Terkadang, ada kalanya orang ingin menurunkan berat badan. Entah itu karena alasan ingin terlihat lebih cantik dan fit di hari spesial, alasan pakaian di lemari sudah banyak yang tidak muat, dan alasan lainnya. Namun, terlepas dari alasan apa pun yang memotivasimu untuk menurunkan berat badan, kamu tentu pernah berpikir untuk mencoba teknik perhitungan kalori, bukan?

Untuk menurunkan berat badan, kamu memang perlu memperbesar kalori yang keluar dan meminimalkan kalori yang masuk. Nah, jika tidak ingin ribet menghitung kalori dalam makanan, coba lakukan beberapa hal berikut ini untuk menurunkan berat badan :

  1. Terapkan Teknik Piring Seimbang

Kamu tidak perlu ribet menghitung kalori atau harus mengunduh aplikasi tertentu untuk menghitung kalori. Cara sederhana untuk mengurangi kalori adalah dengan menerapkan teknik “Piring Seimbang”.

Caranya, pisahkan makanan kamu di piring. Isi setengah piring dengan sayuran atau buah, kemudian isi seperempat piring dengan protein, lalu seperempat sisanya diisi dengan karbohidrat. Dengan kombinasi ini, kamu bisa mengurangi kalori yang masuk dan memperbanyak sayuran. Tentu berat badan kamu akan turun jika konsisten dengan teknik ini. 

  1. Fokus pada Pilihan Protein

Protein adalah nutrisi penting yang kamu butuhkan selama program diet. Namun, tidak semua protein diproses oleh tubuh dengan cara yang sama. Jika tujuan kamu mengonsumsi protein adalah untuk menurunkan berat badan, maka kamu membutuhkan protein tertentu yang harus dikonsumsi lebih banyak. 

Sebaiknya, kamu mengonsumsi protein yang memiliki kadar lemak yang rendah, seperti daging rendah lemak, misalnya.  Jika makan daging ayam, meskipun kamu sangat suka kulitnya, tapi dianjurkan untuk tidak makan bagian kulit karena bagian tersebut mengandung banyak lemak. 

  1. Tambahkan lebih banyak seafood dalam menu makan kamu

Seafood bisa menjadi sumber protein yang baik untuk dimasukkan ke dalam menu makan selama program diet. Seafood  juga menjadi pilihan tepat ketika kamu ingin menurunkan berat badan tanpa menghitung kalori. Karena, kebanyakan makanan laut merupakan protein yang lebih ringan dan memiliki kadar lemak yang lebih rendah daripada daging. 

  1. Hidrasi

Menghidrasi tubuh adalah salah satu hal terpenting saat ingin menurunkan berat badan. Meski penting, masih banyak orang yang melupakan atau mengabaikan hidrasi alias konsumsi air. Menurut beberapa penelitian yang memantau penurunan berat badan minum air minimal satu hingga satu setengah liter air setiap hari selama beberapa minggu dapat menyebabkan penurunan berat badan, pengurangan lingkar pinggang, dan pengurangan lemak tubuh yang cukup signifikan.

Untuk itu, jangan pernah melupakan hidrasi saat berdiet ya!

  1. Jangan makan produk makanan langsung dari kemasan

Idealnya, jika ingin menurunkan berat badan, kamu memang harus mengurangi ngemil, atau hilangkan konsumsi camilan sama sekali. Tapi, tentu hal ini tidak mudah dilakukan. Kadang kamu pasti ingin memberikan self-rewards setelah rajin berdiet, bukan? Nah, jika ingin makan camilan, jangan makan langsung dari kemasan, melainkan makanlah dengan piring kecil. Ini akan membuat kamu makan camilan dengan porsi lebih kecil. 

Baca Juga :

Turun Berat Badan Secara Cepat dan Ekstrim Ala Artis Korea

Diet Dan Turun Berat Badan Sampai 5 Kg Seminggu dengan Diet GM

Jadi Sehat dan Turun Berat Badan dengan Diet Anti-Inflamasi

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Anak Lebih Suka pada Pasangan Kamu? Ini yang Harus Kamu Lakukan

Peristiwa di mana anak lebih dekat atau lebih