Tahukah kamu? Usia 20-an adalah masa di mana kamu sudah harus membentuk kebiasaan perawatan kulit yang konkret. Pembentukan kebiasaan baik sejak usia 20-an akan membantu kamu mendapatkan kulit yang cantik di tahun-tahun mendatang.

Selain membiasakan kebiasaan baik, ada juga beberapa kebiasaan buruk yang harus segera kamu hentikan saat ini juga. Beberapa kebiasaan buruk tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Memakai alat make up yang kotor 

Membersihkan alat make up yang dipakai setiap hari memang sering membuat kita malas. Tapi tidak peduli seberapa malasnya kamu, membersihkan alat make up seperti spons dan brush adalah kewajiban. Karena, alat make up yang kotor akan berbahaya bagi kulit.

Selain mengandung sisa produk make up, brush dan spons bekas juga bisa membawa kotoran, debu, dan minyak wajah. Bayangkan jika kamu memakainya setiap hari. Betapa banyak bakteri dan jamur yang tinggal di dalamnya. Apalagi jika alat make up kamu sampai mengeluarkan bau apek. Tentu saja ini akan memicu iritasi kulit, jerawat, bahkan infeksi serius. 

Jika tak ingin itu terjadi, cuci alat make up kamu sampai bersih setidaknya setiap satu minggu sekali. 

  1. Pembersihan wajah yang berlebihan

Menggosok kulit dengan kuat, bukanlah cara untuk membersihkan kulit secara efektif. Justru sebaliknya, jika kamu terlalu berlebihan dalam membersihkan kulit, maka metode itu akan membuat wajah semakin berminyak. Untuk itu, kamu perlu waspada terhadap scrub yang terlalu kasar atau keras. 

Jika kulit kamu terasa perih atau meradang setelah kamu mencuci wajah, maka itu adalah tanda bahwa kamu berlebihan dalam membersihkan wajah. 

  1. Mempertahankan produk yang sudah jelas-jelas tidak cocok

Apakah kamu pernah bertanya-tanya apakah produk kecantikan favorit kamu benar-benar berfungsi? Atau apakah kamu pernah mengalami saat di mana kamu merasa sayang ketika harus membuang produk kecantikan yang baru saja kamu beli karena produk itu tidak cocok untuk kulit?

Nah, jika hal itu terjadi, yang perlu kamu lakukan adalah mengganti produk. Suka tidak suka, jika produk yang kamu gunakan sudah tidak efektif lagi atau bahkan membuat kamu tersiksa karena menimbulkan jerawat dan iritasi, tentu kamu perlu segera menggantinya demi kesehatan kulit.

  1. Tidur tanpa membersihkan wajah

Ini adalah kebiasaan buruk yang pasti pernah dilakukan semua orang. Tidak peduli seberapa malas dan capeknya kamu saat pulang kerja, pulang kuliah, atau pulang dari acara malam, kamu harus selalu membebaskan wajah kamu dari make up dan kotoran.

Untuk memudahkan kamu dan mengingatkan kamu tentang hal ini, letakkanlah kapas pembersih dan cairan pembersih di meja terdekat dari tempat tidur kamu, sehingga kamu ingat untuk membersihkan wajah sebelum tidur. Bahkan, cairan pembersih saja tidak cukup. Kamu tetap harus membersihkan wajah dengan facial foam untuk menghilangkan kotoran secara menyeluruh.

  1. Lupa memakai sun screen

Selain melindungi kulit dari sengatan sinar matahari, tabir surya atau sun screen juga dapat mencegah kanker kulit serta melindungi kulit dari penuaan dini. Kandungan SPF di dalamnya akan mencegah kerutan, bintik-bintik, dan mencegah hilangnya elastisitas kulit akibat paparan radiasi ultraviolet matahari. 

Setiap kali kamu berada di bawah sinar matahari, entah itu saat cuaca panas atau mendung, usahakan untuk selalu menggunakan produk make up yang mengandung SPF atau gunakan sun screen sebagai dasar make up kamu. 

Baca Juga :

Cara Mengatur Pengeluaran Bagi Pecinta Skin Care

Tips Skin Care ala Sara Ali Khan

Ini Dia! Urutan Skin Care Malam Yang Tepat Untuk Hasil Yang Maksimal

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Kebiasaan Ini Bisa Membuat Kulit Jadi Kering, Loh

Kamu mungkin merasa jika sudah berhasil menemukan pelembab