anda dimulai. Ini dikenal sebagai bercak. Ini dapat menghasilkan bau yang kuat, tajam, jenis besi yang mungkin membuat Anda tidak nyaman. Terus cuci dengan air dingin sepanjang hari.

Bercak juga bisa menandakan kehamilan, terutama jika Anda melihatnya beberapa minggu sebelum Anda melakukan hubungan seksual. Dan jika flek terjadi saat tanda-tanda awal kehamilan, maka segera konsultasikan ke dokter karena bisa jadi itu merupakan tanda keguguran.

  1. Kekuningan/Hijau

Keputihan berwarna kuning pucat biasanya berupa keputihan yang berubah warna setelah terpapar udara. Dan tidak, itu tidak mengkhawatirkan karena itu terjadi pada yang terbaik dari kita. Tetapi jika keputihan Anda kental, kental dan berwarna kuning gelap, saat itulah Anda harus segera ke dokter.

Sekarang setelah kita berbicara tentang keputihan dan apa arti dari jenis yang berbeda secara berlebihan, mari kita bicara tentang praktik umum yang perlu Anda pertahankan – untuk menjaga kebersihan vagina Anda. Keputihan terjadi setiap hari dan bersamaan dengan kencing, dapat membuat bau vagina Anda sangat kuat dan juga dapat menyebabkan gatal-gatal pada vagina dalam beberapa kasus.

Baca Juga :

Cegah Keputihan dengan Cara Cerdas Ini

Obati Keputihan Secara Alami dengan Bahan Ini

Wow, Pisang Bisa Atasi Masalah Keputihan Loh

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

9 Manfaat Luar Biasa dari Jambu Biji untuk Kulit Anda

Manfaat daun jambu biji banyak sekali. Merebus daun