Setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda-beda dalam beraktivitas. Ada orang yang selalu mandi pada pagi hari dan sore hari. Ada juga orang yang mandi pada pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur. Beberapa orang mengaku tidak bisa tidur malam setelah cuci muka atau mandi, tapi beberapa orang lainnya mengaku cuci muka dan mandi pada malam hari justru membuat mereka lebih cepat tidur.

Meskipun tidak semua orang cocok dengan kebiasaan mandi pada malam hari, menurut penelitian, mandi pada malam hari dapat memberikan banyak manfaat. Berikut adalah alasan mengapa kamu harus mandi pada malam hari :

  1. Kamu akan tidur lebih cepat dan lebih nyenyak

Mandi pada malam hari akan membantu membuat tubuh dan pikiran rileks. Bahkan, jika kamu mandi pada waktu yang tepat, kamu bisa tidur lebih cepat dan lebih berkualitas. Mandi malam yang direkomendasikan adalah 90 menit sebelum tidur. Akan lebih baik jika kamu mandi dengan air hangat untuk membuat otot lebih rileks dan membuat kamu lebih cepat tidur. Mungkin tips ini patut dicoba bagi kamu yang mengalami insomnia.

  1. Kulit kamu akan lebih sehat

Tahukah kamu? Mandi sebelum tidur dapat membantu mencegah jerawat, loh. Tanpa sadar, rambut kamu mengumpulkan bakteri dan kotoran sepanjang hari, jadi, ketika kepala kamu menyentuh bantal, maka semua kotoran dari rambut akan berpindah ke bantal. Padahal, kamu tidur dengan bersandar pada bantal. Itu artinya, kotoran akan masuk ke dalam kulit wajah kamu.

Nah, jika kamu mandi dan keramas bersih pada malam hari sebelum tidur, kamu akan membuat kamar tidur lebih bersih dan mencegah kotoran penyebab jerawat masuk ke dalam kulit. 

  1. Mandi malam mencegah alergi musiman

Apakah kamu menderita alergi musiman? Jika iya, cobalah mandi pada malam hari karena  mandi malam dapat membantu meringankan gejalanya. Ketika kamu beraktivitas di luar, maka kamu akan berhadapan dengan berbagai macam alergen, seperti debu, misalnya. Alergen tersebut akan masuk ke dalam kulit dan pakaian kamu, sehingga jika kamu tidak mandi pada malam hari sebelum tidur, alergen akan berpindah ke kamar tidur kamu dan dapat menyerang kamu kapan saja. 

  1. Rambut akan lebih sehat

Selain kuli, rambut juga akan lebih sehat jika kamu terbiasa mandi sebelum tidur. Karena, ketika kamu mencuci rambut di malam hari, kamu memiliki lebih banyak waktu untuk membiarkan rambut mengering secara alami. Banyak waktu luang akan mencegah kamu menggunakan alat pengering rambut yang dapat merusak rambut. Dengan membiarkan rambut kering secara alami, kamu dapat menjaga kelembaban rambut dan membuatnya lebih sehat.

  1. Mandi malam dapat mengurangi keringat berlebih

Mandi pagi adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan sebelum beraktivitas karena dengan mandi, kamu akan lebih segar dan siap menghadapi hari. Namun, mandi malam juga tidak boleh disepelekan. Karena, mandi pada malam hari dapat membantu kamu mencegah bau badan. Mandi malam dengan air dingin sebelum tidur dapat membantu mengurangi keringat berlebih yang kerap dialami banyak orang saat tidur.

  1. Mandi air hangat pada malam hari dapat mencegah kram otot

Jika kamu lelah bekerja sepanjang hari, maka kamu butuh mandi air hangat sebelum tidur untuk membantu meredakan sensasi nyeri atau pegal yang mengganggu. Air hangat yang mengenai tubuh kamu dapat membantu menenangkan ketegangan otot. Dengan begitu, kram otot dapat terhindarkan dan tidur kamu akan lebih nyenyak. 

Baca Juga :

Ini Alasan Mengapa Kamu Tidak Boleh Cuci Muka Saat Mandi

6 Bagian Tubuh yang Sering Salah Dibersihkan Saat Mandi

5 Kebiasaan di Kamar Mandi yang Harus Segera Kamu Hentikan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Anak Lebih Suka pada Pasangan Kamu? Ini yang Harus Kamu Lakukan

Peristiwa di mana anak lebih dekat atau lebih