Bayi baru lahir memiliki tingkah-tingkah unik yang terkadang sulit dimengerti maknanya. Padahal, tingkah-tingkah unik ini dapat membantu bayi untuk berkomunikasi dengan dunia di sekitar mereka, terutama berkomunikasi dengan orang tua. Mulai dari suara yang mereka buat hingga gerakan-gerakan kecil mereka menandakan banyak hal. Bayi baru lahir terus-menerus memberi tahu kamu sesuatu tentang diri mereka. 

Berikut daftar tingkah bayi baru lahir beserta artinya untuk membantu kamu memenuhi kebutuhannya.

  1. Bayi akan memalingkan muka saat mereka membutuhkan ruang sendiri

Hal ini dapat terjadi jika bayi berada di lingkungan yang memiliki banyak rangsangan, seperti ketika berada di ruangan yang bising atau ketika mereka dikelilingi banyak orang yang ingin menyentuh dan menggendongnya. Mereka mungkin akan memalingkan muka, berpaling dari rangsangan dan menjadi rewel. Hal ini bisa menandakan bahwa bayi memberi tahu dunia bahwa mereka lebih memilih kedamaian dan ketenangan.

  1. Bayi menjaga kontak mata dengan kamu dan mendekat saat ingin bermain

Jika bayi kamu terus melakukan kontak mata dan mengulangi suara seperti “ooh – ooh – ooh,” dan “ah – ah – ah,” maka mereka mungkin meminta kamu untuk bermain dengan mereka. Begitu mereka berusia beberapa bulan, mereka mungkin mulai memanggil kamu dan menjadi lebih verbal dengan mengoceh penuh semangat dan lebih banyak berinteraksi.

  1. Bayi akan meremas jari kamu saat sistem sarafnya berkembang

Ini adalah refleks yang dimiliki semua bayi sehat hingga usia 6 bulan, dan ini disebut “pegangan telapak tangan”. Perilaku meremas jari dapat memberi tahu kamu bahwa otot dan sistem saraf bayi kamu berkembang dengan baik. Selain itu, kamu dapat memahami bahwa mereka sedang menguji keterampilan koordinasi mereka. Diyakini bahwa refleks ini berasal dari nenek moyang kita yang akan memegang erat ibu mereka saat beraktivitas.

  1. Bayi menjadi tenang setelah bangun karena “fase siaga tenang “

Kamu mungkin terkejut melihat betapa tenangnya bayi kamu di akhir siklus tidurnya. Ini disebut “fase siaga tenang” ketika bayi kamu sudah bangun, namun ia diam-diam mengamati lingkungan di sekitarnya. Kamu mungkin memperhatikan mereka menatap objek dan menanggapi suara dan gerakan dengan tenang. 

Setelah fase ini, biasanya bayi akan beralih ke “fase siaga aktif” di mana mereka akan merespons suara dan pemandangan dengan lebih aktif dan mulai rewel. 

  1. Bayi suka bermain peek-a-boo (cilukba) saat kognisi mereka meningkat

Pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa bayi sangat suka permainan cilukba? Ini karena bayi mulai memahami bahwa sebuah benda tetap ada meski mereka tidak dapat melihatnya. Ini menjadi permainan yang menyenangkan : “Wah ada orang di balik tangan itu… itu dia!”, kira-kira seperti itulah pikiran bayi.

Ketika menginjak usia 6 bulan, bayi akan mulai mencari objek yang semi-terlihat, dan mulai usia 9 bulan mereka akan bermain dengan mencari objek tersembunyi. Ini semua adalah tanda pertumbuhan kognitif saat mereka mulai memahami dunia di sekitar mereka dengan kesadaran bahwa ada sesuatu di luar pandangan dan sesuatu yang di luar pandangan bukan merupakan sesuatu yang di luar pikiran.

Baca Juga :

Jangan Kaget, Ternyata Bedak Bayi Juga Bisa Kamu Manfaatkan Untuk Kecantikan Loh

Siapa Bilang Baby Oil Hanya untuk Bayi? Kamu Juga Bisa Menggunakannya Untuk Kecantikan Kamu Lho

Dibalik Bentuknya yang Kecil, Shampo Bayi Ternyata Punya Banyak Manfaat Yang Tak Terduga Loh

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

8 Rahasia Tersembunyi di Bioskop Film

Siapa sih yang tidak suka menonton film di