Saat mengonsumsi buah jeruk, apa yang kamu lakukan dengan kulitnya?

Mungkin delapan dari sepuluh orang akan langsung membuang kulit jeruk setelah mengonsumsi buahnya.

Padahal, sebenarnya kulit jeruk memiliki banyak manfaat untuk kehidupan kita, mulai dari manfaat skincare sampai pemutih gigi. Penasaran bagaimana cara memanfaatkan kulit jeruk? Simak daftar manfaat kulit jeruk berikut :

  1. Kulit jeruk bisa dimanfaatkan untuk skincare

Daripada dibuang begitu saja, kamu bisa memanfaatkan kulit jeruk sebagai bahan perawatan kulit. Caranya, buat scrub kulit jeruk dengan cara mencampurkan kulit jeruk dan gula di dalam mangkok, kemudian tuangkan minyak esensial favorit kamu, lalu aduk rata. Nah, kamu bisa menggunakan campuran ini sebagai scrub untuk menghilangkan sel kulit mati.   

  1. Kulit jeruk bisa menjadi deodoran untuk sepatu kamu

Bau sepatu bisa membuat orang jadi insecure saat bertamu ke rumah kerabat atau saat berada di kantor. Meskipun bau kaki adalah masalah yang cukup umum, tapi di dunia ini tidak ada orang yang ingin memiliki kaki yang bau menyengat bukan?

Nah, untuk mengatasi bau sepatu, kamu bisa memanfaatkan kulit jeruk. Caranya sangat mudah. Pertama, kupas buah jeruk, lalu jangan buang kulitnya. Letakkan kulit jeruk di dalam sepatu selama semalaman. Dengan demikian, sepatu kamu akan beraroma segar dan bebas bau kaki.

  1. Kulit jeruk dapat membantu memutihkan gigi

Kamu merasa enggan tersenyum karena gigi kamu tidak cantik? Tenang, dengan kulit jeruk, kamu bisa memutihkan gigi kamu. Hal ini mungkin terjadi, karena kulit jeruk asam sitrat, yaitu senyawa alami yang kerap ditambahkan dalam produk pasta gigi pemutih. Senyawa ini akan membuat gigi kamu lebih putih. 

  1. Kulit jeruk untuk membersihkan perabotan rumah tangga

Bukan tanpa alasan banyak produk sabun pencuci piring mengandung jeruk nipis atau beraroma jeruk. Hal ini karena jeruk memiliki kemampuan untuk membersihkan dengan baik, terutama kulit jeruk. Alih-alih dibuang, kulit jeruk bisa kamu manfaatkan untuk membersihkan piring, gelas, kompor, bahkan jendela. 

Berikut cara membuat pembersih dari kulit jeruk :

  • Tuang cuka ke dalam botol semprot
  • Masukkan potongan kulit jeruk ke dalam botol, kocok beberapa saat
  • Simpan botol semprot di dalam kulkas selama beberapa minggu. Sesekali, kocok botol agar formula tercampur
  • Gunakan larutan cuka dan kulit jeruk untuk membersihkan noda pada perabot rumah tangga
  1. Kulit jeruk sebagai lilin dekorasi

Kamu dan keluarga suka aroma jeruk? Nah, kulit jeruk bisa kamu manfaatkan untuk membuat lilin aroma terapi. Caranya, potong buah jeruk menjadi dua bagian. Ambil kulit jeruk yang berbentuk seperti cup, kemudian tuangkan minyak goreng ke dalam cup kulit jeruk. Selanjutnya, kamu bisa letakkan sumbu lilin di atasnya dan nyalakan sebagai lilin aroma terapi.  

  1. Kulit jeruk sebagai hiasan kue dan masakan

Jangan salah, kulit jeruk juga bisa dikonsumsi. Kamu dapat memanfaatkan kulit jeruk sebagai topping hiasan untuk kue atau masakan lainnya. Caranya, cukup parut kulit jeruk dan taburkan parutan kulit jeruk pada kue atau masakan kamu. Kulit jeruk akan memberikan tambahan rasa segar dan unik pada hidangan yang kamu buat. 

Baca Juga :

Hilangkan Gangguan Minyak Pada Wajah dengan Paket Kulit Jeruk Terbaik Ini

Resep Kecantikan dari Kulit Jeruk

Ternyata Kulit Jeruk Bisa Dijadikan Masker Wajah

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ikuti 4 Tips Ini Agar Masakan di Rumah Terasa Seperti Masakan Restoran

Siapa yang tidak suka makanan lezat di restoran