Rambut sering kali sangat sulit untuk dirawat. Tidak peduli bagaimana pun jenisnya, merawat rambut tetap menjadi sebuah tantangan tersendiri. Untuk menjaga rambut tetap dalam kondisi prima, umumnya wanita mencari produk perawatan rambut agar rambut tetap subur.

Tapi tahukah kamu? Sebenarnya ada beberapa latihan sederhana yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah untuk membantu rambut tumbu subur. Apa saja latihan itu? Berikut jawabannya!

  • Pemanasan Kulit Kepala

Untuk pertumbuhan rambut, sirkulasi darah ke kulit kepala adalah faktor yang sangat penting. Kamu dapat meningkatkan sirkulasi ini dengan cara latihan pijat kulit kepala secara sederhana. Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah, kok. Caranya :

  • Mulailah dari puncak kepala kamu dan mulailah menggosokkan jari-jari kamu ke kulit kepala, dengan gerakan memutar.
  • Teruskan dengan memijat sisi dan punggung, dengan cara yang sama, selama sekitar 5 – 10 menit sehari.

Kamu juga dapat dengan mudah melakukan beberapa latihan kulit kepala tanpa gerakan tangan. Caranya :

  • Angkat alis setinggi mungkin dan tahan posisi itu selama 2 menit sebelum kembali ke posisi istirahat. (Ulangi 2 kali)
  • Angkat alis kamu setinggi mungkin dan tetap dalam posisi itu selama 3 menit sebelum kembali ke posisi istirahat.

Selain meningkatkan pertumbuhan rambut, latihan-latihan ini juga bisa menghilangkan ketegangan dan stres.

  • Pijat Kepala ala India

Pijat kepala India adalah praktik kuno berdasarkan Ayurveda, yang berusia lebih dari 1.000 tahun. Pijatan ini melibatkan gerakan ritmis ke titik akupresur yang disebut titik Marma. Berikut cara latihannya :

  • Dorong perlahan jari kamu dengan kedua tangan ke kulit kepala, lalu gosok. Ulangi proses ini 2 atau 3 kali, dengan tekanan yang nyaman bagi kamu.
  • Pegang segenggam rambut dan tarik perlahan untuk meredakan ketegangan dari kulit kepala kamu.
  • Dengan menggunakan tumit tangan kamu, tekan pelipis kamu, dan dengan ujung jari kamu mengarah ke atas, lakukan gerakan melingkar yang lambat.
  • Pijat leher kamu, mulai dari bahu hingga tengkuk di kedua sisi. Ulangi proses ini beberapa kali.
  • Pijat dengan ibu jari kamu, buat lingkaran kecil di bagian belakang kepala kamu, tempat pangkal tengkorak bertemu tulang belakang. Pertahankan tekanan pada tingkat yang nyaman.
  • Lanjutkan pijatan ke bahu, dengan satu tangan di bahu yang berlawanan, tekan otot dari pangkal leher ke ujung bahu, lalu turunkan lengan sampai ke siku. Lakukan ini 3 kali sebelum pindah ke bahu lainnya. Kemudian, tenangkan bahu kamu dengan gerakan memutar di area yang sama.
  • Selesaikan latihan dengan menggosok tangan kamu melalui rambut kamu dari bagian depan kepala ke pangkal leher. Ulangi beberapa kali, dan kamu telah selesai menjalani terapi pijat kepala ala India.

Selain menjadi latihan yang bagus untuk menjaga rambut kamu tetap subur, latihan ini juga mengurangi stres dan kecemasan, melemaskan otot-otot (terutama otot di wajah), meredakan ketegangan mata dan insomnia, mengembalikan gerakan sendi, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/hanya-dengan-tips-ampuh-inilah-kamu-bisa-mengatasi-kulit-kepala-yang-mengelupas-dan-rambut-berminyak/

https://www.tampilcantik.com/masker-yang-melembabkan-untuk-mengatasi-kulit-kepala-yang-mengelupas/

https://www.tampilcantik.com/kulit-kepala-berminyak-dan-mengganggu-udah-gak-jaman-lho/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

4 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Rambut Halus pada Wajah

Apakah kamu pernah merasa tidak nyaman dengan tumbuhnya