Beberapa tahun yang lalu, suplemen makanan dari minyak ikan sempat menjadi tren di masyarakat. Tak heran, minyak ikan memang dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Selain meningkatkan kesehatan jantung, minyak ikan juga mampu meningkatkan memori, sampai membantu program penurunan berat badan.

Tak berhenti di situ saja, ternyata masih ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi minyak ikan. Berikut daftar alasan mengapa kamu perlu rajin mengonsumsi minyak ikan:

  1. Meningkatkan mood

Mengonsumsi minyak ikan secara teratur membantu serotonin bekerja lebih baik dengan mengurangi peradangan otak dan memfasilitasi pelepasannya. Serotonin adalah bahan kimia otak utama yang membantu mengatur suasana hati dan kognisi. Jadi, dengan mengonsumsi minyak ikan, suasana hati kamu akan meningkat dan perilaku sosial kamu pun akan membaik. Pada gilirannya, hal ini akan mempercepat proses pengambilan keputusan dan membuat kamu lebih bahagia.

  1. Mengurangi dampak polusi udara terhadap tubuh

Tahukan kamu, polusi udara mampu mempengaruhi semua organ dan sistem tubuh? Untungnya, suplemen seperti minyak ikan dapat membantu mengurangi kerusakan akibat polusi hingga 30 sampai 50 persen. Bahkan, penelitian terbaru menyebutkan, asam lemak omega-3 yang ada dalam minyak ikan dapat mencegah dan mengobati peradangan dan stres oksidatif yang disebabkan oleh polusi udara.

  1. Melindungi indra pengelihatan

Konsumsi minyak ikan secara teratur dapat mencegah sindrom mata kering dan memelihara kesehatan mata. Studi terbaru menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dapat membantu menjaga tingkat kelembapan mata yang sehat dan mendukung produksi air mata.

  1. Kulit akan semakin cantik

Berkat kemampuannya untuk memulihkan membran sel, asam lemak omega-3 dalam minyak ikan benar-benar bekerja memperbaiki sel-sel kulit yang rusak dari dalam. Efek anti-inflamasi yang kuat, membantu mengurangi kemerahan dan iritasi. Sehingga, mengonsumsi minyak ikan akan membuat kulit kamu semakin sehat dan cantik.  

  1. Membantu mengurangi berat badan

Tentu saja kamu tidak mungkin menurunkan berat badan tanpa olahraga dan tanpa menerapkan pola makan sehat. Tetapi, dengan menambahkan suplemen minyak ikan dalam menu harian kamu, maka kamu dapat mempercepat proses penurunan berat badan.

Hal ini terjadi karena dengan mengonsumsi minyak ikan, nafsu makan kamu akan berkurang dan program olahraga akan lebih efektif. 

  1. Membantu mengobati depresi

Menurut penelitian, suplemen asam lemak omega-3 bermanfaat untuk membantu mengobati depresi berat. Para ilmuwan memang masih belum yakin tentang hal ini, tetapi mereka yakin bahwa peningkatan omega-3 memiliki efek secara langsung pada kadar serotonin. Selain itu, telah dibuktikan bahwa tingkat depresi cenderung lebih rendah di negara-negara dengan tingkat konsumsi ikan yang lebih tinggi.

  1. Menguatkan sistem kekebalan tubuh 

Makanan kaya omega-3 dapat sangat meningkatkan aktivasi dan jumlah sel B di dalam tubuh. Oleh karena itu, kemampuan tubuh untuk melawan penyakit pun semakin kuat. Itu artinya, minyak ikan yang kaya akan omega-3 dapat membantu sistem kekebalan tubuh kamu.

  1. Menguatkan tubuh selama kehamilan

Asam lemak omega-3 adalah nutrisi penting yang digunakan untuk membentuk otak, mata, dan sistem saraf janin. Bagi seorang ibu hamil, omega-3 sangat penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh dan suasana hati pascapersalinan.

Itulah beberapa manfaat dari minyak ikan bagi kesehatan tubuh. Tapi, perlu diingat, kamu tidak boleh mengonsumsi suplemen minyak ikan tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kamu, apalagi mengonsumsinya secara berlebihan. 

Baca Juga :

Minyak Ikan yang Ternyata Memiliki Segudang Manfaat Untuk Tubuh

Mulailah Konsumsi Minyak Ikan Dari Sekarang! Selain Sehat, Juga Bakal Bikin Kamu Makin Cantik!

Waw! Siapa Sangka Selain untuk Merawat Kecantikan Kulit Ternyata Minyak Zaitun Dapat Membantu Menebalkan Alis Kamu!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Anak Lebih Suka pada Pasangan Kamu? Ini yang Harus Kamu Lakukan

Peristiwa di mana anak lebih dekat atau lebih