Salah satu proses yang harus dilalui untuk menjadi seorang karyawan adalah dengan mengirimkan resume atau CV. Setelah HRD melirik CV Anda, maka tugas selanjutnya adalah mempersiapkan diri untuk tahapan wawancara.

Tahapan wawancara dilakukan untuk mengenal lebih dekat calon kandidat yang akan bekerja di perusahaan tersebut nantinya. Untuk itu, biasanya beberapa perusahaan menentukan hari dan jam untuk wawancara. Beberapa perusahaan bahkan menerapkan dresscode (pakaian) untuk wawancara yang umumnya berupa atasan kemeja putih dan bawahan hitam.

Selain mempersiapkan diri agar sesuai persyaratan, sebagai kandidat sebaiknya Anda juga mempersiapkan diri untuk menghadapi pertanyaan yang kemungkinan akan ditanyakan oleh pewawancara. Salah satu pertanyaan yang sering muncul biasanya terkait gaji yang diinginkan. Tak jarang pewawancara menanyakan, “Berapa gaji yang Anda inginkan?”. Pertanyaan ini sebenarnya menjebak ya, tapi sebenarnya inilah kesempatan untuk negosiasi terkait gaji. Bagaimana triknya?

Mengetahui Nilai Diri 

Siapa yang bisa mengenal diri Anda? Tentu diri Anda sendiri. Banyaknya pengalaman yang telah dilakukan tentu membuat Anda memiliki nilai lebih. Terlebih sekolah yang Anda jalani, tentu akan membentuk karakter diri. Jadi, Pastikan Anda mengirim CV ke perusahaan yang tepat dan sesuai dengan Anda. Dengan mengetahui nilai di dalam diri, Anda tak perlu ragu meminta gaji lebih, karena memang Anda layak mendapatkannya.

Melakukan Riset Sebelum Wawancara

Selalu pastikan Anda merespon email yang masuk dengan cepat. Tak ada salahnya mencari info terkait gaji dari perusahaan lain untuk posisi serupa. Datang tanpa mengetahui gaji standar untuk lowongan yang ditawarkan juga akan membuat Anda menjadi salah satu kandidat yang tidak memiliki pengetahuan

Mulai Dengan Gaji Tinggi

Lakukan hal ini jika memang Anda merasa layak menerima gaji tersebut. Misalnya saja Anda sudah belajar dan memiliki banyak sekali pengalaman, maka tak ada salahnya memulai dengan nominal gaji tertinggi. Dengan pengalaman dan kemampuan kerja yang setara, Anda Berhak mendapat gaji tinggi. Di sinilah akan terjadi negosiasi dan ditemukan gaji dengan nominal tengah.

Jangan Takut Menolak

Saat proses negosiasi dilakukan, maka tak jarang terjadi diskusi yang panjang. Untuk mengatasi hal ini, tak ada salahnya menolak jika memang gaji tidak sesuai dengan yang diharapkan. Jika memang Anda merasa memiliki kemampuan dan pengalaman yang setara, yakinlah akan ada gantinya nanti. Namun, sebaiknya Anda jangan terlalu pemilih, sebab mencari pekerjaan saat ini tidaklah mudah. Ada baiknya tetap bijak.

Selalu Siap

Mendapatkan gaji tinggi memang impian setiap orang, namun coba renungkan apakah Anda layak mendapatkan hal tersebut?. Pastikan Anda memiliki kualifikasi yang dibutuhkan dan memiliki kemampuan serta pengalaman yang lebih. Perusahaan tak segan memberikan gaji lebih kepada karyawan yang memang mampu berkontribusi kok.

Pastikan Anda memiliki seluruh kualifikasi yang dibutuhkan. Jika tidak, sebenarnya tak masalah mendapatkan gaji kecil di awal, namun Anda harus bekerja keras untuk berprestasi di kantor agar mendapatkan apresiasi. Anda juga bisa menilai bagaimana perusahaan tersebut menghargai kinerja karyawannya.

Baca Juga :

Tanda Menyedihkan Kamu Terlalu Kacau untuk Menerima Cinta

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Best New Make Up Oktober 2019

Produk make up terbaru dan terbaik di bulan