Tahukah kamu? Kulit kepala kita harus menghasilkan minyak dalam jumlah tertentu agar tetap lembap demi melindungi rambut. Tetapi sebum yang berlebihan juga dapat membuat kita menjadi tidak nyaman. Minyak berlebih akan membuat kita kehilangan volume rambut,  membuat rambut kusam, memicu kemunculan ketombe, hingga dapat menyebabkan kulit kepala teriritasi.

Nah, di sini kamu akan mengenal beberapa penyebab rambut berminya. Ketika kamu penyebabnya, maka kamu juga bisa mengatasinya! Berikut adalah beberapa penyebab umum tentang mengapa rambut kamu cepat berminyak :

  • Kamu Terlalu Sering Mengikat Rambut dengan Ketat

Meskipun menggunakan kucir kuda yang ketat tampak seperti cara terbaik untuk menyembunyikan rambut berminyak, sebenarnya itu justru sebaliknya. Rambut kamu mungkin akan terlihat rapi, tetapi gaya rambut ini menyebabkan sebum menumpuk di bawah rambut dan akarnya.

Apa yang harus dilakukan?

Jangan terlalu sering mengikat rambut, atau jika kamu mengikat rambut, ikatlah dengan longgar, jangan terlalu ketat.

  • Kamu Sering Keramas dengan Air Panas

Air panas memang bagus untuk membuka pori-pori dan kutikula rambut serta menghilangkan kotoran dari rambut kamu. Tetapi risikonya, air panas bisa merusak rambut kamu karena air panas mencuci sebum dan dapat mengeringkan kulit kepala. Hal ini menyebabkan masalah ketombe dan produksi minyak yang berlebihan.

Apa yang harus dilakukan?

Daripada keramas air panas, lebih baik kamu keramas dengan air hangat, kemudian bilas rambut kamu dengan air dingin setelah selesai keramas untuk menutup kutikula rambut yang terbuka akibat air hangat.

  • Kamu Memilih Produk Perawatan Rambut yang Salah

Sebaiknya kamu berhati-hati dengan produk yang berlabel “intensif” pada kemasan perawatan rambut kamu, karena mereka bisa membuat rambut kamu terlalu bervolume. Perawatan tersebut mungkin dapat melindungi rambut kamu, tapi mereka juga bisa membuat rambut kamu terlihat lebih berminyak jika kamu memiliki jenis rambut tipis atau kulit kepala berminyak.

Apa yang harus dilakukan?

Para ahli menyarankan kamu untuk menghindari produk perawatan rambut yang dirancang untuk rambut kering atau rusak. Produk ini biasanya menutupi rambut dalam lapisan pelindung tipis yang membuat rambut kamu terlihat lebih berminyak. Sebaiknya kamu hanya menggunakan pembersih beberapa kali saja dalam sebulan, demi membersihkan kulit kepala dari penumpukan sebum dan sisa-sisa produk perawatan rambut.  

  • Kamu Terlalu Sering Menyisir dan Menyentuh Rambut

Ketika kamu menyentuh rambut kamu, kamu memindahkan minyak dan bakteri dari tangan ke rambut kamu dan pada akhirnya membuat rambut terlihat lebih berminyak. Terlalu sering menyisir rambut juga tidak baik. Jika kamu terlalu sering menyisir rambut, hal ini membuat sebum menyebar ke seluruh rambut kamu dan membuat rambut terlihat kurang tebal dan kurang segar.

Apa yang harus dilakukan?

Biasakan untuk tidak menyentuh rambut dengan tangan kamu, terutama ketika kamu melakukannya secara tidak sadar, seperti sebuah kebiasaan. Selain itu, jangan menyisir rambut kamu terlalu sering! Para ahli menyarankan bahwa menyisir 2 kali sehari saja sudah cukup.

  • Kamu Terlalu Stres

Stres membuat tubuh kamu memproduksi lebih banyak kortisol. Hormon ini memicu kulit kamu untuk menghasilkan lebih banyak sebum. Nah, inilah yang menyebabkan kulit kamu, tak terkecuali kulit kepala dan rambut kamu terlihat dan terasa lebih berminyak. Stres juga bisa menjadi salah satu alasan munculnya masalah ketombe yang dapat menyebabkan kulit kepala semakin berminyak.

Apa yang harus dilakukan?

Kamu tidak dapat melakukan banyak hal kecuali kamu mengubah gaya hidup kamu dan mencoba mengelola stres yang kamu alami. Jika perlu, kamu bisa menggunakan produk perawatan rambut khusus untuk membantu mengatasi ketombe dan membuat kulit kepala kamu terasa lebih nyaman.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/5-alasan-mengapa-rambut-kamu-cepat-berminyak/

https://www.tampilcantik.com/kenali-tipe-rambut-kamu-untuk-perawatan-rambut-indah-sepanjang-hari/

https://www.tampilcantik.com/3-cara-cepat-tampil-cantik-dalam-video-conference-cukup-5-detik-saja/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

4 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Rambut Halus pada Wajah

Apakah kamu pernah merasa tidak nyaman dengan tumbuhnya