Kadang, kita gagal menurunkan berat badan padahal kita telah berkomitmen terhadap kebiasaan-kebiasaan diet baik: mengontrol porsi makan, menjauhi makanan siap saji, makan di jam-jam yang tepat, makan bergizi. Dan kita bertanya-tanya, kita apa?

Kesalahan terbesar yang biasa dilakukan orang-orang ketika tengah berusaha menurunkan berat badan adalah memulai hari mereka dengan caya yang salah. Awal hari menciptakan pondasi penting terhadap pilihan-pilihan yang kita buat sepanjang hari, sehingga sangat penting untuk menciptakan kebiasaan baik dari pagi.

Berikut adalah kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering kita lakukan pada pagi hari.

1. Tidur terlalu lama

Kita sering mendengar bahwa kurang tidur bisa menyebabkan naiknya berat badan, karena nafsu makan yang naik. Namun, ternyata terlalu banyak tidur juga tidak baik. Sebuah studi yang diterbitkan oleh jurnal PLOS One menemukan bahwa tidur lebih dari 10 jam semalam juga meningkatkan resiko memiliki BMI lebih tinggi dari mereka yang tidur hanya 7-9 jam semalam.

2. Kamu bersiap-siap dalam gelap

Jika kamu tidak membuka tirai ketika kamu bangun tidur, kamu bisa kehilangan manfaat baik cahaya matahari. Hal ini didasari oleh studi lain yang juga diterbitkan PLOS one. Menurut para peneliti, mereka yang mendapati sinar matahari pada pagi hari punya BMI yang secara signifikan lebih rendah dibanding mereka yang tidak, tanpa melihat seberapa banyak mereka makan. Sekitar 20 hingga 30 menit cahaya matahari bisa mempengaruhi BMI kita, bahkan jika masih terlapisi jendela. Ini karena tubuh kini bersinkronisasi menggunakan jam internal menggunakan gelombang cahaya biru dari matahari pagi sebagai panduannya. Karena itulah penting untuk mendapatkan siraman surya agar metabolisme tubuh kita mulai lebih cepat.

3. Kamu tidak merapikan tempat tidurmu

Menurut survei dari A National Sleep Foundation, mereka yang tidak merapikan tempat tidur beresiko 19% lebih mungkin mengalami tidur yang tidak nyenyak dibandingkan mereka dengan tempat tidur rapi. Tidur nyenyak bisa membuat BMI kita menjadi lebih rendah. Sehingga, sudah waktunya melakukan kebiasaan baik ini. Bahkan, menurut Charles Duhigg, penulis dari buku The Power of Habit, merapikan tempat tidur pada pagi hari bisa menstimulasi kebiasaan-kebiasaan baik lain seperti menyiapkan makan siang yang lebih sehat serta tidak membuang-buang anggaran.

4. Tidak kebiasaan menimbang rutin

Penelitian dari Cornell University mendemonstrasikan bahwa pria dan wanita yang menimbang berat badan mereka setiap hari biasanya lebih sukses menjaga dan menurunkan berat tersebut. Waktu terbaik untuk melakukannya adalah pada pagi hari, ketika berat badan kita pada posisi terendahnya. Pengukurannya bukan hanya lebih akurat karena berat air tak terlalu membebani kita, namun, kita juga bisa membuat penyesuaian diet pada hari itu jika ternyata hasilnya tak sesuai harapan.

5.  Sarapan terlalu sedikit

Mereka yang sempat sarapan seimbang dengan 600 kalori yang tersusun atas protein sehat, karbohidrat, dan sedikit gula ternyata mengalami rasa lapar dan keinginan makan lebih sedikit sepanjang hari dibanding mereka yang hanya sarapan 300 kalori Selain itu, mereka juga bisa lebih patuh terhadap batasan kalori. Hal ini karena memenuhi rasa lapar pagi hari bisa membantu kita merasa kelaparan dan menjadi membabi-buta seharian.

Baca juga Jangan Kaget Lihat Cara Diet Ini! Tiap Negara Punya Cara Diet Yang Ekstrem.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Apa yang Sebenarnya Terjadi Ketika Lalat Hinggap di Makanan Kamu?

Lalat hampir selalu ada di mana-mana, mulai dari