Apakah kamu pernah menemukan sehelai rambut panjang tumbuh di bagian tertentu pada tubuhmu? Mungkin kamu bisa menemukan rambut ini di tangan, di dagu, di leher, atau pun di kaki. Saat kamu menemukannya, kamu tidak perlu panik. Hal ini adalah normal dan juga telah terjadi pada banyak orang di dunia.

Ketika kita menggaruk leher atau menyentuh lengan kita, terkadang secara tiba-tiba kita menemukan rambut putih yang sangat panjang dan bentuknya sangat tipis. Padahal sepertinya kemarin tidak ada apa-apa, tapi tiba-tiba saja rambut ini muncul, seakan-akan rambut ini tumbuh cepat dalam semalam.

Sekali lagi, kamu tidak sendirian. Jangan mengira bahwa kamu adalah satu-satunya orang di planet Bumi yang memiliki rambut mutan yang tumbuh keluar dari kulit kamu, ketahuilah rambut ini adalah NORMAL.

Nah, untuk mencari tahu dari mana rambut ini berasal, berikut adalah info yang tepat untuk kamu!

Tidak ada istilah khusus

Meskipun begitu banyak dari kita yang mengalami pertumbuhan rambut panjang tipis berwarna putih ini, sebenarnya tidak ada atau belum ada istilah khusus untuk menyebut rambut tipis panjang yang secara random kita temukan di tubuh kita. Namun, ada sebuah teori yang menjelaskan fenomena ini.

Faktor hormon dan genetik

Ahli dermatologi berpendapat, bahwa satu helai rambut yang panjang, tipis, dan umumnya berwarna putih ini disebabkan oleh faktor hormon dan genetik yang membuat rambut tertentu tumbuh lebih panjang daripada yang lain. Lokasi tumbuhnya terkadang tidak normal, karena seperti yang kamu tahu, rambut ini bisa tumbuh di tempat-tempat yang tidak seharusnya. Entah itu dagu, leher, tangan, dsb.

Proses pertumbuhan

Mutasi acak memungkinkan beberapa folikel rambut “terpilih” untuk tinggal lebih lama dalam fase anagen, yaitu fase di mana rambut dapat tumbuh secara aktif. Nah, melalui proses atau fase ini, folikel tunggal memiliki lebih banyak waktu untuk menumbuhkan rambut yang lebih panjang. Fluktuasi hormon yang terjadi di tempat yang berbeda, seperti dagu atau zona-T pada wajah, juga dapat memicu pertumbuhan rambut ini.

Jika rambut yang tumbuh secara acak ini mengganggu kamu, dokter kulit menyarankan untuk mencabutnya dengan pinset seperti yang biasa kamu lakukan untuk mencabut uban. Kamu boleh menghilangkan bulu-bulu yang tidak diinginkan ini, dan hal itu sama sekali tidak berbahaya.

Apa benar rambut panjang ini tumbuh dalam semalam?

Penyebab Ada Satu Rambut yang Panjang Banget di Tubuh, Normal ...

Beberapa dari kita yang secara tiba-tiba menemukan rambut panjang yang tidak normal di lokasi yang tidak lazim di tubuh kita, mungkin saja merasa bahwa rambut ini tumbuh dalam semalam. Namun, sebenarnya tidak. Anggapan itu hanya persepsi kita pribadi.

Rambut-rambut tipis nan panjang ini umumnya memiliki warna yang sangat dekat dengan warna kulit kita. Karena warnanya mirip, rambut ini hampir tidak terlihat dibandingkan dengan rambut normal lainnya. Itulah sebabnya terkadang kita terlambat mengetahuinya. Tanpa sepengetahuan kita, rambut ini terus tumbuh hingga menjadi sangat panjang sampai akhirnya kita bisa menemukannya.

Apa yang biasa kamu lakukan ketika kamu menemukan rambut tipis panjang di area yang tidak lazim? Apakah kamu mencabutnya? Atau kamu membiarkannya? Tulis di kolom komentar ya!

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/tips-mempertahankan-warna-rambut-dan-kebiasaan-buruk-yang-dapat-merusaknya/

https://www.tampilcantik.com/lakukan-7-hal-ini-untuk-menghindari-rambut-berminyak-tanpa-terlalu-sering-keramas/

https://www.tampilcantik.com/5-alasan-mengapa-rambut-cepat-berminyak-beserta-solusinya/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Kamu Makan Saat Menstruasi

Tahukah kamu? Kebutuhan nutrisi wanita akan berubah sepanjang