Rambut memainkan peran penting dalam kehidupan kita, entah itu kehidupan pria maupun wanita. Masalah rambut bisa sangat mengganggu dan membuat kita menjadi frustrasi. Namun, orang sering ragu jika harus membeli obat-obatan kimia untuk merawat rambut.

Nah, bagi kamu yang sedang mencari alternatif obat alami untuk merawat rambut, 5 perawatan alami berikut dapat membantu rambut kamu tumbuh lebih cepat dan lebih tebal : 

  1. Ekstrak teh hijau

Selain memiliki banyak manfaat kesehatan secara umum, ternyata teh hijau juga dapat membantu menumbuhkan rambut kamu. Sebuah studi menunjukkan bahwa meminum ekstrak teh hijau secara signifikan dapat meningkatkan pertumbuhan rambut setelah 6 bulan. Jika kamu berencana untuk menumbuhkan rambut, cobalah untuk minum teh hijau secara teratur 

  1. Dandelion

Dandelion merupakan tanaman yang mengandung mineral, vitamin, dan sifat anti inflamasi yang berperan penting dalam pertumbuhan rambut. Tanaman ini bisa kamu temukan dengan mudah di Indonesia. Kamu bisa merawat rambut dengan cara berikut:

  • Seduh satu kantong teh akar dandelion dalam air panas selama 10 menit
  • Siapkan biji rami
  • Rebus 2 sendok makan biji rami dalam air selama 5 menit
  • Setelah mendidih, angkat biji rami dari air, lalu tambahkan satu sendok makan madu. Biarkan sampai dingin
  • Campurkan teh dandelion, air biji rami, dan satu sendok makan jus lemon ke dalam botol
  • Kocok hingga semua bahan tercampur
  • Setelah keramas, tuangkan campuran ini ke kulit kepala kamu dan diamkan selama 10 menit dengan menggunakan penutup rambut
  • Setelah didiamkan, bilas dengan air bersih
  1. Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tanaman tradisional lain yang memiliki puluhan khasiat, baik itu untuk kulit maupun untuk penyembuhan penyakit dalam. Lidah buaya dapat menghilangkan residu dari produk kecantikan dan minyak berlebih dari rambut kamu. Ia memiliki tekstur yang lembut dan mengandung vitamin, sehingga dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut dan mencegah rambut rontok.

Kamu bisa merawat rambut dengan cara menyiapkan pelembab rambut berbahan lidah buaya. Caranya siapkan botol, kemudian campurkan secangkir air dan setengah cangkir jus lidah buaya, lalu masukkan ke dalam botol yang sudah kamu siapkan. Kocok sampai merata, dan gunakan campuran tersebut sebelum kamu menata rambut.

  1. Jus bawang merah

Mungkin kamu ragu pada obat alami yang satu ini. Ya, kamu tidak salah baca. Ini adalah jus bawang merah. Memang terdengar aneh, tetapi sebenarnya bahan ini efektif untuk mencegah kerontokan rambut. Sebuah penelitian membuktikan bahwa seseorang yang menggunakan jus bawang merah untuk merawat rambut, ternyata dapat membuat rambut mereka tumbuh kembali.

Berikut cara perawatannya: 

  • Kupas bawang merah, kemudian potong kecil-kecil.
  • Blender bawang merah, lalu ambil sarinya. 
  • Oleskan sari atau jus bawang merah ke kulit kepala kamu.
  • Mengoleskan jus bawang merah dua kali sehari ke rambut kamu selama sekitar 6 minggu dapat memberikan hasil yang maksimal.
  1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah bahan multifungsi yang bisa kamu pakai untuk melakukan perawatan rambut. Jika dibandingkan dengan minyak perawatan rambut lainnya, minyak kelapa adalah satu-satunya bahan yang dapat mengurangi kerusakan rambut saat digunakan untuk merawat rambut sebelum keramas maupun sesudah keramas.

Cobalah untuk mengoleskan minyak kelapa sebelum keramas atau setelah keramas, untuk mendapatkan rambut panjang yang sehat.

Baca Juga :

Tips Agar Rambut Tumbuh Subur dengan Beberapa Latihan Sederhana

Apakah Rambut Tumbuh Lebih Cepat Ketika Dipotong Secara Rutin? Jika Kamu Penasaran, Berikut Ini Beberapa Mitos Dan Kebenaran Perawatan Rambut

Bingung Karena Rambut Tumbuh di Dagu? Atasi dengan cara ini

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ingin Rambut Tumbuh Lebih Cepat? Coba 7 Trik Berikut

Rambut kamu sulit tumbuh atau butuh waktu lama